Comscore Tracker

Ini Lho 6 Nutrisi Penting untuk Kesehatan Matamu

Selalu makan makanan sehat, ya!

Di zaman sekarang ini, mata kita benar-benar sulit terlepas dari layar. Mulai dari mengerjakan tugas, bekerja, hingga hiburan, semuanya mengharuskan kita untuk selalu menatap layar. Hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan mata kita ke depannya bila tidak rutin mengistirahatkan mata dan menutrisinya.

Lalu, apa saja nutrisi-nutrisi paling penting untuk kesehatan mata? Berikut nutrisi-nutrisi penting untuk kesehatan mata yang disarankan Sam Berne, seorang ahli kesehatan mata di Meksiko Baru, melalui Care2.

1. Beta karoten

Ini Lho 6 Nutrisi Penting untuk Kesehatan MatamuUnsplash.com/markusspiske

Kamu dapat menemukan beta karoten di wortel, ubi jalar, dan aprikot. Beta karoten akan diubah tubuh secara alami menjadi vitamin A yang akan menjaga kesehatan matamu. Vitamin A membantu mata mengubah cahaya redup menjadi sinyal yang dapat dibaca otak. Vitamin A juga menutrisi kornea yang akan menyusut bila kekurangan nutrisi.

2. Lutein

Ini Lho 6 Nutrisi Penting untuk Kesehatan MatamuUnsplash/noahbuscher

Lutein merupakan antioksidan yang melindungi makula (bagian dari retina yang terletak di belakang mata) dan lensa mata. Kamu dapat menemukan lutein di kol daun, bayam, goji berry, dan buah stirus (jeruk, lemon, jeruk nipis, dan lain-lain). 

Baca Juga: Ini Lho Fungsinya Lubang Kecil di Kelopak Bawah Matamu

3. Zeaxanthin

Ini Lho 6 Nutrisi Penting untuk Kesehatan MatamuUnsplash/ecasap

Zeaxanthin merupakan antioksidan yang dapat ditemukan di tomat, paprika merah, dan labu. Nutrisi ini akan melindungi makula dari sinar UV dan cahaya biru yang sering dipancarkan oleh layar. Manfaat kesehatan dapat dirasakan bila mengonsumsi lutein dan zeaxanthin bersamaan dengan tingkat asupan 6-10 mg/hari.

4. Glutathione

Ini Lho 6 Nutrisi Penting untuk Kesehatan MatamuUnsplash/tomasjolmes

Glutathione adalah antioksidan penting yang dihasilkan tubuh untuk melindungi mata dari penyakit katarak. Nutrisi ini dapat ditemukan di kubis Brussel (kubis berbentuk bulat mini), brokoli, kembang kol, dan kol daun. Nutrisi ini dapat membantu tubuh memproduksi glutathione.

5. Taurine

Ini Lho 6 Nutrisi Penting untuk Kesehatan MatamuUnsplash/colinczerwinski

Taurine merupakan mineral yang dapat ditemukan di ikan salmon, ikan tuna, daging, telur, dan daging unggas gelap (daging yang memiliki banyak protein myoglobin seperti daging paha ayam dan kalkun). Mengonsumsi nutrisi ini dapat membantu mata melawan degenerasi makula (penurunan kemampuan melihat lurus pada orang berusia tua) dan glaukoma.

6. Magnesium

Ini Lho 6 Nutrisi Penting untuk Kesehatan MatamuUnsplash/nordwood

Magnesium merupakan mineral yang membantu saraf optik, saraf yang mengirimkan informasi penglihatan dari retina ke otak. Nutrisi ini dapat ditemukan di kacang almond, kacang mede, beras merah, dan kacang lentil.

Selain enam nutrisi di atas, masih banyak nutrisi-nutrisi lain yang sangat penting bagi kesehatan mata seperti zinc, selenium, omega 3, dan vitamin C, E, D3, B12, B6, dan B2. Jadi jangan malas makan makanan sehat demi kesehatan mata kamu, ya! Usahakan selalu untuk selalu mengistirahatkan mata juga.

Baca Juga: 4 Alasan Kesehatan Mengapa Kamu Wajib Makan Dark Chocolate

Ina Suraga Photo Community Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You