Comscore Tracker

5 Tips Puasa bagi Ibu Hamil Agar Tetap Kuat dan Lancar

#RamadanMasaKini Bikin ibadah puasa tetap lancar!

Seperti yang kita tahu bahwa setiap bulan Ramadan umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan. Semua ini berlaku bagi orang Islam yang sudah baligh dan memang kuat berpuasa.

Lalu bagaimana dengan ibu hamil? Meski sebenarnya ibu hamil boleh tak berpuasa dan bisa meng-qadha di hari lain, namun tak ada salahnya tetap mencoba berpuasa.

Jika kamu kebetulan sedang hamil, kamu bisa menerapkan tips berikut agar tetap lancar berpuasa. Tapi pastikan kamu memang sanggup ya!

1. Jangan makan pedas

5 Tips Puasa bagi Ibu Hamil Agar Tetap Kuat dan LancarPexels/icon0

Sebaiknya ibu hamil jangan mengonsumsi makanan pedas di saat berpuasa meski makanan pedas memang tampak menggiurkan. Hal ini disebabkan makanan pedas akan membuat pencernaan bermasalah dan cepat dehidrasi.

Tak hanya itu, bagi para ibu hamil mengonsumsi makanan pedas akan menyebabkan kontraksi pada perut. Sehingga agar puasa lancar, hindari makanan pedas dan berminyak ya!

2. Konsumsi karbohidrat dan serat ketika sahur

5 Tips Puasa bagi Ibu Hamil Agar Tetap Kuat dan LancarPexels/Suzy Hazelwood

Saat sahur tentunya ibu hamil harus mengonsumsi makanan berenergi yaitu karbohidrat dan serat. Hal ini disebabkan ibu hamil perlu energi selama berpuasa dan bayi yang ada dalam kandungan pun butuh nutrisi.

Sebaiknya konsumsi nasi merah atau oatmeal agar perut tak mudah lapar. Selain itu jangan lupa juga konsumsi serat agar pencernaan selalu lancar. Tak lupa penuhi kebutuhan cairan tubuh agar tak mudah dehidrasi. 

Baca Juga: 5 Tips Puasa yang Nyaman Bagi Penderita Maag, Gak Perlu Khawatir Lagi

3. Jangan minum dingin saat buka puasa

5 Tips Puasa bagi Ibu Hamil Agar Tetap Kuat dan LancarPexels/Artem Beliaikin

Saat berbuka puasa minuman dingin memang menggiurkan namun sangat tak disarankan dikonsumsi untuk ibu hamil. Minuman dingin akan menyebabkan kontraksi pada perut karena umumnya perut merasa kaget ketika disuguhi minuman dingin. Oleh sebab itu sebaiknya konsumsi minuman hangat saja ketika berbuka puasa agar mudah diterima tubuh.

4. Rutin konsumsi madu dan kurma

5 Tips Puasa bagi Ibu Hamil Agar Tetap Kuat dan LancarPexels/Dana Tentis

Beda dengan orang normal, ibu hamil akan lebih cepat merasa lemas dan kehilangan energi saat berpuasa. Hal ini disebabkan karena energi dan nutrisi terbagi menjadi dua yaitu untuk dirinya dan untuk calon bayinya.

Oleh sebab itu saat berbuka puasa atau sahur, rutinlah mengonsumsi madu dan kurma. Hal ini disebabkan madu dan kurma akan cepat mengganti energi yang hilang saat puasa.

Tak hanya itu, ternyata kurma juga mempunyai manfaat lain seperti menjaga keseimbangan metabolisme dan mengontrol gerak rahim.

5. Tidak melakukan aktivitas berat

5 Tips Puasa bagi Ibu Hamil Agar Tetap Kuat dan Lancarbubhub.com.au

Ibu hamil juga sebaiknya tidak melakukan pekerjaan berat saat puasa entah secara fisik maupun pikiran. Hal ini karena ibu hamil akan cepat lelah dan kehilangan energi yang berimbas pada kesehatan dirinya dan juga janinnya.

Oleh sebab itu saat puasa sebaiknya ibu hamil banyak beristirahat saja dan lakukan aktivitas ringan agar puasa tetap lancar bebas hambatan.

Itulah tips puasa yang bisa diterapkan oleh para ibu hamil. Sebelum memutuskan untuk puasa, perhatikan dahulu kondisi kesehatan tubuhmu ya.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You