Comscore Tracker

5 Makanan Pereda Nyeri Haid yang Paling Mudah Ditemukan

Nyeri haid bisa diatasi dengan mudah, lho

Beberapa makanan pereda nyari haid berikut ini bisa jadi salah satu solusi nyeri haid. Saat menstruasi mungkin kamu sering merasa tidak nyaman, mudah lapar, perut kembung, mood yang tidak stabil, tubuh  menjadi lemas, pusing, mual, hingga kram pada perut. Namun, kamu tidak perlu khawatir sebab hal ini terjadi akibat perubahan hormon dalam tubuh pada saat terjadinya menstruasi.

Apabila gejala menstruasi masih tergolong ringan, kamu dapat mengatasinya dengan memperbanyak mengonsumsi air putih, istirahat yang cukup, serta mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui beberapa jenis makanan pereda nyeri haid yang mudah ditemukan.

1. Yoghurt rendah lemak

5 Makanan Pereda Nyeri Haid yang Paling Mudah DitemukanIlustrasi yoghurt (Pexels/Ella Olsson)

Salah satu makanan yang bisa diandalkan untuk mengatasi nyeri saat menstruasi yakni yoghurt rendah lemak. Pasalnya, yoghurt mempunyai kandungan kalsium dan diperkaya akan kandungan magnesium. Hal ini menjadikan yoghurt cukup dianjurkan untuk dikonsumsi bagi wanita yang tengah menstruasi.

Dengan secangkir yoghurt dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian sebanyak 25 persen. Kandungan probiotik yang terdapat pada yoghurt juga dapat membantu mengurangi risiko terserang infeksi jamur selama masa menstruasi.

2. Pisang

5 Makanan Pereda Nyeri Haid yang Paling Mudah DitemukanIlustrasi pisang (Pexels/Juan Salamanca)

Buah dengan cita rasa manis ini mempunyai kandungan vitamin B6 yang sangat melimpah. Sedangkan kandungan kalium yang terdapat di dalamnya juga mampu mengatasi kram dan kembung pada perut.

Adanya kandungan vitamin dan juga potasium pada buah pisang dianggap efektif dalam memperbaiki mood dan meningkatkan pergerakan otot. Dengan begitu, kram perut bisa dihindari sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman.

Baca Juga: 5 Tips Meredakan Nyeri Haid secara Alami Tanpa Minum Obat, Tokcer!

3. Kacang-kacangan

5 Makanan Pereda Nyeri Haid yang Paling Mudah Ditemukanilustrasi kacang-kacangan (Pexels/Mike)

Bukan hanya cocok menjadi camilan, ternyata kacang-kacangan juga mampu membantu mengatasi nyeri haid.  Hal ini dikarenakan kacang-kacangan mempunyai kandungan vitamin B6 serta magnesium yang dapat meredakan gejala nyeri menstruasi.

Apabila tak suka mengonsumsi kacang-kacangan secara langsung, maka cobalah untuk menikmati selai kacang pada roti favoritmu saat mengalami menstruasi. Ini juga akan membantu memperbaiki mood yang buruk.

4. Brokoli

5 Makanan Pereda Nyeri Haid yang Paling Mudah DitemukanIlustrasi brokoli (Pexels/Pixabay)

Sayuran hijau dapat menjadi pilihan yang baik untuk meredakan nyeri menstruasi. Kandungan magnesium di dalamnya mampu mengurangi rasa gelisah yang mungkin saja kamu rasakan saat datang bulan.

Seperti halnya brokoli yang mempunyai berbagai kandungan nutrisi yang terbukti dapat membantu melawan kram mestruasi, di antaranya vitamin C, vitamin B6, vitamin A, vitamin E, kalium, kalsium, serta magnesium. Brokoli juga dapat menstabilkan sistem pencernaan, dan juga menjadi sumber serat yang baik untuk membantu mengatur kadar ekstrogen.

5. Semangka

5 Makanan Pereda Nyeri Haid yang Paling Mudah Ditemukanilustrasi semangka (Pexels/Elle Hughes)

Semangka menjadi buah-buahan yang  mampu meredakan nyeri haid. Buah yang identik dengan daging berwarna merah cerah ini mempunyai banyak kandungan air sehingga mampu membuat tubuh tetap terhidrasi. Sehingga gejala seperti sakit kepala maupun kram perut ketika menstruasi dapat dihindari.

Itulah beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi untuk meredakan rasa nyeri saat haid. Meskipun demikian, sebaiknya kamu tidak berlebihan untuk menghindari kemunculan risiko kesehatan lainnya.

Baca Juga: Resep Jamu Kunyit Asam, Ampuh Atasi Nyeri Haid

Keza Felice Photo Verified Writer Keza Felice

Author | Content Writer | Ghost Writer | Ig: @Keza236_queen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya