Comscore Tracker

Bye Gatal! Ini 5 Cara Tepat Mengatasi Payudara dan Puting Gatal

Jangan digaruk, coba atasi dengan cara ini

Merasakan gatal di beberapa bagian tubuh adalah hal yang wajar. Begitu pula dengan gatal pada area payudara, hal tersebut cukup umum terjadi pada wanita. Namun jika rasa gatalnya terjadi secara terus-menerus tentu membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas.

Pada umumnya gatal di area payudara disebabkan oleh kulit area payudara kering, bra yang terlalu ketat, biang keringat, reaksi alergi, dan infeksi jamur. Jika digaruk terlalu sering justru akan memperparah rasa gatal. Tidak hanya itu, bekas garukan di payudara akan meninggalkan strechmark.

Untuk mengatasi hal tersebut, yuk terapkan cara mengatasi payudara gatal berikut ini.

1. Pakai bra yang nyaman dan berbahan lembut 

Bye Gatal! Ini 5 Cara Tepat Mengatasi Payudara dan Puting Gatalilustrasi bra (pexels.com/Karolina Grabowska)

Pilih bra yang berbahan lembut dan sesuai dengan ukuran payudara kamu. Selain terasa nyaman dan menjaga tingkat kelembaban kulit seputar area payudara, bra tersebut dapat menopang payudara kamu dengan tepat.

Hindari penggunaan bra yang terlalu ketat dan terbuat dari renda. Hal tersebut dapat memperparah rasa gatal pada payudara dan meninggalkan jejak ruam merah pada area payudara.

2. Jaga kebersihan bra dan pakaian 

Bye Gatal! Ini 5 Cara Tepat Mengatasi Payudara dan Puting Gatalilustrasi tangan (pexels.com/Ximena Mora)

Selain memilih bra yang tepat, menjaga kebersihan bra dan pakaian lainnya harus ditingkatkan. Ganti bra sehari minimal dua kali. Rendam terlebih dahulu dalam air panas dan bilas hingga benar-benar bersih. Hal tersebut dapat membersihkan semua kotoran dan kuman penyebab gatal yang menempel pada bra dan pakaian lainnya.

Jangan lupa untuk rutin mengganti sprei dan sarung bantal serta membersihkan kamar tidur terutama bagian tempat tidur.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Payudara Cepat Kendur!

3. Jaga kebersihan pada area payudara 

Bye Gatal! Ini 5 Cara Tepat Mengatasi Payudara dan Puting Gatalilustrasi peralatan mandi (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kamu bisa beralih menggunakan sabun berbentuk cair untuk kulit sensitif. Bersihkan dengan gerakan memutar di area payudara untuk secara rutin untuk membantu mengurangi rasa gatal.

Setelah mandi, keringkan seluruh area payudara khususnya bagian bawah payudara dengan handuk bersih. Pastikan payudara dalam keadaan benar-benar kering sebelum mengoleskan produk body care atau bra.

4. Gunakan body care untuk kulit sensitif 

Bye Gatal! Ini 5 Cara Tepat Mengatasi Payudara dan Puting Gatalilustrasi produk body care (pexels.com/Monstera)

Gunakan rangkaian produk body care untuk kulit sensitif dengan tekstur gel atau krim yang mudah meresap. Pada umumnya produk body care untuk kulit sensitif dibuat dari bahan dasar alami dan bahan aktif yang lebih ramah di kulit seperti aloe vera, ceramides, glycerin, hyaluronic acid, dan masih banyak lagi. Selain itu, kandungan bahan-bahan tersebut membuat kulit terhidrasi dengan baik dan menjaga tingkat kelembaban pada kulit.

5. Hindari paparan sinar matahari langsung 

Bye Gatal! Ini 5 Cara Tepat Mengatasi Payudara dan Puting Gatalilustrasi tubuh (pexels.com/Ron Lach)

Panas berlebih dapat memperparah rasa gatal pada kulit khususnya area payudara. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mengurangi aktivasi di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung. Jika terpaksa harus beraktivitas di luar ruangan, kamu bisa menggunakan bra yang menyerap keringat. Kenakan jaket atau gunakan payung untuk menghalau sinar matahari.

Jika gatal pada payudara disertai dengan ruam kemerahan, bengkak, dan nyeri dalam jangka waktu yang cukup lama ada baiknya segera periksaan ke dokter. Bisa jadi hal tersebut merupakan gejala dari penyakit serius seperti infeksi jamur dan kanker payudara.

 

 

Baca Juga: 5 Bahan Alami Atasi Gatal di Selangkangan, Jangan Digaruk Nanti Lecet!

Febby Arshani Photo Verified Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya