Comscore Tracker

Kamu yang Suka Begadang, Waspadai 7 Efek Negatif Ini Bagi Kesehatanmu

Bikin nggak sehat, lho!

Tidur merupakan proses penting dalam tubuh yang akan berpengaruh terhadap fungsi dan kinerja seluruh organ tubuh. Berbagai masalah fisik seperti sakit kepala, kurang energi dan juga mata berair/merah sering kita alami karena kurang tidur. Nah, agar lebih jelas dan lebih mendetail, terkait efek samping kurang tidur, maka silahkan simak ulasan berikut ini.

Kulit Kusam.

Kamu yang Suka Begadang, Waspadai 7 Efek Negatif Ini Bagi KesehatanmuDull Skin

Seseorang yang  sering mengalami kurang tidur  berakibat munculnya warna hitam di area lingkar mata. Selain itu efek kurang tidur juga memicu munculnya jerawat.

Hal disebabkan tubuh lebih banyak melepaskan hormon kortison akibat  kurang tidur. Jenis hormon ini akan membuat kolagen dalam kulit menjadi pecah. Dalam rentang waktu yang cukup lama, kondisi ini akan membuat kulit tidak bersinar.

Fungsi Kognitif yang Melambat.

Kamu yang Suka Begadang, Waspadai 7 Efek Negatif Ini Bagi Kesehatanmubicarawanita

Otak dan fungsi kognitif akan sulit bekerja  secara maksimal karena  waktu tidur yang kurang. Beberapa kebiasaan sering lupa dan bingung merupakan hal-hal yang menandai semakin lambatnya fungsi kognitif dalam otak.

Sebaiknya ciptakan waktu tidur yang berkualitas agar otakmu dapat bekerja dengan baik.

Stres dan Kelelahan Fisik.

Kamu yang Suka Begadang, Waspadai 7 Efek Negatif Ini Bagi Kesehatanmutheinertia.com

Salah satu efek kurang tidur yang mempengaruhi kondisi fisik  adalah  tubuh mengalami kelelahan. Waktu tidur yang kurang dengan aktivitas yang sangat padat menimbulkan tubuh mudah lelah dan tingkat stress yang tinggi.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu mengupayakan waktu tidur yang berkualitas. Dengan waktu tidur yang berkualitas proses pembaharuan sel dan perbaikan kerja otot akan berjalan dengan baik.

Mempercepat Penuaan Dini.

Kamu yang Suka Begadang, Waspadai 7 Efek Negatif Ini Bagi Kesehatanmuconsumerhealthdigest.com

Tulang yang cepat kropos dan wajah yang terlihat tua juga merupakan efek kurang tidur yang sering dialami para remaja hingga orang dewasa. Hal ini berkaitan dengan produksi hormon kortisol yang semakin meningkat pada seseorang yang kurang tidur.

Kondisi kurang tidur juga mengakibatkan berkurangnya produksi hormon pertumbuhan yang mampu memperkuat tulang, meningkatkan massa otot dan menebalkan kulit.

Perut Buncit Disertai dengan Kenaikan Berat Badan.

Kamu yang Suka Begadang, Waspadai 7 Efek Negatif Ini Bagi Kesehatanmuperut buncit

Proses metabolisme dalam tubuh semakin melambat karena waktu tidur yang kurang. Hal ini ditandai dengan sulitnya proses pencernaan gula yang kita konsumsi setiap hari.

Seseorang yang memiliki waktu tidur kurang biasanya mengalami rasa lapar pada jam-jam tertentu secara tidak teratur. Kondisi ini menyebabkan pola makan menjadi kurang sehat karena konsumsi makanan secara berlebihan sering terjadi. Tanpa disadari berat badan semakin naik dan perut menjadi semakin buncit akibat timbunan lemak dalam tubuh.

Kantung Mata.

Kamu yang Suka Begadang, Waspadai 7 Efek Negatif Ini Bagi Kesehatanmukantung mata

Kalau kamu kurang tidur selama 2 hari sampai 3 hari anda akan menyadari bahwa wajahmu akan terlihat sangat lelah dan tidak segar.

Hal ini akan merusak penampilanmu jika timbul kantung mata yang agak hitam pada bagian bawah mata.

Depresi dan Gangguan Psikologis.

Kamu yang Suka Begadang, Waspadai 7 Efek Negatif Ini Bagi Kesehatanmutheactivetimes.com

Ternyata, dalam banyak penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur menyebabkan ganggung psikologis. Ini juga termasuk akan membuat depresi.

Biasanya, orang yang kurang tidur moodnya menjadi tidak stabil. Ditambah dengan fungsi kognitif yang menurun akan membuatnya gampang emosional atau marah. Ini tidak lain karena mekanisme pengontrolan di dalam dirinya berkurang.

Depresi ini juga akan mudah didapatkan bagia mereka yang sudah mengalami insomnia berat. Sedangkan insomnia sendiri biasanya berawal dari kurang tidur, ritme tidur yang tidak teratur dan permasalahan psikologis lainnya.

Nah, daripada kena efek-efek negatif tersebut, mulai sekarang atur waktu tidurmu, ya!

Izzati Islamiyah Photo Community Writer Izzati Islamiyah

Mencintai tulis menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You