Comscore Tracker

5 Fakta tentang Tidur Malam yang Perlu Kamu Tahu

Kamu juga butuh tidur nyenyak

Siapa lagi yang suka begadang, nih? Pastinya banyak ya, apalagi dikala pekerjaan menumpuk. Begadang menjadi opsi terbaik agar pekerjaan itu bisa segera terselesaikan. Padahal, tidur yang cukup sangat bagus untuk mengembalikan stamina tubuh pada keesokan hari.

Jika selama ini kamu sering menyepelekan waktu tidur, mudah-mudahan dengan membaca fakta tidur berikut ini, kamu mau memperbaiki jam tidurmu ya!

1. Tubuh butuh waktu untuk menyesuaikan dengan jam tidur

5 Fakta tentang Tidur Malam yang Perlu Kamu Tahupexels.com/@ivan-obolensky-49889

Tubuh gak serta-merta langsung tertidur saat kamu merebahkan tubuh di atas kasur. Tubuh perlu menyesuaikan dari segi waktu agar bisa tertidur lelap. Adapun waktu yang dibutuhkan tubuh sebelum tertidur lelap adalah 30-60 menit setiap hari.

2. Mata menjadi sulit terpejam bila waktu tidur di atas jam 12 malam

5 Fakta tentang Tidur Malam yang Perlu Kamu Tahuunsplash.com/Priscilla Du Preez

Kenapa kamu yang jarang begadang tiba-tiba sulit tertidur di malam hari? Mungkin karena waktu tidurmu yang sudah melebihi batas, terutama jika jamnya sudah melewati jam 12 malam. Biar gak menjadi kebiasaan, usahakan tidur lebih cepat setiap hari. Tugas-tugas yang belum sempat terselesaikan bisa kamu lanjutkan keesokan hari.  

3. Tidur lebih awal bagus untuk kesehatan

5 Fakta tentang Tidur Malam yang Perlu Kamu Tahuunsplash.com/Alan KO

Semakin cepat kamu tidur, maka semakin banyak tubuhmu beristirahat. Hal ini sangat bagus untuk mencegah timbulnya penyakit. Tidak hanya itu saja, tidur lebih awal juga membuatmu lebih bertenaga di hari berikutnya.  Alhasil, kamu jadi lebih bersemangat saat menjalani hari-hari.

Baca Juga: 5 Gangguan Tidur Ini Termasuk dalam Parasomnia Lho

4. Dilarang mengonsumsi apapun sebelum tidur

5 Fakta tentang Tidur Malam yang Perlu Kamu Tahuunsplash.com/Peter Hershey

Menidurkan tubuh memang paling gampang saat perut sudah terisi. Tapi, kamu harus waspada terhadap risiko obesitas, ya! Apalagi kalau makanan yang kamu konsumsi menjelang tidur mengandung gula, lemak, dan kafein yang tinggi.

5. Tidur yang cukup mendorong produktivitas kerja

5 Fakta tentang Tidur Malam yang Perlu Kamu Tahuunsplash.com/bruce mars

Tidur lebih awal membantumu untuk bangun lebih awal pula, sehingga banyak hal yang bisa kamu kerjakan pada keesokan pagi. Dengan demikian, kamu bisa jadi lebih produktif deh!

Dengan membaca fakta tidur malam di atas, apa kamu yakin masih mau tidur sampai larut malam?

Baca Juga: Waspadai 10 Bahaya Ganguan Kesehatan Jika Kalian Kurang Tidur 

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya