Comscore Tracker

Ini 8 Perawatan Kulit Bangsawan Zaman Dulu yang Ampuh Bikin Glowing

Bikin kulitmu sehat seperti Cleopatra dan Ken Dedes!

Pernahkah kamu melihat foto-foto wanita terutama bangsawan zaman dulu? Jika diperhatikan, rata-rata mereka memiliki kulit yang sehat, cerah, halus, dan bahkan glowing, lho! Padahal jika dipikir-pikir pada saat itu, produk skincare ternama masih belum dijual dan bahkan belum ada teknologi untuk membuatnya.

Ternyata jauh sebelum skincare ditemukan, wanita zaman dahulu memiliki kiat tersendiri untuk menjaga kesehatan kulitnya. Mulai dari Cleopatra, Ken Dedes, hingga bangsawan Romawi  punya cara uniknya masing-masing yang ternyata ampuh.

Ingin tahu bagaimana wanita zaman dulu merawat kulitnya agar halus, cerah, dan glowing? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Mandi susu

Ini 8 Perawatan Kulit Bangsawan Zaman Dulu yang Ampuh Bikin Glowingpinimg.com

Mandi susu adalah ritual kecantikan milik Cleopatra. Iya, ratu Mesir tersebut benar-benar menenggelamkan tubuhnya ke dalam bak berisikan susu. Ternyata memang benar, susu kaya akan kandungan yang baik untuk kulit kita. 

Dilansir dari Oprah Mag, terdapat retinol yang berperan sebagai anti-aging, vitamin D yang bisa melindungi kita dari sinar UV, serta proteinnya dapat menjaga elastisitas kulit. Tak heran jika kulit Cleopatra bisa halus seperti satin dan glowing.

Metode ini memang terlalu sulit untuk diterapkan dan membuatmu boros susu. Jika kamu nekat ingin melakukannya, kamu bisa mencampurkan dua cangkir susu dengan setengah cangkir madu. Setelah diaduk, masukkan ke dalam bak mandi. Kamu bisa juga menambahkan essential oil agar lebih wangi.

Alternatif lain adalah menggunakan bath creme atau sabun yang terbuat dari susu. Memilih produk-produk kecantikan yang mengandung bahan serupa juga gak ada salahnya, lho. Namun ingat, untuk kamu yang alergi produk dairy, jangan mencobanya, ya!

2. Shea butter sebagai pelembap kulit

Ini 8 Perawatan Kulit Bangsawan Zaman Dulu yang Ampuh Bikin Glowingcnn.com

Masih dari Mesir, ada pula perawatan kulit dari shea butter. Ini merupakan lemak yang diekstrak dari kacang pohon shea. Shea butter memiliki banyak manfaat untuk kulit, yaitu dapat bekerja sebagai sun screen, menyeimbangkan kadar minyak, melembapkan, serta menjaga elastisitas kulit. Tak heran jika shea butter kini banyak dijadikan bahan untuk produk skincare

Bangsawan terkenal yang menggunakan metode ini adalah Nefertiti, ratu Mesir yang menjabat sekitar tahun 1330 SM. Ia adalah satu-satunya wanita yang memegang posisi paling tinggi di masa tersebut. 

3. Lulur bunga ala Ken Dedes

Ini 8 Perawatan Kulit Bangsawan Zaman Dulu yang Ampuh Bikin GlowingBerbagai Sumber

Masih ingatkah kamu dengan Ken Dedes? Ia adalah bangsawan wanita dari Kerajaan Singosari yang kabarnya sangat memesona. Kulitnya cerah, bercahaya, wangi, dan berwarna kuning langsat. 

Diceritakan dalam sejarah bahwa Ken Arok terpesona karena melihat sekelebat betis dari Ken Dedes. Tak hanya itu, Ken Dedes pun merupakan salah satu wanita intelektual di zaman tersebut.Salah satu cara yang menjadi rahasia sehatnya kulit Ken Dedes adalah ia rajin menggunakan lulur yang terbuat dari bunga wijaya kusuma dan melati.

Caranya, cukup gerus kelopak bunga tersebut kemudian balurkan ke seluruh tubuh. Setelah didiamkan, kamu bisa mandi seperti biasa. Selain itu, Ken Dedes juga menggunakan wewangian dari bunga dan dupa.

4. Mandi dengan air garam

Ini 8 Perawatan Kulit Bangsawan Zaman Dulu yang Ampuh Bikin Glowingimgix.net

Kita kembali lagi ke Mesir. Para bangsawan wanita di zaman Mesir Kuno ternyata memiliki kebiasaan berendam di Laut Mati. Mereka secara rutin pergi ke laut tersebut untuk mandi di sana.

Mungkin terdengar aneh, namun ternyata menurut berbagai penelitian, lumpur yang ada di laut tersebut sangat baik untuk kulit kita karena magnesiumnya yang tinggi. Tak hanya itu, kandungan garam di Laut Mati juga sangat tinggi. Dilansir dari Healthline, hal ini dapat menghilangkan sel kulit mati, menjaga elastisitas, serta mengobati berbagai penyakit kulit.

Tak mungkin, kan, ke Laut Mati untuk mandi? Solusinya adalah menggunakan garam mandi. Tambahkan saja ke dalam bak ketika kamu berendam. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai exfoliator untuk menghilangkan sel kulit mati. 

Baca Juga: 7 Bahan Aneh Pengharum Ketiak Sebelum Ada Deodoran, Rela Mencobanya?

5. Minyak zaitun untuk perawatan dari kepala hingga kaki

Ini 8 Perawatan Kulit Bangsawan Zaman Dulu yang Ampuh Bikin Glowingxuehua.us

Tak lengkap rasanya membicarakan perawatan kulit tanpa minyak zaitun. Bahan yang satu ini adalah andalan wanita di segala negeri. Mulai dari Mesir Kuno, Yunani, Romawi, hingga Tiongkok pun memakainya. 

Tak heran karena minyak zaitun memiliki khasiat yang besar. Minyak zaitun kaya akan vitamin E. Ia akan membantu meremajakan, menjaga elastisitas, serta melembapkan kulit. Tak hanya itu, minyak ini juga baik untuk kesehatan rambut dan kuku.

Untuk merawat tubuh dari dalam, kamu juga bisa mengonsumsinya, lho. Minum saja minyak ini seperti kamu meminum sirup obat setiap hari. Dengan begitu, kondisi kulit dan tubuh secara keseluruhan akan menjadi lebih baik.

6. Gula sebagai waxing para bangsawan Persia

Ini 8 Perawatan Kulit Bangsawan Zaman Dulu yang Ampuh Bikin Glowingnakedtruthbeauty.com

Kamu mungkin tak asing lagi dengan metode cabut bulu bernama sugar wax. Ternyata metode ini pertama kali digunakan oleh bangsawan Persia pada tahun 1900 SM. Sugaring ini digemari karena lebih lembut dan tidak menyakitkan jika dibandingkan dengan waxing. Selain itu, efek sampingnya pun minim.

Metode ini bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Cukup campurkan gula, madu, dan perasan lemon. Oleskan tebal-tebal ke area yang ingin dicabut bulu, diamkan beberapa menit, kemudian cabut dengan bantuan kain kasa. 

7. Masker siput ala wanita Koreadan Tiongkok

Ini 8 Perawatan Kulit Bangsawan Zaman Dulu yang Ampuh Bikin Glowingnymag.com

Snail mucin atau lendir siput adalah andalan para wanita Korea dan Tiongkok. Para skincare junkie pasti tak asing lagi dengan bahan yang satu ini. Walaupun terdengar aneh dan sedikit menggelikan, lendir siput memang memiliki khasiat yang baik untuk kulit, lho.

Dilansir dari Korean Skincare Tips, ternyata snail mucin memiliki sifat anti-inflammatory yang kuat. Ia dapat menyembuhkan jerawat, memperbaiki lapisan kulit yang rusak, hyperpigmentation, serta sangat baik sebagai anti-aging

Sementara kita tak bisa mendapatkan lendir siput yang asli, sekarang ini banyak kok produk skincare yang berbahan dasar itu. Mulai dari toner, krim, serum, hingga masker. Coba saja sesuai dengan kebutuhanmu. 

8. Masker andalan bangsa Romawi

Ini 8 Perawatan Kulit Bangsawan Zaman Dulu yang Ampuh Bikin Glowingitalymagazine.com

Lain Korea Selatan, lain pula bangsa Romawi. Mereka memiliki rahasia kecantikannya sendiri. Salah satu dari itu adalah masker wajah racikan sendiri. Mengutip Beautiful with Brains, mereka mencampurkan daun barley, madu, kacang lentil, adas, minyak, biji oregano, belerang, cuka, minyak angsa, daun basil, dan hawthorn. Banyak sekali, ya!

Semua bahan tersebut memang baik untuk kulit kita, apalagi semuanya terbuat dari bahan alami. Kulit akan jadi lebih lembap, kencang, cerah, dan putih, seperti yang diinginkan oleh para wanita Romawi.

Menemukan deretan bahan di atas memang tidak mudah. Jika kamu ingin menirunya, gunakan saja bahan yang kamu miliki. Kemudian campurkan dengan air mawar. Setelah itu, oleskan secara merata di wajahmu. Jika ingin jalan yang lebih instan, gunakan saja sheet mask atau masker bubuk yang mengandung bahan-bahan tersebut. 

Itulah sejumlah rahasia perawatan kulit yang dilakukan oleh wanita bangsawan zaman dulu. Semuanya terbuat dari bahan yang alami jadi relatif lebih aman untuk kulit kita. Jadi, yang mana nih yang ingin kamu coba duluan?

Baca Juga: 7 Obat Terlarang yang Dulu Dipercaya Ampuh Sembuhkan Penyakit, Ngeri!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya