7 Latihan Sederhana Ini Bisa Membuat Otakmu Makin Tajam

Caranya menyenangkan tapi bermanfaat banget

Otak merupakan organ yang sangat vital karena menjadi pusat kendali segala aktivitas dan kecerdesan. Kebugaran otak, bergantung pada seberapa banyak digunakan. Setiap kali seseorang melakukan sesuatu hal yang baru atau berbeda, otak akan menciptakan saraf baru yang akan membuatnya semakin tajam.

Layaknya otot, otak pun perlu dilatih agar tetap tajam dan sehat. Bagaimana cara melatih otak? Berikut tujuh cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk melatih otak agar berfungsi maksimal.

1. Gunakan tangan yang tidak dominan dalam melakukan sesuatu

7 Latihan Sederhana Ini Bisa Membuat Otakmu Makin TajamUnsplash/Kaleidico

Cobalah untuk menghabiskan hari dengan melakukan sesuatu menggunakan tanganmu yang tidak dominan. Jika kamu kidal, bukalah pintu dengan tangan kanan. Jika kamu dominan tangan kanan, cobalah menyikat gigi dengan tangan kiri ataupun berbagai hal lainnya.

Meski sederhana, latihan seperti ini mampu membuat otak kita lebih tajam lagi, lho. Bahkan menurut Dr Thomas Denson, dari University of New South Wales, pengguaan tangan non-dominan ini dapat juga meningkatkan kontrol diri.

2. Mengingat nomor telepon

7 Latihan Sederhana Ini Bisa Membuat Otakmu Makin Tajamifb.org

Dengan kecanggihan teknologi seperti sekarang ini, kita bisa menyimpan ratusan bahkan ribuan nomor dalam smartphone. Tidak ada yang mengingat nomor telepon lagi, padahal hal tersebut bermanfaat dalam menjaga memori otak tetap tajam. Cobalah untuk mengingat nomor-nomor orang terdekatmu setiap harinya. Tidak hanya baik untuk otak, tetapi juga akan bermanfaat untuk keadaan darurat. 

3. Menyiapkan sebuah cerita baru setiap hari

7 Latihan Sederhana Ini Bisa Membuat Otakmu Makin TajamUnsplash/Mael BALLAND

Setiap pagi pikirkan satu cerita yang siap kamu ceritakan kepada orang-orang. Ceritanya bisa tentang sesuatu yang baru atau dari masa lalumu. Cobalah mencari cara paling menghibur untuk menceritakan kisah itu. Jika seseorang menelepon, mampir ataupun saat hangout dengan teman-temanmu. Gak hanya mendekatkan dengan lawan bicaramu, hal ini juga mampu meningkatkan memorimu, lho.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Merangsang Perkembangan Otak Bayi

4. Gunakan jalan yang berbeda saat akan beraktivitas

7 Latihan Sederhana Ini Bisa Membuat Otakmu Makin TajamUnsplash/Neko Tai

Berkendaralah atau berjalan dengan jalan berbeda ke mana pun kamu pergi. Perubahan kecil dalam rutinitas ini membantu otak melatih ingatan, arah dan ruang. Nikmatilah perjalanan baru tersebut, hal itu mampu juga untuk membuatmu mendapatkan inspirasi baru.

5. Keluar dari rutinitas

7 Latihan Sederhana Ini Bisa Membuat Otakmu Makin Tajamdothegoodstuff.co

Rutinitas terkadang menjadi sumber kebosanan dan membuat kita merasakan stres. Cobalah keluar dari rutinitas tersebut. Lakukan suatu hal dalam urutan yang berbeda. Cobalah menu sarapan pagimu di malam hari, atau minumlah kopi di sore hari dan datangilah tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi. Tidak hanya membuatmu lebih fresh, hal ini juga akan membuat kinerja otakmu lebih baik lagi.

6. Memecahkan sebuah masalah

7 Latihan Sederhana Ini Bisa Membuat Otakmu Makin TajamUnsplash/Mimi Thian

Berpura-puralah kamu memulai sebuah bisnis dan pikirkan bagaimana cara memecahkan masalah-masalah yang ada di dalamnya. Apa yang akan dijual dan kepada siapa akan menjualnya, siapa pesaingmu dan bagaimana caranya meyaingi mereka?

Latihan ini akan menjadi stimulus bagi otakmu layaknya makanan bagi tubuh. Di hari yang lain cobalah juga memecahkan masalah-masalah lainnya yang kamu senangi. Hal ini akan menciptakan koneksi-koneksi baru di otak sekaligus mengasahnya lebih tajam lagi.

7. Menyusun list

7 Latihan Sederhana Ini Bisa Membuat Otakmu Makin TajamUnsplash/Glenn Carstens-Peters

Membuat daftar membantu kita untuk mengaitkan item satu sama lain. Buat daftar semua tempat yang telah kamu kunjungi. Buatlah daftar makanan paling menjijikkan yang pernah kamu makan ataupun berbagai list lainnya yang pernah kamu alami. Buatlah satu daftar setiap hari demi mempertajam memori otakmu.

Itulah tujuh hal yang sederhana untuk kamu lakukan demi menjaga ketajaman otakmu. Yuk, biasakan!

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Meningioma, Tumor Otak Jinak Paling Umum

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You