Comscore Tracker

9 Makanan yang Mampu Mengobati Depresi Lebih Baik daripada Obat

Gak hanya penuh manfaat, lezat juga lho!

Depresi adalah sebuah permasalahan yang membuat seseorang tertahan untuk mencapai apa yang mereka impikan. Tak hanya itu, depresi juga mampu melemahkan pikiran dan tubuh seseorang hingga mati rasa dan tak ingin melakukan apapun dalam hidup. Apa yang mereka rasakan hanyalah kegelapan di sekelilingnya, apalagi jika mereka tak berani untuk meminta bantuan.

Hal ini tentunya merupakan sebuah masalah serius. Tak sedikit yang mencoba memeranginya dengan mengkonsumsi berbagai jenis obat yang tentunya memiliki efek samping. Namun, tahukah kamu jika depresi sebenarnya dapat diatasi dengan mengkosumsi beberapa makanan seperti di bawah ini? Yuk, disimak!

1. Teh Hijau

9 Makanan yang Mampu Mengobati Depresi Lebih Baik daripada ObatUnsplash/Randy Fath

Teh hijau adalah formula kuno yang tidak hanya membantu mengurangi berat badan berlebih, tetapi juga membantu menyembuhkan depresi. Polifenol, kandungan khas teh hijau, membantu sekresi dopamin, neurotransmitter, dan ini menjauhkan perasaan kita dari rasa depresi.

2. Salmon

9 Makanan yang Mampu Mengobati Depresi Lebih Baik daripada Obatonceuponachef.com

Salmon adalah salah satu produk utama untuk ekstraksi minyak hewani. Minyak hewani atau minyak salmon ini kaya akan asam lemak dari kelompok Omega 3 dan manfaat dari asam lemak ini salah satunya adalah mengurangi rasa depresi yang diderita.

3. Almond

9 Makanan yang Mampu Mengobati Depresi Lebih Baik daripada Obatfoodrevolution.org

Menurut penelitian, jumlah magnesium yang baik dalam almond dapat membantu dalam mengurangi stres. Dengan demikian, almond juga mampu memerangi rasa depresi.

Baca Juga: 5 Fakta Roti Mantau, Makanan Hasil Akulturasi Tiongkok Khas Balikpapan

4. Alpukat

9 Makanan yang Mampu Mengobati Depresi Lebih Baik daripada Obatfoodrevolution.org

Alpakut menjadi salah satu buah-buahan yang memiliki manfaat dalam mengobati depresi. Dosis besar kalium dan protein yang menandai nilai gizi alpukat adalah kandungan yang mampu memberikan efek menenangkan dan menjernihkan pikiranmu. Tidak hanya itu, Alpukat juga sangat baik untuk menjaga kesehatan otak.

5. Cokelat

9 Makanan yang Mampu Mengobati Depresi Lebih Baik daripada Obatakhayar.com

Sudah sangat umum diketahui jika cokelat merupakan makanan favorit yang mampu meningkatkan mood kita menjadi lebih baik lagi. Hal itu karena kandungan antioksidan sehat yang terkandung di dalamnya, terutama dark chocholate.

Tak hanya baik untuk mengatasi depresi, cokelat juga diperkaya polifenol dan flavonol lebih tinggi dari sayuran, yang bermanfaat mencegah sel kanker dan serangan jantung.

6. Pisang

9 Makanan yang Mampu Mengobati Depresi Lebih Baik daripada Obathome.bt.com

Pisang kaya akan triptofan yang membantu otak dalam sekresi neurotransmitter serotonin dan melatonin. Sekresi neurotransmiter inilah yang membuat kamu merasa lebih baik dan membantu pulih dari keadaan trauma dan depresi.

Akan sangat baik jika kamu mencoba rutin mengonsumsinya, entah saat makan pagi ataupun makan siang.

7. Buah Beri

9 Makanan yang Mampu Mengobati Depresi Lebih Baik daripada Obatfoodlion.com

Jenis buah beri seperti stroberi, raspberry, beri hitam dan blueberry sudah umum diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehtan tubuh kita. Salah satunya karena makanan ini merupakan jenis buah yang memiliki kandungan antioksidan tertinggi, terutama blueberry.

Bluebarry juga diperkaya oleh kandungan antioksidan anthocyanin yang mampu menajamkan kemampuan kognitif.Tak hanya itu, kandungan antioksidan lainnya terbukti mampu memerangi rasa stres dan depresi.

Dalam sebuah studi terbitan Journal of Nutritional and Environmental Medicine, pasien yang telah diberikan perawatan antioksidan selama dua tahun memiliki skor depresi yang jauh lebih rendah daripada mereka yang dirawat dengan placebo.
 

8. Bayam

9 Makanan yang Mampu Mengobati Depresi Lebih Baik daripada Obatorganicfacts.net

Sayuran hijau terbukti merupakan makanan yang paling sehat dan wajib menjadi santapan rutin untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Namun tahukah kamu jika bayam adalah salah satu sayuran yang mampu meredakan rasa depresi? Hal tersebut karena kandungan di dalamnya dapat membantu sekresi serotonin dan dopamin yang bisa menyembuhkan depresi.

9. Jamur

9 Makanan yang Mampu Mengobati Depresi Lebih Baik daripada Obatfoodcookture.com

Jamur menjadi jenis sayuran lainnya yang sangat bagus dalam menjaga kesehatan mentalmu. Hal itu dikarenakan kandungan kimiawinya yang melawan insulin mampu menurunkan kadar gula darah. Efeknya, hal itu mampu menyeimbangkan suasana hati seseorang.

Tak hanya itu, jamur juga kaya akan probiotik yang mendukung ekosistem bakteri baik dalam usus, di mana sel-sel dalam usus tersebut mampu memproduksi 80-90 persen serotonin tubuh.

Itulah sembilan jenis makanan yang mampu membantumu memerangi rasa depresi. Yuk biasakan! Hal ini bagus untuk kesehatan fisik dan mentalmu, lho.

Baca Juga: 6 Kemungkinan Kenapa Kamu Bisa Depresi dan Merasa Cemas

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You