Comscore Tracker

Glenn Fredly Pernah Jadi Vegetarian, Ini 8 Manfaat Kesehatannya

Rest in peace Glenn Fredly, sang legenda musik Indonesia

Berita duka menyelimuti jagat musik Indonesia. Penyanyi legendaris Glenn Fredly mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu (8/4). Dikabarkan bahwa laki-laki usia 44 tahun tersebut meninggal karena meningitis yang dideritanya.

Tidak hanya terkenal karena suara emasnya, Glenn Fredly juga merupakan satu dari sekian banyak artis Indonesia yang menganut gaya hidup sehat. Pada tahun 2009 lalu, musisi asal Ambon, Maluku tersebut sempat menjadi vegetarian. Namun tidak bertahan lama, pada 2011, ia berhenti karena mengaku lambungnya tidak kuat.

Terlepas dari itu, ternyata gaya hidup vegetarian memiliki banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu rasakan. Simak daftar dan penjelasannya berikut inI!

1. Mengontrol berat badan

Menjadi vegetarian artinya makanan yang kamu konsumsi secara general memiliki kalori yang rendah. Jelas saja, kamu tidak akan makan daging, makanan berlemak jenuh, dan lainnya. Alih-alih, semua itu digantikan dengan nutrisi nabati yang lebih sehat. 

Maka dari itu, tidak heran jika berat badanmu lebih terkontrol saat menjadi vegetarian. Mungkin kamu akan merasakan lemas pada awalnya. Namun ketika telah terbiasa, tubuhmu akan terasa lebih enteng. 

2. Menurunkan kolesterol

Glenn Fredly Pernah Jadi Vegetarian, Ini 8 Manfaat Kesehatannyamyheart.net

Kolesterol berasal dari lemak-lemak jahat yang masuk ke tubuh dari makanan. Misalnya gorengan, barbekyu, junk food, dan lain sebagainya. Menjadi vegetarian adalah salah satu cara untuk mengatasi tingkat kolesterol yang tinggi.

Sebuah studi pada tahun 2015 dari Journal of American Heart Association menemukan bahwa diet vegetarian secara efektif menurunkan berbagai jenis kolesterol dalam darah, termasuk kolesterol buruk (LDL) maupun yang (HDL). 

Kolesterol baik ikut turun? Tenang saja, kamu bisa mendapatkan asupan HDL dari makanan sehari-harimu. Contohnya alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan biji-bijian.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Glenn Fredly Pernah Jadi Vegetarian, Ini 8 Manfaat Kesehatannyafibercreme.com

Menjadi vegetarian ternyata juga baik untuk jantungmu, lho. Bagaimana bisa? Pertama, obesitas adalah faktor risiko dari penyakit jantung. Kondisi tersebut bisa dicegah dengan tidak mengonsumsi olahan hewani. Kedua, kolesterol juga merupakan faktor yang memicu penyakit tersebut. Ketika kolesterol kita rendah, maka risiko penyakit jantung pun dapat diminimalkan. 

Hal ini juga didukung oleh studi tahun 2019 yang diterbitkan di The BMJ. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa vegetarian memiliki risiko 22 persen lebih rendah untuk terkena penyakit jantung daripada para pemakan daging.

4. Melindungi diri dari berbagai kanker

Glenn Fredly Pernah Jadi Vegetarian, Ini 8 Manfaat Kesehatannyahealthywomen.org

Tidak hanya mencegah penyakit jantung, menjadi vegetarian juga bisa menghindarkan diri kita dari berbagai jenis kanker. Hal ini telah dibuktikan oleh ratusan studi yang ada sepanjang sejarah. Namun apakah alasannya? 

Dilansir dari Harvard Health Publishing, ini terjadi karena kita tidak memakan makanan yang karsinogenik (pemicu kanker). Contohnya daging merah yang memicu kanker usus besar. Selain itu, secara umum, pola makan nabati juga memberikan kita asupan antioksidan tinggi yang bisa mencegah kanker.

Baca Juga: Jus Labu Pahit atau Pare Obati COVID-19 dalam 2 Jam? Hoaks!

5. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Glenn Fredly Pernah Jadi Vegetarian, Ini 8 Manfaat Kesehatannyaakamaized.net

Manfaat berikutnya adalah menurunkan risiko diabetes tipe 2. Studi dari Seventh-day Adventists mengatakan bahwa risiko seorang vegetarian untuk terkena diabetes dua kali lebih rendah daripada orang biasa. Ini terjadi karena secara general konsumsi kalori kita menurun, sehingga kadar gula darah pun ikut turun. 

6. Mencegah hipertensi

Glenn Fredly Pernah Jadi Vegetarian, Ini 8 Manfaat Kesehatannyawikimedia.org

Risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat diminimalkan dengan menjadi vegetarian. Menurut studi dari JAMA Internal Medicine pada tahun 2014, manfaat tersebut berasal dari makanan yang dikonsumsi. 

Sayur, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan terkenal akan khasiatnya dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu, jenis makanan tersebut mengandung banyak serat dan rendah akan lemak. 

7. Memperbaiki kondisi kulit

Glenn Fredly Pernah Jadi Vegetarian, Ini 8 Manfaat Kesehatannyagoop.com

Ingin kulit lebih cerah dan glowing? Menjadi vegetarian adalah salah satu solusinya. Plant-based diet atau pola makan nabati yang diikuti para vegetarian akan memberikan asupan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi. Ketiga zat tersebutlah yang bisa membuat kulit kita lebih sehat.

8. Dapat menyelamatkan Bumi

Glenn Fredly Pernah Jadi Vegetarian, Ini 8 Manfaat Kesehatannyathespruceeats.com

Manfaat terakhir ini memang tidak berkaitan dengan kesehatan. Gaya hidup vegetarian adalah gaya hidup yang eco-friendly atau ramah lingkungan. Inilah yang banyak digaungkan oleh aktivis lingkungan internasional. Kenapa demikian?

Ternyata daging-dagingan yang kita konsumsi sehari-hari berkontribusi terhadap 18 persen emisi karbon dioksida di Bumi, menurut data dari United Nations. Gas yang dihasilkan oleh hewan ternak hingga proses memasaknya akan dilepas ke udara dan membahayakan lapisan ozon. Itulah kenapa mengurangi konsumsi daging, terutama daging merah bisa membantu menyelamatkan Bumi. 

Gaya hidup vegetarian memang memiliki banyak manfaat. Namun jika kamu ingin memulainya, pastikan tetap memenuhi asupan secara lengkap, ya. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, hingga vitamin dan mineral. Dengan begitu, manfaat yang dijabarkan di atas dapat kamu dapatkan secara maksimal. 

Baca Juga: 10 Hal Aneh Ini Ampuh Perkuat Sistem Imun, Makan Upil hingga Orgasme?

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya