Comscore Tracker

5 Cara Paling Mudah Atasi Gusi Berdarah, Patut Dicoba!

Ampuh untuk menghentikan pendarahan pada gusi

Banyak penyebab terjadinya gusi berdarah setelah menggosok gigi. Beberapa di antaranya adalah menyikat gigi terlalu kuat, kurang vitamin, cedera atau juga peradangan. Peradangan yang terjadi dalam mulut memungkinkan gusi mengalami pembengkakan, kemerahan dan juga nyeri.

Dengan begitu gusi akan mudah berdarah saat kamu menyikat gigi. Namun, kamu tidak perlu panik karena gusi berdarah bisa diatasi dengan beberapa cara mudah berikut ini.

1. Menjaga kebersihan mulut dan gigi

5 Cara Paling Mudah Atasi Gusi Berdarah, Patut Dicoba!Freepic/Diana.grytsku

Gusi berdarah bisa disebabkan oleh kondisi kebersihan mulut yang kurang baik. Penumpukan plak di sepanjang garis gusi mengakibatkannya rentan mengalami bengkak, peradangan dan berdarah. Plak merupakan lapisan lengket mengandung bakteri yang menutupi gigi dan gusi.

Penumpukan plak dapat mempermudah penyebaran bakteri yang menyebabkan sakit gusi serta kerusakan gigi. Oleh karena itu kamu harus membershihkan mulut secara rutin dengan menggunakan benang gigi sekali sehari dan menggosok gigi minimal dua kali sehari.

2. Berkumur menggunakan hidrogen peroksida

5 Cara Paling Mudah Atasi Gusi Berdarah, Patut Dicoba!Freepic/asier-relampago

Berkumur menggunakan obat kumur yang memiliki kandungan hidrogen peroksida akan membantu membersihkan plak pada gigi. Sehingga dapat meningkatkan kesehatan gigi dan  menghentikan pendarahan pada gusi. Kamu bisa menggunakan obat kumur setelah menggosok gigi, tetapi harus diingat jika obat kumur tersebut tidak boleh sampai tertelan.

3. Meningkatkan asupan vitamin C

5 Cara Paling Mudah Atasi Gusi Berdarah, Patut Dicoba!Freepic/ArthurHidden

Kekurangan vitamin C dapat menjadikanmu rentan mengalami gusi berdarah. Oleh karena itu kamu perlu mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin C untuk membantu melawan infeksi penyebab terjadinya gusi berdarah. Penuhi asupan vitamin C harian minimal 65 sampai 90 miligram setiap harinya. Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi di antaranya adalah tomat, jeruk, wortel dan paprika.

Baca Juga: 9 Tips Merawat Gusi Berdarah, Awas Jangan Salah Langkah

4. Berkumur menggunakan air garam

5 Cara Paling Mudah Atasi Gusi Berdarah, Patut Dicoba!Pixabay

Salah satu bumbu dapur yang dipercaya dapat mengurangi peradangan dan menghambat pertumbuhan bakteri pada mulut adalah garam. Gunakan air hangat yang dicampuri garam sebagai obat bilas mulut. Apabila terdapat trauma atau cedera, air garam  juga mampu membersihkan bakteri penyebab infeksi luka pada mulut lho! Lakukan kumur sebanyak tiga sampai empat kali sehari. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari gangguan gusi berdarah.

5. Minum teh hijau setiap hari

5 Cara Paling Mudah Atasi Gusi Berdarah, Patut Dicoba!Pixabay

Salah satu cara ampuh untuk atasi gusi berdarah adalah dengan minum teh hijau setiap hari. Hal ini berguna untuk menghentikan pendarahan pada gusi. Kandungan cetechin antioksidan alami pada teh hijau mampu menurunkan respons peradangan tubuh terhadap bakteri yang terdapat di mulut. Sehingga dapat mencegah dan mengatasi munculnya penyakit pada mulut dan gusi. Namun, tidak dianjurkan mengonsumsinya lebih dari empat cangkir dalam sehari, ya!

Beberapa cara tersebut sangat mudah untuk diterapkan, kan? Namun, apabila pendarahan masih saja berlanjut dan intensitasnya menjadi lebih sering, sebaiknya kamu segera melakukan pemeriksaan ke dokter gigi, ya!

Baca Juga: 7 Obat Radang Gusi yang Ampuh, Kamu Sudah Pernah Coba?

Keza Felice Photo Verified Writer Keza Felice

Author Asrama Hagers. Suka ngemil, suka jajan, suka kopi, dan suka horor❤

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya