Comscore Tracker

5 Zat Gizi Ini Dapat Mengurangi Gejala PMS, lho!

Coba, yuk, konsumsi makanan dan minuman sumber zat gizi ini!

Sebelum menstruasi datang, perempuan sangat umum mengalami Premenstrual Syndrome atau PMS. Sangat penting bagi perempuan untuk menjaga asupan nutrisi agar dapat mengurangi berbagai macam keluhan yang muncul. Ada, lho, zat gizi yang dapat membantu meringankan PMS. Berikut penjelasannya seperti dirangkum Gizi saat Sindrom Menstruasi.

1. Asam amino tirosin

5 Zat Gizi Ini Dapat Mengurangi Gejala PMS, lho!ilustrasi daging segar (unsplash.com/Wesual Click)

Makanan yang mengandung zat gizi ini ialah keju, daging, dan hati ayam. Perempuan yang mengalami gejala PMS hendaknya mengonsumsi jenis makanan tersebut untuk meminimalisir stres, perasaan gelisah, serta perasaan mudah marah.

Sebuah penelitian dari Amerika Serikat (1988) mengemukakan hasil penelitiannya bahwa asam amino tirosin berguna untuk menstabilkan kondisi mental dan fisik seseorang, sehingga ia bisa tetap fokus dalam kondisi apa pun.

2. Vitamin C

5 Zat Gizi Ini Dapat Mengurangi Gejala PMS, lho!ilustrasi sayur-sayuran (unsplash.com/Dan Gold)

Vitamin C banyak terkandung dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. Buah-buahan yang mengandung vitamin C misalnya jeruk, jambu biji, pepaya, atau pisang. Adapun sayur-sayuran yang mengandung vitamin C misalnya daun kelor, brokoli, dan daun singkong.

Ada banyak manfaat yang dapat kita rasakan saat rutin mengonsumsi vitamin C, di antaranya daya tahan tubuh meningkat, kulit tetap sehat, serta terhindar dari hipertensi dan kolesterol tinggi. Bagi perempuan yang mengalami PMS, vitamin C diperlukan untuk membentuk sel darah merah, membangun sistem kekebalan tubuh, dan memperbaiki sistem saraf.

3. Vitamin B6

5 Zat Gizi Ini Dapat Mengurangi Gejala PMS, lho!ilustrasi ikan segar (unsplash.com/camila igisk)

Vitamin B6 dapat memperbaiki mood dan menjaga kadar glukosa darah bagi perempuan yang mengalami PMS. Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin B6 dapat mengurangi rasa kembung dan sakit kepala.

Sumber nabati vitamin B6 bisa diperoleh dari kentang, kacang tanah, maupun pisang. Sementara sumber hewani vitamin B6 dapat ditemukan dalam daging ayam, ikan, kuning telur, dan susu (dengan kandungan yang sedikit).

Baca Juga: 5 Kondisi yang Butuh Lebih Banyak Vitamin B, Kamu Mengalaminya?

4. Kalsium

5 Zat Gizi Ini Dapat Mengurangi Gejala PMS, lho!ilustrasi susu dan olahannya (unsplash.com/Brian Suman)

Kalsium banyak terkandung dalam susu maupun olahannya, seperti susu kedelai, keju, ataupun yoghurt. Selain itu, kalsium juga terkandung dalam sayur-sayuran, seperti bayam, kangkung, brokoli, daun pepaya, dan daun singkong. Buah apel dan biji wijen juga mengandung salah satu unsur pembentuk mineral ini.

Sebuah penelitian mengafirmasi bahwa perempuan yang mengonsumsi makanan sumber kalsium dan vitamin D berisiko rendah untuk mengalami PMS. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan fakta bahwa kalsium bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, mengatasi kram, mengatasi sakit pinggang, meredakan keram otot, dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

5. Magnesium

5 Zat Gizi Ini Dapat Mengurangi Gejala PMS, lho!ilustrasi oatmeal (unsplash.com/Margarita Zueva)

Pada saat PMS, perempuan dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sumber magnesium, sebab asupan magnesium dapat menenangkan sistem saraf, mengurangi migrain, dan membantu relaksasi otot. Hal tersebut tentunya dapat mengurangi ketidaknyamanan saat menstruasi datang nanti. Selain itu, magnesium juga diperlukan dalam produksi hormon serotonin.

Magnesium banyak terkandung dalam sayuran berwarna hijau tua, seperti bayam. Gandum, alpukat. Oatmeal juga mengandung magnesium.

Itulah lima zat gizi yang dapat mengurangi gejala PMS. Bagi kamu yang tengah mengalami gejala PMS, yuk, coba untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung zat gizi tersebut!

Riani Shr Photo Verified Writer Riani Shr

Menulis adalah salah satu upaya menyembuhkan yang ampuh.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya