Comscore Tracker

Jangan Disepelekan, Ini 5 Tes Wajib yang Kamu Lakukan Sebelum Menikah

Demi masa depan yang lebih baik!

Menikah adalah gerbang baru dalam kehidupan yang akan dilalui oleh setiap orang. Namun kesadaran para pasangan untuk menjalani serangkaian tes sebelum menikah masih minim dan menganggap hal tersebut adalah tabu.

Padahal tes sebelum menikah adalah hal yang penting dan tak boleh dilewatkan begitu saja. Berikut lima serangkaian tes yang harus kamu lalui sebelum menikah, yuk tengok di bawah ini!

1. Tes penyakit menular seksual yang membahayakan

Jangan Disepelekan, Ini 5 Tes Wajib yang Kamu Lakukan Sebelum MenikahPexels/Pranidchakan Boonrom

Jangan sampai kamu menyesal ketika sudah menikah dan baru tahu bila kekasihmu mengidap penyakit seksual membahayakan sepert HIV. Oleh karena itu lebih baik kamu dan pasangan sama-sama melakukan tes penyakit seksual seperti HIV, sifilis, hepatitis B, gonorhea dan lain sebagainya.

Karena sama sekali belum terlambat mengetahui hal ini dari sekarang dan tes ini tentunya bertujuan menghindarkanmu agar tak tertular. Kalaupun pada akhirnya kamu tetap berkomitmen untuk hidup bersamanya setidaknya kamu sudah menemukan cara untuk terhindari dari penyakit berbahaya ini.

2. Tes kesuburan bagi pria dan wanita

Jangan Disepelekan, Ini 5 Tes Wajib yang Kamu Lakukan Sebelum MenikahPexels/Daniel Spase

Setelah itu kamu pun harus melalui tes kesuburan juga. Hal ini penting supaya kamu dan dia bisa mengetahui tentang kesuburan masing-masing. Meskipun pada akhirnya salah satu dari kalian ternyata kurang subur, setidaknya kalian akan mencari jalan keluar untuk mengatasi hal ini. Selain itu dengan mengetahui kesuburan masing-masing kamu pun tak akan terlalu stres untuk ke depannya ketika belum hamil juga.

Baca Juga: 5 Persiapan Awal untuk Keluarga Baru yang Ingin Punya Momongan

3. Tes golongan darah

Jangan Disepelekan, Ini 5 Tes Wajib yang Kamu Lakukan Sebelum MenikahPexels/Pixabay

Selain itu kamu pun harus melakukan serangkaian tes golongan darah. Karena seperti yang kita tahu berdasarkan rhesusnya ada beberapa pasangan yang tak boleh menikah karena rhesusnya tak cocok.

Sebagai contoh ketika kamu menikah dengan pria asal luar yang memiliki rhesus positif dan kamu memiliki rhesus negatif. Sebanyak 50% bayimu akan memiliki rhesus positif seperti ayahnya. Ketika rhesus kamu berbeda dengan sang bayi, antibodi yang ada dalam tubuhmu akan memakan sel darah janin yang ada dalam kandungan dan menyebabkan keguguran.

4. Tes genotype

Jangan Disepelekan, Ini 5 Tes Wajib yang Kamu Lakukan Sebelum MenikahPexels/Rawpixel

Penting pula kamu mengetahui dari sekarang tentang genotype dari pasanganmu dan dirimu sendiri. Hal itu dikarenakan beberapa penyakit diturunkan secara genetis. Misalnya bila genotipe pasanganmu AS kemungkinan anemia sel sabit akan diturunkan pada anakmu kelak dan kemungkinannya sebesar 50%. Tentunya kamu tak mau kan kalau keturunanmu kelak mempunyai penyakit yang suka disembuhkan seperti anemia sel sabit?

5. Tes kesehatan dan riwayat medis

Jangan Disepelekan, Ini 5 Tes Wajib yang Kamu Lakukan Sebelum MenikahPexels/Pixabay

Terakhir tentu saja kamu harus pula menjalani tes tentang kesehatan dan riwayat penyakit yang sedang hinggap atau pernah hinggap. Bukan apa-apa hal ini bertujuan agar kamu dan pasanganmu sama-sama berusaha untuk menyembuhkan dan mengantisipasi apapun penyakit yang saat ini hinggap pada kalian berdua. Kan lebih baik tahu sedari dini agar kalian sama-sama mencari jalan keluar dari permasalahan ini.

Yuk cek kesehatanmu dan pasangan sebelum menikah!

Baca Juga: 6 Vaksin Penting ini Sangat Dianjurkan Untukmu Sebelum Menikah

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You