Comscore Tracker

Apa yang Terjadi saat Kita Makan Pedas Tiap Hari? Ini Gambarannya!

Siapa, nih, yang biasa makan makanan pedas hingga level 10?

Indonesia terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki kuliner serba pedas. Bukan sekadar omong kosong, data dari lembaga Licorice tahun 2016 mengatakan bahwa 93,6 persen warga +62 gemar menyantap makanan pedas. Ini didukung pula dengan 80 persen hidangan khas negara kita yang menggunakan cabai. 

Ada berbagai alasan kenapa masyarakat kita menyukai makanan pedas. Mereka percaya bahwa hidangan tersebut memberikan rasa bahagia dan ketagihan. Ada pula yang menganggap hidangan dengan sensasi pedas dapat meredakan stres dan masih banyak alasan lainnya. 

Tak heran jika begitu banyak orang mengonsumsi makanan pedas setiap hari, bahkan tak sedikit yang seakan tak bisa hidup tanpa cabai dan sambal. 

Namun pertanyaannya, kira-kira apa yang akan terjadi pada tubuh ketika kita mengonsumsi makanan pedas setiap hari? Apakah ada efek samping atau justru kebiasaan ini baik untuk dilakukan? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Tubuhmu jadi lebih kebal akan rasa sakit

Apa yang Terjadi saat Kita Makan Pedas Tiap Hari? Ini Gambarannya!ilustrasi orang yang kuat (pexels.com/samer daboul)

Sering mengonsumsi makanan pedas ternyata bisa membuat tubuh kita lebih kebal terhadap rasa sakit. Misalnya dari cedera, luka, dan lain sebagainya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dilansir WebMD, sebuah studi dalam jurnal Nature terhadap tikus, zat bernama kapsaisin atau capsaicin yang ada dalam cabai dapat membuat mereka mampu menoleransi rasa sakit lebih daripada biasanya. Tikus itu jadi lebih kebal terhadap rasa panas, rasa sakit, dan lain-lain. 

Studi ini diduga juga berlaku pada manusia. Sebab ketika mengonsumsi cabai, otak akan memproduksi zat P (salah satu jenis peptide), yang berperan dalam mengatur rasa sakit. 

2. Mood kamu akan baik sepanjang hari

Apa yang Terjadi saat Kita Makan Pedas Tiap Hari? Ini Gambarannya!ilustrasi bahagia saat makan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seperti yang dikatakan di atas, banyak orang mengonsumsi makanan pedas karena mereka percaya hidangan ini bisa memperbaiki mood. Ternyata, hal ini bukanlah asumsi semata, lo. 

Menurut studi dari University of Carolina, Amerika Serikat (AS), tahun 2018, kapsaisin mendorong otak untuk memproduksi dopamin dan endorfin. Keduanya memegang peran besar terhadap mood dan bisa meningkatkan perasaan bahagia. 

3. Berat badanmu akan menurun

Apa yang Terjadi saat Kita Makan Pedas Tiap Hari? Ini Gambarannya!ilustrasi berat badan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Makan makanan pedas setiap hari ternyata diprediksi dapat membantu penurunan berat badan. Hal ini terjadi karena beberapa faktor. 

Pertama, dilansir Eat This, Not That, kapsaisin terbukti mampu menurunkan nafsu makan, tetapi dapat meningkatkan asupan energi. Proses metabolisme terjadi secara lebih lancar sehingga lemak tidak akan menumpuk. 

Kedua, dengan mengonsumsi makanan pedas, kamu terdorong untuk minum air lebih banyak. Hal ini akan membuat ilusi seakan-akan perutmu kenyang padahal porsi makan tak banyak. 

Ketiga, studi yang dipublikasikan Elsevier tahun 2014 mengatakan bahwa orang yang gemar makanan pedas mengonsumsi 74 kalori lebih sedikit daripada yang tidak. Dijelaskan, ini terjadi karena ada zat di dalam cabai yang diduga mampu meningkatkan laju oksidasi lemak. 

4. Makanan pedas baik untuk pencernaan

Apa yang Terjadi saat Kita Makan Pedas Tiap Hari? Ini Gambarannya!ilustrasi cabai (pexels.com/Laker)

Banyak yang mengatakan bahwa makanan pedas buruk untuk pencernaan. Mengonsumsinya dapat menyebabkan sakit perut, diare, dan lain sebagainya. Efek tersebut memang benar dirasakan sebagian orang, tetapi sebenarnya cabai justru baik untuk pencernaan

Dalam artikel yang diterbitkan oleh University of Chicago Medical Center, AS, tahun 2018, disebutkan bahwa kandungan kapsaisin dalam cabai justru mampu mencegah radang lambung. Penyakit tersebut menimbulkan sakit perut, mual, diare, hingga sakit dada. 

Sering kali, radang lambung dikaitkan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan pedas. Padahal, sebenarnya penyakit ini disebabkan oleh bakteri H. pylori. Keberadaan kapsaisin mampu menghambat produksi asam, mengalirkan darah ke lambung, serta meningkatkan produksi lendir. Ketiganya dapat menurunkan risiko radang lambung. 

Baca Juga: 5 Fakta Diet Gen yang Bikin Berat Ayudia Bing Slamet Turun 8 Kilo

5. Diprediksi dapat memperkuat imunitas

Apa yang Terjadi saat Kita Makan Pedas Tiap Hari? Ini Gambarannya!ilustrasi orang berolahraga (pexels.com/Michelle Leman)

Tak hanya dengan memperbanyak makan buah dan sayur, konsumsi makanan pedas juga diprediksi bisa memperkuat sistem imun. Ini adalah salah satu hal yang paling kita butuhkan terutama saat pandemik seperti sekarang.

Dilansir The List, berbagai studi mengatakan bahwa efek tersebut didapatkan dari antioksidan dan sifat antiinflamasi yang terkandung dalam kapsaisin. Keduanya dapat melindungi tubuh dari bakteri, virus, dan berbagai mikroba jahat yang masuk ke dalam tubuh. 

6. Baik untuk kesehatan jantung

Apa yang Terjadi saat Kita Makan Pedas Tiap Hari? Ini Gambarannya!ilustrasi jantun(pexels.com/Karolina Grabowska)

Berikutnya, mengonsumsi makanan pedas setiap hari juga mampu menurunkan risiko kita terhadap penyakit jantung. Ada beberapa alasan yang mendasari pernyataan tersebut. 

Pertama, melalui berbagai studi, telah terbukti bahwa kapsaisin mampu menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat, meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik, serta memperlancar sirkulasi darah. Ketiganya akan berdampak baik pada kesehatan jantung.

Kedua, dilansir Eat This, Not That!, kapsaisin dalam cabai mampu memblokir gen yang mempersempit arteri. Dengan begitu, tekanan darah dapat dikontrol, risiko penyumbatan darah juga dapat diminimalkan. 

Ketiga, kapsaisin juga memiliki sifat antiinflamasi. Hal ini penting untuk kesehatan jantung karena inflamasi sering kali membuat pembuluh darah tersumbat plak. 

7. Manfaat lain dari makan makanan pedas setiap hari

Apa yang Terjadi saat Kita Makan Pedas Tiap Hari? Ini Gambarannya!ilustrasi cabai (pixabay.com/1608352)

Selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi manfaat mengonsumsi makanan pedas setiap hari yang bisa kita dapatkan. Berikut ini di antaranya:

  • Tubuh jadi terasa lebih segar;
  • Diprediksi mampu menurunkan risiko berbagai kanker;
  • Memperlancar buang air besar;
  • Meredakan stres;
  • Membantu menurunkan risiko inflamasi;
  • Menurunkan konsumsi gula.

8. Namun, ada sejumlah efek samping yang mungkin timbul

Apa yang Terjadi saat Kita Makan Pedas Tiap Hari? Ini Gambarannya!ilustrasi sambal (pixabay.com/sabyrzhananelya)

Dari penjelasan di atas, kita bisa memahami bahwa makanan pedas ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun, tetap saja ada sejumlah efek samping yang perlu kamu waspadai, di antaranya:

  • Makanan pedas dapat memperburuk kondisi penyakit asam lambung bagi sebagian orang;
  • Membuat perut mulas dan pencernaan terganggu;
  • Dapat menyebabkan heartburn.

Jika kamu memiliki pencernaan yang sensitif terhadap makanan pedas, batasi jumlah konsumsinya, ya. Hindari pula makan hidangan dengan level pedas yang melampaui batas agar perut tidak protes.

Baca Juga: 7 Makanan Ini Bisa Mengatasi Aroma Vagina yang Tak Sedap dan Menyengat

Topic:

  • Izza Namira
  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya