Comscore Tracker

5 Makanan yang Kaya Akan Air, Baik Dikonsumsi Selama Puasa

Biar kebutuhan cairan tetap terpenuhi, guys!

Hal yang sangat wajar bila tubuhmu dehidrasi di bulan puasa ini. Sebab, kamu tidak boleh makan dan minum apapun sebelum waktu berbuka tiba.

Dehidrasi tidak hanya membuatmu gelisah dan tidak bersemangat dalam beraktivitas, tapi juga dapat mengurangi kelembapan kulitmu.

Tapi tenang, kamu bisa mengonsumsi 5 makanan berikut untuk menghilangkan dehidrasi. Sebab, makanan ini mengandung banyak air yang bagus untuk tubuhmu.

1. Semangka

5 Makanan yang Kaya Akan Air, Baik Dikonsumsi Selama Puasaunsplash.com/煜翔 肖

Gak ada lagi yang meragukan kelimpahan air yang ada dalam buah semangka. Kandungan air sebanyak 91% di dalamnya tidak hanya menghilangkan rasa haus, tapi juga baik untuk mengurangi nafsu makan dan melawan penyakit.

Selain mengandung air yang melimpah, buah semangka juga kaya akan Vitamin C, magnesium, antioksidan, dan Vitamin A, lho!

2. Paprika

5 Makanan yang Kaya Akan Air, Baik Dikonsumsi Selama Puasaunsplash.com/gabriel ghnassia

Kandungan air di dalam paprika jauh lebih tinggi daripada semangka, yakni 90%-93,9%. Selain itu, paprika juga mengandung kalium, serat, vitamin B, dan vitamin C yang baik untuk tubuhmu.

Tertarik mengonsumsi paprika selama bulan puasa? Sebaiknya campurkan dengan salad agar rasanya lebih nikmat. Bila perlu campurkan yogurt di atasnya.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Dehidrasi Saat Puasa Ramadan, Jangan Sampai Kurang Air

3. Tomat

5 Makanan yang Kaya Akan Air, Baik Dikonsumsi Selama Puasaunsplash.com/elaine casap

Kandungan air di dalam buah tomat sudah tidak perlu diragukan. Sangkin banyaknya air di dalamnya, kamu tidak perlu menambahkan air lagi saat ingin memblender buah tomat ini. Selain kaya akan air, tomat juga mengandung antioksidan, vitamin A, dan vitamin C.

Konsumsi tomat setidaknya 1-2 buah per hari. Kamu bisa langsung menggigitnya begitu saja tanpa dicampur bahan apapun. Kalau tidak suka, kamu bisa menjadikannya segelas jus yang segar.

4. Nanas

5 Makanan yang Kaya Akan Air, Baik Dikonsumsi Selama Puasaunsplash.com/brooke lark

Buah nanas memberikan efek segar setelah dikonsumsi. Kenapa? Jelas karena nanas kaya akan kandungan air di dalamnya. Ada sekitar 87% air yang terdapat di dalam satu buah nanas yang utuh.

Selain air, nanas juga mengandung antioksidan, vitamin C, serat, dan zat mangan yang bagus untuk menguatkan tulangmu.

5. Timun

5 Makanan yang Kaya Akan Air, Baik Dikonsumsi Selama Puasaunsplash.com/natalie rhea riggs

Diantara buah di atas, maka timunlah yang mempunyai kandungan air tertinggi. Tidak tanggung-tanggung, kandungan airnya bisa mencapai 96%, lho! Selain mengandung air, timun juga mengandung serat dan zat flavonoid yang cukup bagus untuk perkembangan otak.

Dijadikan pencuci mulut, acar, ataupun jus, kenikmatan mentimun tidak akan bisa disaingi. Apalagi kalau timunnya dingin, yum!

Dehidrasi? No way! Sebab, makanan di atas bisa menyelamatkanmu dari dehidrasi saat puasa.

Baca Juga: 7 Sayuran Ini Lebih Bernutrisi Jika Dimasak Terlebih Dahulu

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You