5 Cara Tidur Ini Ternyata Indikasi Kalau Kesehatanmu Memburuk

Sudah tahu?

Tidur merupakan alternatif terbaik untuk mengembalikan vitalitas dan kebugaran tubuh. Dengan tidur yang cukup sebenarnya kita akan selalu sehat karena saat tidur semua sel dan jaringan di regenerasi kembali. Namun ternyata tidur juga bisa menjadi sinyal bahwa kesehatan tubuh sedang tidak baik. Nah berikut 5 cara tidur yang mengindikasikan jika kamu sedang tidak dalam kondisi fit atau sedang memiliki masalah kesehatan!

1. Tidur mendengkur

5 Cara Tidur Ini Ternyata Indikasi Kalau Kesehatanmu Memburukpurple.com

Kita seringnya mengabaikan dan menganggap enteng tidur sambil mendengkur. Padahal bisa jadi tidur mendengkur merupakan salah satu tanda kita sedang tidak sehat. Boleh jadi kita sedang terkena hipertensi atau sleep apnea. Ketika kita terkena sleep apnea boleh jadi pernafasan berhenti akibat oksigen yang tersumbat saat tidur. Keesokan harinya kamu akan merasa mudah lelah dan sakit kepala karena saat tidur kamu kekurangan oksigen.

2. Tidur sambil menggertakan gigi

5 Cara Tidur Ini Ternyata Indikasi Kalau Kesehatanmu MemburukPexels/Bruce Mars

Kondisi menggertakan gigi saat tertidur biasanya disebut bruxism. Kondisi ini biasanya mengindikasikan kalau kamu sedang dalam keadaan stres, emosi, efek samping obat, sedang dalam kondisi sakit gigi bahkan sakit telinga. Bahkan bila kamu terus-menerus menggertakan gigi saat tidur mungkin saja kamu sedang dalam kondisi penyakit serius yang berkaitan dengan gigi, rahang serta kepala.

Baca Juga: 9 Hewan dengan Jumlah Tidur Terlama, Apakah Mereka Malas?

3. Kaki kram

5 Cara Tidur Ini Ternyata Indikasi Kalau Kesehatanmu MemburukPexels/John Mark

Kondisi kram saat tidur di daerah kaki jangan kamu anggap enteng begitu saja. Karena kondisi ini sangat tidak nyaman dan akan membangunkanmu dari tidur. Biasanya kram di kaki saat tidur ada hubungannya dengan kekurangan elektrolit seperti magnesium dan kalsium, radang sendi serta masalah lainnya. Bisa juga kamu sedang dalam kondisi dehidrasi atau anemia ketika kakimu kram saat tidur. Nah cepat-cepat atasi ya jika hal ini sering kamu alami!

4. Tidur sambil jalan

5 Cara Tidur Ini Ternyata Indikasi Kalau Kesehatanmu Memburukwexnermedical.osu.edu/

Sebenarnya tidur sambil berjalan takkan berdampak apapun kecuali jika dibarengi dengan sleep apnea. Namun tentunya tidur sambil berjalan akan mempengaruhi kualitas dari tidur itu sendiri sehingga keesokan harinya kamu akan kurang bugar dan cepat lelah karena tidur yang tidak berkualitas pada malam hari. Sebaiknya konsultasikan hal ini pada sleep therapist.

5. Batuk

5 Cara Tidur Ini Ternyata Indikasi Kalau Kesehatanmu Memburukwexnermedical.osu.edu/

Batuk yang berlebihan saat tidur malam dan membuatmu terbangun bisa jadi mengindikasikan kamu terkena asma atau penyakit jantung. Berbaring dengan waktu yang lama tentunya akan menyebabkan cairan mengalir kembali ke paru-paru dan menyebabkan batuk terus-menerus jika kamu memiliki penyakit jantung.

Selain itu bisa jadi hal ini dikarenakan penyakit asam lambung yang mana saat berbaring asam lambung bisa naik ke kerongkongan dan menyebabkan iritasi di sekitar kerongkongan yang ditandai dengan batuk pada malam hari.

Sudah tahu?

Baca Juga: 7 Ilustrasi Posisi Tidur Pasangan yang Baru Menikah, Kocak Banget!

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You