Comscore Tracker

5 Manfaat Buah Sukun, Gak Cuma Bikin Kenyang Tahan Lama

Bisa jadi alternatif pengganti nasi, nih

Kamu pasti tahu dong buah sukun! Buah yang kulitnya seperti nangka ini sering dijadikan kudapan dengan cara digoreng. Rasanya yang gurih dan bikin kenyang lebih lama. Ya, karena sukun mengandung serat dan karbohidrat sangat tinggi, jadi kamu saat makan sukun kebutuhan nutrisi tubuh kamu terpenuhi.

Selain membuat kenyang, sukun ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh, lho. Inilah manfaat-manfaat yang akan kamu dapat dari buah sukun.

1. Mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas

5 Manfaat Buah Sukun, Gak Cuma Bikin Kenyang Tahan LamaPixabay.com/PublicDomainPictures

Ya, manfaat lain yang akan kamu dapat dari buah sukun ialah mengandung antioksidan, antioksidan tersebut didapat dari 2 senyawa yang terkandung dalam sukun, flavonoid dan phenolic. Kedua senyawa tersebut bertindak sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh.

2. Melindungi organ tubuh yang berhubungan dengan darah

5 Manfaat Buah Sukun, Gak Cuma Bikin Kenyang Tahan Lamadeakin.edu

Banyak hal yang menyangkut dengan darah, seperti halnya tekanan darah, gula darah, kolesterol dan denyut jantung. Ternyata, buah satu ini kaya nutrisi seperti zat besi, mineral dan kalium.

Ya, zat tersebut menjadi komponen dalam menjaga tekanan darah maupun denyut jantung. Dan kandungan serat pada buah sukun pun bermanfaat untuk menjaga kestabilan kolesterol darah dan menurunkan gula darah.

Baca Juga: 5 Khasiat Buah Mundu, Si Bulat Kaya Manfaat yang Kini Terlupakan

3. Melancarkan pencernaan

5 Manfaat Buah Sukun, Gak Cuma Bikin Kenyang Tahan Lamatasteforlife.com

Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan serat membantu melancarkan sistem pencernaan, sama halnya pada sukun. Kandungan serat pada sukun pun membantu melancarkan pencernaan seperti diare, sembelit dll.

4. Membantu menutrisi kulit

5 Manfaat Buah Sukun, Gak Cuma Bikin Kenyang Tahan Lamapixabay.com/melancholiaphotography

Kulit adalah bagian terluar dari tubuh dan menjadi pelindung tubuh. Kulit yang sehat pun menjadi dambaan setiap orang, terlebih wanita. Buah sukun ternyata membantu menutrisi kulit juga, berkat kandungan vitamin C pada buah yang satu ini. Antioksidan dari buah sukun pun berperan dalam menutrisi kulit, seperti penuaan dini.

5. Menjaga kesehatan rambut

5 Manfaat Buah Sukun, Gak Cuma Bikin Kenyang Tahan Lamastylevanity.com

Selain memberi nutrisi pada kulit, ternyata sukun pun bermanfaat menjaga kesehatan rambut seperti dari kotombe, kerontokan, serta menjaga akar rambut lebih kuat. Ya, semua itu dikarenakan buah sukun mengandung omega-3 dan omega-6 yang memberi nutrisi agar rambut tetap sehat.

Itulah manfaat yang kamu dapat dari mengonsumsi buah sukun. Makan sukun selain membuat perut kenyang, ternyata ada nutrisi-nutrisi lain di dalamnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Pohon Maja Bagi Kesehatan Dari Buah Hingga Akar

Ineu Nursetiawati Photo Community Writer Ineu Nursetiawati

Cerita yang pernah terlintas dibenak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You