Comscore Tracker

5 Rekomendasi Minuman Segar yang Cocok Diminum Saat Sahur!

Hmm...segarnya!

Berpuasa di bulan Ramadan memang cenderung inginnya bermalas-malasan dan selalu lesu. Hal ini disebabkan saat sahur kita tidak mengonsumsi minuman yang menyegarkan dan bisa membuat puasa tetap semangat.

Oleh sebab itu saat sahur jangan hanya fokus makan saja karena mengonsumsi 5 minuman segar ini juga penting. Nah berikut minuman segar dan menyehatkan yang perlu kamu konsumsi saat sahur, apa saja ya?

1. Air lemon hangat

5 Rekomendasi Minuman Segar yang Cocok Diminum Saat Sahur!care2.com

Seperti yang kita tahu bila lemon kaya akan vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh. Vitamin C tersebut bisa membantu menjaga tekanan darah dan melancarkan pencernaan selama puasa.

Namun disarankan jangan mengonsumsi minuman ini saat perut kosong dan minumlah sesudah makan sahur. Hal ini karena kandungan asam pada lemon bisa menyebabkan sakit perut bagi penderita tukak lambung.

2. Cokelat panas

5 Rekomendasi Minuman Segar yang Cocok Diminum Saat Sahur!Pexels/Rawpixel

Cokelat panas yang ditambahkan susu sapi serta kayu manis akan membuatmu tetap bersemangat saat siang hari meski sedang berpuasa. Hal ini disebabkan rasa pahit dan manisnya bisa menjadi mood booster bagimu.

Tak hanya itu, cokelat mengandung flavonoid dan antioksidan yang tinggi dan bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung serta diabetes. Oleh sebab itu minumlah secangkir cokelat panas sesudah sahur agar tetap energik di siang hari.

Baca Juga: 5 Resep Minuman Segar Buat Buka Puasa, Sehat dengan Buah-buahan

3. Air kelapa

5 Rekomendasi Minuman Segar yang Cocok Diminum Saat Sahur!Pexels/daria shetsova

Air kelapa memang sudah terkenal bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berbagai manfaat yang bisa dirasakan adalah air kelapa dapat melancarkan pencernaan, mengatur kadar gula darah, mengatasi migrain serta meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga air kelapa tentunya amat baik dikonsumsi saat sahur agar puasa bisa dijalani dengan baik.

Air kelapa mengandung banyak elektrolit dan vitamin C. Air kelapa pun tak perlu gula atau pemanis lainnya karena sudah mengandung gula alami di dalamnya.

4. Teh hijau

5 Rekomendasi Minuman Segar yang Cocok Diminum Saat Sahur!archanaskitchen.com

Teh hijau mengandung antioksidan serta polifenol yang bantu menjaga kesehatan tubuh. Kandungan kafeinnya bisa menjadi penyemangat di siang hari saat berpuasa.

Tak hanya itu, teh hijau pun mempunyai manfaat yang banyak bagi tubuh di antaranya adalah mampu mencegah diabetes, menghilangkan racun di dalam tubuh, serta menurunkan kadar kolesterol.

5. Smoothie

5 Rekomendasi Minuman Segar yang Cocok Diminum Saat Sahur!foolproofliving.com

Smoothie merupakan campuran buah dan sayur yang telah dihancurkan. Kamu bisa memilih buah dan sayur berwarna hijau seperti avokad, kiwi, brokoli, bayam hingga selada. Manfaat yang dihasilkan pun banyak yaitu mampu meregenerasi sel-sel tubuh, menurunkan berat badan, sampai mendetoksifikasi tubuh dari racun. Hal ini dikarenakan smoothie mengandung zat hijau daun atau klorofil yang mempunyai manfaat yang beragam.

Yuk konsumsi minuman segar di atas saat sahur agar kamu selalu bersemangat saat puasa!

Baca Juga: Seberapa Goyah Iman Kamu Melihat Makanan dan Minuman Ini!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You