Comscore Tracker

6 Rempah Ini Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Biar gak selalu bergantung pada obat-obatan

Darah tinggi bukan hanya bisa menyerang mereka yang sudah lanjut usia. Penyakit ini bisa terjadi pada anak muda khususnya generasi millenial. Darah tinggi alias hipertensi bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti faktor genetik atau gaya hidup yang tidak sehat. Pola makan tentunya sangat berpengaruh loh dalam mengundang penyakit hipertensi. 

Mulai sekarang selipkan beberapa makanan di bawah ini deh untuk menurunkan darah tinggi dan mencegah berbagai penyakit serius yang bisa saja datang karena hipertensi. 

1. Kunyit

6 Rempah Ini Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggicompendium.com

Curcumin adalah bagian terpenting yang ada dalam kunyit. Curcumin membuat warna kuning pada kunyit dan punya manfaat terbatas untuk tubuh. Seperti memperlancar penyumbatan darah dan mencegah penegangan pada pembuluh darah dan arteri.

2. Bawang Putih

6 Rempah Ini Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggibesthomecaretips.com

Jika orang tuamu mengonsumsi banyak bawang putih untuk mengobati darah tingginya berarti itu tindakan yang benar. Bawang putih punya segudang manfaat bagi kesehatan khususnya masalah hipertensi. Mereka memiliki antioksidan yang bisa membersihkan plak di dinding arteri, merendahkan tekanan kolesterol, tekanan darah tinggi dan memperkuat sistem kardiovaskular.

3. Kayu Manis

6 Rempah Ini Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggiorganicauthority.com

Kayu manis menjadi bahan yang sering digunakan dalam memasak kue. Tapih tahukah kamu bila kayu manis ternyata mampu mengobati hipertensi? Kayu manis memiliki senyawa cinnamaldehyde yang menjadi antioksidan kuat. Dengan begitu kolesterol hingga darah tinggi bisa diatasi dengan ampuh. 

Baca Juga: 5 Jenis Rempah yang Manfaatnya Dipercaya Bisa Menurunkan Risiko Kanker

4. Kapulaga

6 Rempah Ini Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggichaorganics.com

Rempah khas asia kapulaga bisa menurunkan tekanan darah tinggi lho. Kapulaga bekerja sebagai pereda stress dan depresi yang bisa memicu hipertensi. Kalau kamu rajin mengonsumsinya ada keuntungan lain yang bisa kalian dapat, yaitu kecilnya kemungkinan terjadi penyakit komplikasi kardiovaskular seperti serangan jantung atau stroke.

5. Teh Hijau

6 Rempah Ini Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggiwednesdaymorningcoffee.com

Jika teh biasa kurang baik diminum karena bisa menyebabkan nutrisi baik terserap dan gigi menjadi kuning, beralihlah ke teh hijau. Teh yang memiliki rasa lebih pahit ini menyimpan efek penenang dan bisa membantumu terhindar dari darah tinggi. Teh hijau tinggi antioksidan sehingga berfungsi sebagai pencegah darah tinggi yang ampuh.

6. Kemangi

6 Rempah Ini Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggigetsickcure.com

Kemangi punya dua zat bermanfaat yang sangat dibutuhkan para penderita hipertensi. Ialah asam ursolat dan eugenol yang berperan sebagai penurun tekanan darah tinggi dan membantu menenangkan pikiran serta tubuh, sehingga tidak memicu terjadinya tekanan darah tinggi secara tiba-tiba.

Darah tinggi merupakan penyakit serius yang bisa menyebabkan kematian. Daripada bergantung kepada obat-obatan yang mengandung zat kimia dan menimbulkan penyakit lain lebih baik tempuh cara tradisional dengan mengonsumsi rempah-rempah di atas tadi. 

Baca Juga: 7 Makanan yang Harus Dihindari Bagi Penderita Hipertensi

Keenanthy Photo Community Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You