Comscore Tracker

Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Kulit Lemon untuk Kesehatan!

Duh sayang banget kalau dibuang!

Seperti yang kita tahu bila buah lemon memang sangat bermanfaat untuk kesehatan yaitu salah satunya mampu menjaga daya tahan tubuh agar gak mudah sakit.

Namun kita sering melupakan kulit lemon dan membuangnya begitu saja. Padahal kulit lemon pun memiliki banyak manfaat yang tak banyak kita tahu. Ini 5 manfaat kulit lemon yang harus kamu tahu. Jangan buru-buru dibuang ya!

1. Jaga kesehatan mata

Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Kulit Lemon untuk Kesehatan!2ndimageghana.com/

Mata membutuhkan vitamin A untuk menjaga vitalitasnya. Kulit lemon memiliki warna kuning dan ini berasal dari karotenoid. Ketika dikonsumsi karotenoid ini bisa diubah menjadi vitamin A yang memang dibutuhkan untuk kesehatan mata.

Oleh sebab itu daripada dibuang, lebih baik kulit lemon pun dikonsumsi juga dengan cara diseduh atau dengan metode lainnya.

2. Sebagai deodoran

Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Kulit Lemon untuk Kesehatan!nivea.co.uk

Karena aromanya menyegarkan, maka kulit lemon pun bisa dijadikan sebagai deodoran alami karena bau asam sitratnya yang tajam. Asam sitrat ini bisa menghilangkan bau badan yang hinggap akibat bakteri yang bersarang di ketiak. Hasilnya tentu ketiakmu akan tetap wangi tanpa deodorant sintetis.

Nah caranya buatlah infused water dari kulit lemon dan aplikasikan ke ketiakmu.

Baca Juga: 6 Minuman Olahan Jeruk Lemon yang Gak Ada Matinya

3. Tingkatkan kesehatan kulit

Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Kulit Lemon untuk Kesehatan!readersdigest.ca

Lemon pun memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit karena kandungan asam sitratnya bisa bertindak sebagai eksfoliator dan pembersih kulit.

Caranya cukup parut kulit lemon dan campurkan dengan minyak zaitun dan gula pasir dan aplikasikan ke wajah maka sel-sel kulit mati pun akan hilang dan kulit akan tampak cerah kembali.

4. Obati luka

Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Kulit Lemon untuk Kesehatan!Pexels/Rawpixel

Kulit lemon pun bisa menyembuhkan luka atau infeksi yang terjadi pada kulit. Hal ini karena kulit lemon bersifat sebagai anti mikroba yang bisa menyembuhkan luka. Nah untuk pemakaiannya kamu bisa langsung mengaplikasikan pada luka langsung atau dikonsumsi. Pemakaian teratur akan membantu lukamu cepat sembuh apalagi bila kamu merupakan pengidap diabetes.

Nah, untuk dikonsumsi kamu bisa dinginkan dahulu kulit lemon dalam freezer lalu parut setelah itu kamu bisa menambahkan gula untuk dimakan langsung atau ditambahkan ke dalam salad sebagai camilan.

5. Sembuhkan jerawat

Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Kulit Lemon untuk Kesehatan!fashiontrendsfit.com/

Sifat anti mikroba pada kulit lemon bermanfaat juga untuk mengatasi jerawat. Hal ini karena jerawat terjadi karena adanya bakteri patogen yang hinggap di kulit. Saat kamu mengaplikasikannya pada wajah maka bakteri tersebut akan hilang dan kulit pun bisa sembuh dari jerawat.

Tak hanya itu, kulit lemon pun mengandung antioksidan yang tinggi sehingga berbagai masalah kulit seperti dark spot dan keriput bisa diatasi dengan baik.

Jika kamu punya lemon, jangan langsung dibuang ya kulitnya!

Baca Juga: 8 Khasiat Jeruk Bali Ampuh Tingkatkan Imun & Lawan Sel Kanker

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You