Comscore Tracker

Agar Cepat Pulih, Konsumsi 9 Makanan dan Minuman Ini saat Flu

Karena gejala flu bisa sangat menyiksa!

Flu atau influenza adalah penyakit yang umum dialami, tetapi tetap tak boleh dianggap remeh. Mungkin kamu merasa gejalanya ringan, seperti batuk dan pilek. Akan tetapi, penyakit ini bisa menimbulkan masalah kesehatan yang parah bila tidak ditangani dengan benar.

Memang belum ada pengobatan khusus untuk penyembuhannya. Biasanya diatasi dengan istirahat cukup dan minum obat untuk meredakan gejala. Namun, ada beberapa makanan dan minuman yang direkomendasikan untuk mempercepat pemulihan flu. Apa saja? Ini daftarnya!

1. Sup ayam

Agar Cepat Pulih, Konsumsi 9 Makanan dan Minuman Ini saat Flufreepik.com/timolina

Sup ayam telah lama dianggap sebagai obat untuk gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Berdasarkan penelitian berjudul "Chicken Soup Inhibits Neutrophil Chemotaxis in Vitro" dalam jurnal Chest tahun 2000, ditemukan bahwa sup ayam mungkin mengandung sejumlah zat dengan aktivitas pengobatan yang bermanfaat. Efek antiinflamasi ringan dapat menjadi salah satu khasiat sup yang dapat mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Sup ayam menggabungkan manfaat antara kaldu dengan bahan tambahan. Daging ayam memberi tubuh kamu zat besi dan protein. Kamu juga akan mendapatkan nutrisi dari wortel, seledri, dan berbagai sayuran lainnya yang ditambahkan.

Jadi, konsumsi sup ayam selama flu bisa membantumu tetap terhidrasi, kenyang, serta mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Namun, pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak garam, ya.

2. Makanan tinggi vitamin C

Agar Cepat Pulih, Konsumsi 9 Makanan dan Minuman Ini saat Flupixabay.com/ Дарья Яковлева

Buah dan sayur yang kaya akan vitamin C membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Banyak buah dan sayuran yang kaya vitamin C yang juga merupakan sumber flavonoid yang sangat baik, yaitu senyawa yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. 

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Nutrition tahun 2016, flavonoid memiliki berbagai efek fisiologis pada manusia, termasuk antivirus, antiinflamasi, sitotoksik, antimikroba, dan antioksidan. Studi dalam jurnal tersebut juga menunjukkan peran penting flavonoid dalam fungsi sistem kekebalan pernapasan.

Sumber vitamin C dan flavonoid yang baik meliputi:

  • Jeruk
  • Buah berry
  • Anggur merah atau ungu
  • Brokoli mentah
  • Sayuran hijau mentah dan berdaun gelap

Baca Juga: Cepat Sembuh, 12 Hal Ini Sebaiknya Kamu Hindari saat Flu

3. Bawang putih

Agar Cepat Pulih, Konsumsi 9 Makanan dan Minuman Ini saat FluBawang putih (IDN Times/Nurulia R. Fitri)

This is article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Bawang putih memiliki khasiat antivirus dan antimikroba. Oleh sebab itu, bawang putih dapat membantu mendukung sistem kekebalan saat memerangi infeksi, termasuk pilek atau flu.

Menurut sebuah laporan dalam jurnal Cochrane Database of Systematic Reviews tahun 2014, bawang putih memiliki efek dalam mencegah atau mengobati flu biasa. Studi tersebut juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi bawang putih setiap hari selama tiga bulan (bukan plasebo) mengalami lebih sedikit pilek. 

4. Sayuran hijau

Agar Cepat Pulih, Konsumsi 9 Makanan dan Minuman Ini saat Flupixabay.com/Aline Ponce

Melansir Medical News Today, sayuran hijau mengandung banyak serat yang membantu pencernaan. Sayuran hijau juga memberikan nutrisi utama yang memainkan peran penting dalam mendukung daya tahan tubuh, seperti:

Sayuran berdaun hijau juga memiliki sifat antibakteri dan efek antiinflamasi. Oleh sebab itu, memperbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau bisa membantu memulihkan diri dari flu lebih cepat.

5. Jahe

Agar Cepat Pulih, Konsumsi 9 Makanan dan Minuman Ini saat Flufreepik.com/jcomp

Jahe dapat membantu meredakan mual yang bisa menyertai flu. Jahe dapat membantu proses pencernaan dan meningkatkan pengosongan lambung, sekaligus kontraksi lambung secara efektif.

Kamu bisa menambahkan jahe ke dalam sup ayam atau masakan lainnya. Kamu juga bisa membuat teh jahe untuk diminum hangat-hangat, lalu tambahkan dengan perasan lemon dan madu.

6. Oatmeal

Agar Cepat Pulih, Konsumsi 9 Makanan dan Minuman Ini saat Flufreepik.com/8photo

Oatmeal mengenyangkan, mudah dibuat, dan merupakan sumber serat yang bagus. Melansir Medical News Today, serat prebiotik dalam oat bisa membantu memberi makan bakteri sehat di dalam tubuh.

Menambahkan pisang ke dalam oatmeal juga dapat memberikan serat ekstra, serta vitamin seperti kalium. Hal ini mungkin sangat bermanfaat bagi orang dengan gejala flu seperti demam, diare, dan muntah karena dapat menguras kadar kalium dan elektrolit lainnya.

7. Makanan hambar

Agar Cepat Pulih, Konsumsi 9 Makanan dan Minuman Ini saat Flupixabay.com/Frank Oschatz

Flu bisa menyebabkan mual dan makanan yang kaya seperti lemak mungkin tidak menarik untuk lidah. Kamu bisa mengonsumsi makanan hambar seperti roti panggang atau nasi murah, yang mungkin lebih mudah dikonsumsi.

Kamu bisa mengombinasikan roti panggang atau nasi merah dengan sup ayam atau makanan sederhana berbasis nabati lainnya, untuk memastikan kamu mendapat cukup asupan vitamin dan mineral.

8. Yoghurt

Agar Cepat Pulih, Konsumsi 9 Makanan dan Minuman Ini saat Flupixabay.com/Aline Ponce

Yoghurt mampu memelihara kesehatan dengan cara memperkuat sistem kekebalan tubuh. Efek ini didapat dari kandungan magnesium, selenium, dan zink di dalam yoghurt yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Yoghurt juga bisa membuat tubuh lebih kebal terhadap infeksi dan mempercepat penyembuhan ketika sakit, terutama karena infeksi virus flu. Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal International Immunopharmacology tahun 2011, yoghurt fermentasi mampu melawan virus flu pada tikus. Namun, memastikan efek ini pada manusia membutuhkan penelitian lebih lanjut.

9. Pastikan kecukupan cairan

Agar Cepat Pulih, Konsumsi 9 Makanan dan Minuman Ini saat FluIlustrasi Minum Air (IDN Times/Mardya Shakti)

Tetap terhidrasi adalah salah kunci penting untuk membantu tubuh melawan flu. Melansir Medical News Today, berikut ini beberapa cairan yang mungkin sangat membantu:

  • Air: ginjal menggunakan air untuk membuang produk limbah dari tubuh. Minum banyak air dapat membantu mempercepat pemulihan.
  • Air kelapa: air kelapa kaya akan kalium, natrium, dan klorida. Meminumnya dapat membantu mengganti elektrolit yang hilang oleh tubuh melalui keringat, muntah, atau diare.
  • Air panas dengan madu, lemon, dan jahe: ramuan ini dapat menutrisi tubuh sekaligus mengatasi mual.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat kamu sedang flu. Namun, bila flu tak kunjung sembuh atau gejalanya makin banyak dan memburuk, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Tanpa Disadari, Kamu Bisa Tertular Flu dari 7 Benda Ini!

Heni Candra Kirana Photo Verified Writer Heni Candra Kirana

Keep up the spirit and don't give up

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya