Comscore Tracker

6 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Saffron, Si Rempah Termahal di Dunia

Harganya sebanding dengan manfaat yang ditawarkan

Jika ada pertanyaan mengenai rempah termahal di dunia, pasti saffron jawabannya. Buat yang belum tahu, saffron merupakan rempah-rempah yang berasal dari putik tanaman perennial yakni bunga Crocus Sativus.

Proses panennya yang terbilang sangat panjang menjadikan rempah satu ini dibandrol dengan harga yang cukup fantastis. Bahkan untuk 450 gram saffron kualitas biasa harganya bisa mencapai US$5.000. Meski harganya selangit, efek positif yang timbul dari mengonsumsi saffron ini juga gak main-main lho!

Kira-kira apa saja ya? Buat yang sudah penasaran, langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Meningkatkan daya ingat dan meminimalisir penyakit alzheimer

6 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Saffron, Si Rempah Termahal di Duniabioguia.com

Penyakit alzheimer tentu sangat merugikan, baik secara fisik maupun finansial. Diketahui rempah saffron ini dapat meminimalisir risiko terkena penyakit alzheimer yang menyerang kemampuan kognitif seseorang.

Bagi para penderita alzheimer, mengonsumsi saffron sangat disarankan karena dapat meningkatkan daya ingat. Ternyata penggunaan saffron sebagai alternatif untuk mengobati penyakit alzheimer dalam kategori ringan hingga sedang jauh lebih baik ketimbang mengonsumsi obat donepezil sebagai pengobatan konvensional yang memang diperuntukkan mengatasi penyakit satu ini.

2. Dapat meredakan depresi

6 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Saffron, Si Rempah Termahal di Dunianuga.co

Depresi merupakan salah satu penyakit yang terbilang cukup membahayakan. Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan fisik, depresi pun akan turut mengancam kesehatan mental.

Buat yang belum tahu, kandungan crocin dan safranal pada rempah saffron ini dapat menstabilkan beberapa hormon pada tubuh, salah satunya dopamin yang bisa meningkatkan mood dan mengendalikan emosi. Dengan kata lain saffron dapat digunakan sebagai antidepresan (obat penenang) alami.

3. Mengendalikan nafsu makan yang berlebih

6 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Saffron, Si Rempah Termahal di DuniaSoompi.com

Rempah saffron yang dibuat menjadi ekstrak juga dapat dimanfaatkan untuk mengendalikan nafsu makan yang berlebih. Kandungan beberapa senyawa alami pada saffron dapat menghambat atau mengurangi produksi hormon leptin dan ghrelin yang memicu timbulnya rasa lapar.

Nah, buat kamu yang sedang melakukan diet, gak ada salahnya untuk mencoba rempah dengan manfaat yang luar biasa ini untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Ini Lho 5 Manfaat Kesehatan Jika Selalu Minum Susu Sebelum Tidur!

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

6 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Saffron, Si Rempah Termahal di Duniahappyfresh.id

Dalam rempah saffron terdapat kandungan nutrisi yang besar sekali manfaatnya bagi kesehatan, salah satunya berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Komponen yang berperan penting dalam hal ini adalah karoten, asam folat serta vitamin C yang tentunya dapat meningkatkan produksi leukosit sehingga mampu memproteksi tubuh dari ancaman penyakit menular.

5. Mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker

6 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Saffron, Si Rempah Termahal di Duniaaplususapharma.com

Saffron menjadi salah satu rempah yang cukup berguna untuk memerangi pertumbuhan dan penyebaran sel kanker pada tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam saffron, yakni crocetin dan kaemferol memiliki sifat sebagai antikarsinogenik yang dapat berkontribusi untuk menetralisir radikal bebas yang menjadi penyebab utama tumbuhnya sel kanker.

6. Mengatasi kram saat menstruasi

6 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Saffron, Si Rempah Termahal di Duniaunsplash/Kinga Cichewicz

Merasakan nyeri dan kram perut merupakan hal biasa dan wajar saja terjadi pada wanita yang sedang datang bulan. Hal tersebut dapat diminimalisir dengan cara mengonsumsi saffron. Mengapa demikian? Ternyata senyawa alami yang terkandung dalam saffron seperti safranal ini sangat berperan untuk meredakan rasa nyeri atau kram pada saat menstruasi.

Itulah beberapa efek positif yang bisa dirasakan dari mengonsumsi saffron. Tapi ingat, mengonsumsi rempah yang satu ini tidak boleh berlebihan dan harus dengan takaran yang pas. Agar lebih efektif, kamu bisa lebih dulu konsultasikannya ke dokter sebelum mulai mengonsumsi rempah saffron ini.

Baca Juga: 5 Hidangan India yang Kaya Rempah Ini Rasanya Menggoyang Lidah

Putri Elv Photo Verified Writer Putri Elv

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya