Comscore Tracker

7 Kebiasaan di Kamar Mandi yang Berisiko Bagi Kesehatan, Jangan Abai!

Yakin cara mandimu sudah benar?

Mandi menjadi salah satu rutinitas yang dilakukan setiap hari. Meskipun begitu, kegiatan ini tidak luput dari kebiasaan buruk yang akan berdampak bagi kesehatan. 

Contohnya, kebiasaan mandi yang terlalu lama. Bukannya makin bersih, mandi dengan durasi yang terlalu lama akan membuat kulitmu menjadi kering. Tidak hanya itu, ada beberapa kebiasaan buruk di kamar mandi yang mungkin sering kamu lakukan. 

Berikut ini beberapa kebiasaan buruk di kamar mandi yang akan berisiko bagi kesehatanmu! Simak sampai habis, ya.

1. Keramas setiap hari

7 Kebiasaan di Kamar Mandi yang Berisiko Bagi Kesehatan, Jangan Abai!ilustrasi keramas (pexels.com/Armin Rimoldi)

Kebutuhan mencuci rambut atau keramas pada setiap orang memang berbeda-beda. Akan tetapi, tetap saja keramas setiap hari tidak disarankan karena akan berdampak bagi kesehatan rambutmu. 

Dilansir Cleveland  Clinic, keramas terlalu sering dapat menyebabkan rambut menjadi kering, rapuh, bahkan membuat kulit kepala menjadi gatal. Biasanya, rata-rata kebutuhan keramas adalah sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. 

2. Membawa gadget ke kamar mandi

7 Kebiasaan di Kamar Mandi yang Berisiko Bagi Kesehatan, Jangan Abai!ilustrasi membawa HP di kamar mandi (freepik.com/senivpetro)

Kamu tentu tahu bahwa kamar mandi adalah tempat yang penuh bakteri. Lalu, apa jadinya jika kamu membawa smartphone atau gadget lainnya ke dalam kamar mandi? Kebiasaan ini hanya akan menjadikannya sebagai sarana penyebaran bakteri. 

"Ada begitu banyak bakteri di seluruh bagian kamar mandi. Mulai dari gagang pintu, tuas pembilas toilet (flush), dudukan toilet, hingga keran air. Kamu memang mencuci tanganmu tetapi, kamu tidak membersihkan ponselmu," kata Jamin Brahmbhatt, M.D., seorang dokter urologi di Florida seperti dikutip dari Health

3. Asal menggunakan sabun mandi

7 Kebiasaan di Kamar Mandi yang Berisiko Bagi Kesehatan, Jangan Abai!ilustrasi sabun (pexels.com/cottonbro)

Kebiasaan di kamar mandi lainnya yang dapat berisiko pada kesehatan adalah kesalahan dalam memilih sabun mandi. Padahal sabun adalah komponen penting untuk membersihkan kulitmu dari kotoran, keringat dan minyak kulit. 

Dilansir Verywell Health, penting untuk menggunakan sabun sesuai jenis kulitmu. Salah dalam memilihnya akan dapat merusak kesehatan kulit. Permukaannya jadi kering, mudah iritasi, dan gatal. Untuk itu, perhatikan kandungan yang terdapat dalam sabun mandimu.

Baca Juga: Selain Jorok, Ini 8 Efek Buruk untuk Kamu yang Jarang Mandi

4. Sering mandi menggunakan air hangat

7 Kebiasaan di Kamar Mandi yang Berisiko Bagi Kesehatan, Jangan Abai!ilustrasi mandi air panas (pexels.com/Leah Kelley)

Mandi air hangat memang memiliki manfaat bagi kesehatan. Dilansir Healthline, hal ini dapat mengurangi stres dan meredakan ketegangan tubuh sehingga rasa lelah pun hilang. Namun, terlalu sering mandi air hangat akan mengikis minyak alami kulit sehingga menjadi kering.

Tak hanya itu, bagi orang yang memiliki masalah kulit seperti eksim, psoriasis dan rosacea harus menghindari mandi air hangat. Sebab kebiasaan ini hanya akan memperburuk gejala. 

5. Durasi mandi yang terlalu lama

7 Kebiasaan di Kamar Mandi yang Berisiko Bagi Kesehatan, Jangan Abai!ilustrasi berendam (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Banyak orang yang senang untuk berlama-lama dan menghabiskan waktunya untuk mandi. Sayangnya, kebiasaan tersebut dapat mengurangi kelembapan kulit. 

Dilansir dari American Academy of Dermatology, waktu mandi yang disarankan hanyalah 10 menit. Masih ingin mandi terlalu lama? Kulitmu juga akan jadi lebih sensitif jika kebiasaan ini masih dipertahankan. 

6. Menggosokan handuk terlalu keras

7 Kebiasaan di Kamar Mandi yang Berisiko Bagi Kesehatan, Jangan Abai!ilustrasi handuk (pexels.com/Dom J)

Mengeringkan tubuh memang menjadi salah satu bagian penting dari rutinitas mandi. Untuk itu, kamu perlu mengeringkan tubuhmu menggunakan handuk secara perlahan dengan cara menepuk-nepuknya.

Hindari menggosokan handuk terlalu keras pada kulitmu. Alih-alih menjadi lebih cepat kering, kebiasaan ini justru akan membuat kulit kering dan memicu iritasi.

7. Jarang mengganti sikat gigi

7 Kebiasaan di Kamar Mandi yang Berisiko Bagi Kesehatan, Jangan Abai!ilustrasi menganti sikat gigi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengganti sikat gigi secara rutin merupakan kebiasaan yang harus diterapkan. Dilansir American Dental Association, kamu harus melakukannya setiap 3 bulan sekali. Jika bulu sikat gigi sudah rusak sebelum periode tersebut, segera ganti dengan yang baru. Sebab bulu yang rusak tidak efektif untuk membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan. 

Nah, itulah beberapa kebiasaan di kamar mandi yang ternyata berdampak negatif bagi kesehatan. Jika salah satu kebiasaan tersebut masih sering kamu lakukan, alangkah baiknya, untuk segera mengubah kebiasaan tersebut. Ini demi kesehatan kamu juga, lho!

Baca Juga: Jantung Sehat, Ini Fakta Ilmiah Manfaat Mandi Air Hangat

I am Lavennia Photo Verified Writer I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya