Comscore Tracker

5 Dampak Negatif Memasak Menggunakan Aluminium Foil, Berbahaya!

Awas, bisa merusak otak ternyata!

Membungkus makanan dari rumah untuk di bawa ke kantor atau sekolah dengan menggunakan aluminium, memang adalah pilihan paling mudah untuk dilakukan karena lebih praktis. Tapi faktanya dampak yang di dapatkan ternyata tidak sebagus yang di pikirkan. Inilah lima hal yang perlu kamu ketahui terkhusus para ibu rumah tangga dan kamu yang sukanya praktis, simak baik baik, ya!

1. Merusak otak

5 Dampak Negatif Memasak Menggunakan Aluminium Foil, Berbahaya!unsplash.com/@ayahya09

Aluminium adalah logam substansial neurotoksik yang bisa membawa penyakit mematikan seperti Alzheimer. Aluminium memiliki racun yang dapat mengurangi daya ingat, koordinasi dan penyesuaian. Sangat tragis karena bisa memberikan dampak kurangnya daya ingat yang tajam.

2. Membahayakan paru-paru

5 Dampak Negatif Memasak Menggunakan Aluminium Foil, Berbahaya!unsplash.com/@shanerounce

Jika kamu menghirup aluminium ternyata dapat menyebabkan masalah pernapasan, termasuk fibrosis aspirasi. Apalagi jika kamu membakar makanan menggunakan aluminium, kamu bisa membuat nasib paru-paru kamu menjadi tidak baik. Tidak hanya itu, menggunakan botol minum yang terbuat dari aluminium pop atau menggunakan antiperspirant dengan aluminium, juga bisa membahayakan kesehatan paru-paru yang kamu miliki.

3. Merusak tulang dalam tubuh

5 Dampak Negatif Memasak Menggunakan Aluminium Foil, Berbahaya!pixabay.com/id/users/iaom-us-1047576

Aluminium adalah logam berbahaya yang cenderung bisa berkembang di tulang. Adanya aluminium akan bertentangan manfaat kalsium yang berada di tulang tubuhmu. Meskipun  manfaat rangka kerangka aluminium mungkin terlihat seperti sesuatu yang harus dimiliki oleh seorang wanita bionik dewasa, akan tetapi tubuh kita tidak terbuat dari logam, yang mana kita pasti membutuhkan kalsium untuk menjaga lapisan pinggul agar tidak rapuh.

Baca Juga: Ini 21 Kegunaan dari Aluminium Foil yang Pasti Belum Kamu Tahu!

4. Kandungan yang merugikan kesehatan

5 Dampak Negatif Memasak Menggunakan Aluminium Foil, Berbahaya!unsplash.com/@callemac

Masuknya zat kimia aluminium inilah yang akan sangat berbahaya jika digunakan sebagai salah satu bahan tertentu untuk memasak, seperti zat asam seperti lemon. Salah satu ilmuwan perancang zat di American University of Sharjah, Dr Essam Zubaidy, telah menemukan bahwa makan malam yang dimasak menggunakan benda berkomponen timah dapat menyaring hingga 400 mg aluminium. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, tingkat konsumsi yang paling ekstrem mendekati 60 mg.

5. Tercemarnya kandungan oksigen yang dihirup

5 Dampak Negatif Memasak Menggunakan Aluminium Foil, Berbahaya!unsplash.com/@elevatebeer

Tidak perlu memakan aluminium ini untuk akhirnya kebanjiran racunnya. Karena ternyata bernapas pun bisa berada dalam bahaya saat memasak menyalakan  menggunakan aluminium. Zat api yang membakar membuat asap dan makanan yang terbungkus dapat secara tidak sengaja mengendus asap aluminium ke hidung hingga mencemarkan udara.

Sangat jelas bukan bahwa logam besar ini tidak aman untuk kesejahteraan tubuhmu. Mulailah mengurangi penggunaan barang-barang yang terbuat dari aluminium dari sekarang!

Baca Juga: Ngilu, Ini Alasan Kamu Akan Kesakitan ketika Menggigit Aluminium Foil!

Hanan imtinani Fathiyah Photo Verified Writer Hanan imtinani Fathiyah

Read for lifes

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya