Comscore Tracker

Tetap Energik, Ini 5 Cara Jitu Mencegah Ngantuk Setelah Makan Siang!

Supaya aktivitasmu gak terganggu!

Setelah dari pagi bekerja biasanya ada jatah istirahat di siang hari untuk makan. Namun setelah makan siang berlangsung biasanya rasa kantuk tidak bisa tertahankan sehingga aktivitas pun menjadi terhambat dan tidak optimal. Cegah kantuk setelah makan siang dengan lima cara di bawah ini, supaya tetap energik!

1. Makan pelan-pelan

Tetap Energik, Ini 5 Cara Jitu Mencegah Ngantuk Setelah Makan Siang!Pexels/Nathan Cowley

Usahakan saat sedang makan siang jangan terburu-buru dan lebih baik pelan-pelan saja. Hal ini karena sistem pencernaan akan kesulitan untuk mencerna makanan yang masuk. Akhirnya sistem pencernaan pun akan mudah lelah sehingga imbasnya kadar gula darah pun akan ikutan rendah. Saat kadar gula menjadi rendah maka rasa kantuk pun pasti tidak tertahankan.

2. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein kompleks

Tetap Energik, Ini 5 Cara Jitu Mencegah Ngantuk Setelah Makan Siang!Pexels/Ella Olson

Makanan yang mengandung karbohidrat dan protein kompleks akan membuat kadar gula darah tetap seimbang dan tidak turun drastis. Sehingga kamu pun tidak akan mudah lemas dan mengantuk sesudah makan siang. Selain itu karbohidrat dan protein kompleks akan menghasilkan energi yang lumayan lama dan kamu pun tetap energik serta semangat menjalankan aktivitas.

Baca Juga: 10 Kalimat Bijak yang Bikin Hidup Lebih Bahagia & Semangat Dijalani

3. Konsumsi buah dan sayur

Tetap Energik, Ini 5 Cara Jitu Mencegah Ngantuk Setelah Makan Siang!Pexels/Pixabay

Di dalam buah dan sayur biasanya mengandung gula alami yang akan membantumu tetap merasa berenergi sesudah makan. Selain itu buah dan sayur akan membantumu merasa kenyang lebih lama dan bantu mencegah dehidrasi berkat kandungan cairan alaminya. Dengan begitu kamu tetap akan merasa berenergi dan tidak mengantuk.

4. Jangan konsumsi teh atau kopi

Tetap Energik, Ini 5 Cara Jitu Mencegah Ngantuk Setelah Makan Siang!Pexels/Chevanon fotography

Saat dalam kondisi mengantuk biasanya banyak orang yang mengakalinya dengan meminum kopi atau teh. Memang kandungan kafein di dalam kedua zat tersebut akan membantu merangsang sel saraf sehingga tidak mudah mengantuk. Namun zat ini hanya beberapa jam saja mampu menangkal kantuk dan setelah bahan aktifnya habis kamu pun akan merasa ngantuk kembali.

5. Lakukan olahraga ringan sesudah makan

Tetap Energik, Ini 5 Cara Jitu Mencegah Ngantuk Setelah Makan Siang!Pexels/Nout Gons

Olahraga ringan seperti jalan-jalan setelah makan akan membantu tubuh lebih mudah mencerna makanan. Namun usahakan setelah makan jangan langsung berolahraga karena akan menyebabkan perut terasa sakit. Lakukan jalan santai setelah semua makanan masuk ke lambung sekitar 15 menit barulah setelah itu kamu bisa jalan santai.

Karena kamu masih tetap bisa semangat meski setelah makan sekalipun!

Baca Juga: Biar Segar & Energik! Yuk Coba Resep Sarapan Rendah Karbohidrat Ini

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya