Comscore Tracker

Biar Gak Kambuh Lagi, Ini 5 Tips Sederhana buat Penderita Eksim

Ada aturan mandi yang harus diperhatikan, lho

Eksem, atau awam mengenalnya eksim, adalah penyakit kulit yang bisa menyerang siapa, termasuk bayi sekalipun. Tak jarang saat kambuh akan membuat aktivitas penderitanya terganggu akibat rasa gatal yang ditimbulkannya.

Eksim atau dermatitis adalah penyakit kulit kronis yang mudah kambuh. Biasanya, eksim akan kambuh bila ada pemicu yang dapat membuat kulit menjadi iritasi. Namun, jangan cemas, ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan supaya eksim gak sering kambuh. Apa saja?

1. Aturan mandi harus diperhatikan

Biar Gak Kambuh Lagi, Ini 5 Tips Sederhana buat Penderita Eksimpexels.com/Taryn Elliott

Menurut keterangan dari National Eczema Association (NEA), ada beberapa aturan mandi bagi orang-orang dengan eksim, yaitu harus memperhatikan suhu air.

Mandi dengan air yang terlalu panas dapat menyebabkan hilangnya sebum (minyak alami) kulit, yang akan membuat kulit jadi kering, sehingga mudah mengalami iritasi.

Selain itu, durasi mandi juga harus diperhatikan. Mandi yang terlalu lama bisa memicu kekambuhan eksim akibat guyuran air dan bahan kimia yang terdapat pada sabun. Durasi mandi yang dianjurkan adalah sekitar 5-10 menit.

2. Jangan asal pakai detergen

Biar Gak Kambuh Lagi, Ini 5 Tips Sederhana buat Penderita EksimIlustrasi detergen. freepik.com/freepik

Melansir Healthline, detergen mengandung banyak bahan kimia yang dapat membuat kulitmu menjadi iritasi. Detergen memiliki senyawa kimia surfaktan, paraben, zat pewangi, dan masih banyak lagi.

Khusus buat orang-orang dengan eksem, takaran detergen harus benar-benar diperhatikan. Penggunaan detergen secara berlebihan hanya akan meninggalkan residu pada pakaian.

Orang-orang dengan eksim biasanya memiliki kulit yang sensitif dan kering, sehingga rentan mengalami iritasi kulit akibat bahan kimia detergen dan residu yang mengendap pada pakaian.

Baca Juga: 7 Cara Alami untuk Meredakan Gejala Eksim, Cobain agar Tak Makin Parah

3. Apa yang kamu makan juga patut diperhatikan

Biar Gak Kambuh Lagi, Ini 5 Tips Sederhana buat Penderita Eksimpexels.com/Pixabay

Melansir Everyday Health, walaupun faktor alergi makanan bukan penyebab utama kambuhnya eksim. Namun, beberapa jenis makanan dapat memicu eksim untuk kambuh kembali bagi mereka yang memiliki alergi makanan tertentu. 

Selain itu, berdasarkan laporan dalam jurnal Journal of Investigative Dermatology tahun 2013, bayi dengan eksim memiliki risiko lebih tinggi memiliki alergi makanan. Para peneliti juga menjelaskan bahwa kerusakan pada pelindung kulit dapat menyebabkan respons imun alergi pada makanan.

Sejumlah makanan yang bisa memicu eksim kambuh di antaranya:

  • Telur
  • Kerang
  • Susu sapi serta produk olahan susu (yoghurt, keju, dan sebagainya)
  • Makanan yang mengandung gluten

Jadi, sangat penting untuk mengetahui apakah kamu memiliki alergi makanan tertentu.

4. Jauhi pakaian yang terbuat dari bahan wol dan ganti baju secara berkala

Biar Gak Kambuh Lagi, Ini 5 Tips Sederhana buat Penderita Eksimfreepik.com/tirachardz

Masih berdasarkan keterangan dari NEA, pakaian yang terbuat dari katun adalah yang paling dianjurkan untuk orang-orang dengan eksim. Ini karena kain katun bersifat lembut, mudah menyerap keringat, sehingga membuat kulit lebih mudah untuk "bernapas".

Hindari pakaian berbahan wol. Sifat kain wol yang dapat mengikat panas, sehingga membuat kulit mudah berkeringat dan rentan mengalami iritasi.

Selain katun, bahan pakaian lain yang dianjurkan untuk orang dengan eksim adalah rayon.

Tak cuma itu, disarankan juga untuk ganti baju lebih sering khususnya pada orang-orang yang mudah berkeringat.

5. Jaga kebersihan kuku

Biar Gak Kambuh Lagi, Ini 5 Tips Sederhana buat Penderita Eksimunsplash.com/David Fanuel

Kuku yang tidak terjaga kebersihannya dapat menjadi sarang berkembang biaknya berbagai kuman, baik virus maupun bakteri penyebab penyakit.

Untuk orang-orang dengan eksim, memiliki kuku yang panjang sangat tidak disarankan. Mengingat bila kambuh kulit akan terasa sangat gatal, memiliki kuku panjang akan membuatmu lebih rentan menggaruk kulit. Nah, menggaruknya malah bisa memperparah kondisi, bahkan bisa menyebabkan infeksi.

Bahkan, penderita eksim juga dianjurkan untuk menggunakan sarung tangan saat tidur untuk mencegah menggaruk kulit saat terlelap.

Itulah beberapa tips sederhana agar eksim tak sering kambuh. Satu hal lagi yang tak kalah penting, mampu mengelola stres baik juga merupakan salah satu cara untuk mencegah kekambuhan kondisi kulit kronis ini.

 

Baca Juga: Bolehkah Kita Menyentuh Pipi Bayi? Ketahui 7 Fakta Dermatitis Atopik

I am Lavennia Photo Writer I am Lavennia

*writing*

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya