Comscore Tracker

5 Pertolongan Pertama Nyeri Haid yang Harus Segera Kamu Lakukan

Jangan panik, coba lakukan beberapa tips ini ya, girls

Nyeri haid atau menurut bahasa dalam medis adalah dysmenorrhea. Namun, lebih familiar dengan sebutan dilep merupakan keluhan umum yang biasa dialami sebagian besar wanita saat awal haid. Di mana nyeri tersebut berupa kram otot pada perut bagian bawah.

Hal ini dikarenakan dinding otot rahim mengalami kontraksi yang cukup kuat sehingga menyebabkan adanya tekanan pada pembuluh darah di sekitarnya. Itulah yang mengakibatkan terhambatnya pasokan oksigen ke rahim sehingga bagian bawah perut terasa nyeri.

Nyeri haid ini berlangsung kurang lebih 2-3 hari. Dan tak hanya nyeri bagian bawah perut saja, namun beberapa wanita juga mengalami keluhan lainnya, antara lain disertai nyeri punggung, diare, mual, sering buang air kecil, bahkan hingga nyeri kepala.

Akan tetapi, rasa sakit atau nyeri tiap wanita berbeda-beda, ada yang ringan dan tidak menganggu aktivitas, ada juga yang berat dan tak tertahan hingga menghambat aktivitasnya. Maka dari itu, saat nyeri haid ini mulai menyerangmu, coba lakukan pertolongan pertama terlebih dahulu.

Berikut 5 pertolongan pertama saat nyeri haid—dysmenorrhea melanda.

1. Kompres perut

5 Pertolongan Pertama Nyeri Haid yang Harus Segera Kamu Lakukanyourliberty.id

Coba kompres perut kamu dengan air hangat. Caranya cukup mudah, yaitu bisa kalian basahi handuk dengan air hangat atau menggunakan botol yang diisi air hangat kemudian kompres pada bagian yang terasa nyeri. Hal itu bisa membantumu mengurangi nyeri saat haid. Adakah yang sering melakukannya?

2. Olahraga ringan

5 Pertolongan Pertama Nyeri Haid yang Harus Segera Kamu Lakukannaturalhealth.com

Olahraga ringan juga dapat meringankan nyerimu saat haid, misalnya berjalan, bersepeda dengan tingkatan rendah. Namun, apabila tidak memungkinkan, maka jangan terlalu dipaksakan, ya. Dan alangkah lebih baiknya lagi, jika kalian rutin berolahraga sebelum haid atau nyeri haid menyerang.

Baca Juga: 7 Alasan Perempuan Mengalami Nyeri Haid Berlebihan

3. Hindari makanan dan minuman tertentu

5 Pertolongan Pertama Nyeri Haid yang Harus Segera Kamu Lakukankatadokter.co.id

Terdapat beberapa makanan dan minuman tertentu juga perlu kalian hindari saat nyeri haid menyerang, makanan berlemak, makanan asin, kopi, alkohol, dan soda. Untuk makanan, kalian bisa mengganti dengan memperbanyak sayur dan buah. Dan untuk minuman, kalian bisa menggantinya dengan memperbanyak air putih atau minuman hangat lainnya.

4. Hindari mengenakan celana ketat

5 Pertolongan Pertama Nyeri Haid yang Harus Segera Kamu Lakukaneatthis.com

Saat nyeri haid ini menyerang, usahakan untuk tidak mengenakan celana ketat, mengapa? Karena hal itu justru membuat perutmu semakin tertekan sehingga dapat memperburuk rasa nyeri saat haid. So, kurang-kurangin menggunakan celana ketat ya, girls karena itu gak baik untuk kesahatanmu.

5. Obat pereda nyeri haid

5 Pertolongan Pertama Nyeri Haid yang Harus Segera Kamu LakukanPixabay/stevepb

Poin terakhir ini dapat kalian lakukan, jika empat poin sebelumnya belum bisa mengatasi nyeri yang kalian alami. Oleh karena itu, apabila hal itu terjadi, maka kalian bisa membeli obat pereda nyeri haid di apotek terdekat.

Itulah 5 pertolongan pertama saat nyeri haid—dysmenorrhea melanda. Namun, apabila nyeri haid yang kalian alami semakin parah sehingga tidak dapat melakukan aktivitas, maka segera konsultasikan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, ya.

Baca Juga: Sering Nyeri Haid? Jangan Khawatir, Redakan dengan 5 Olahraga Ini

Ishmah Irsalina W. Photo Community Writer Ishmah Irsalina W.

Berlomba-lombalah dalam kebaikan ~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You