5 Dampak Kebanyakan Konsumsi Makanan Asin, Bisa Ganggu Kesehatan!

Makanan kesukaan siapa, nih?

Siapa yang bisa menolak kentang goreng atau keripik? Sepertinya hanya sedikit. Makanan asin ini menjadi favorit kebanyakan orang. Butiran garam yang dibubuhi di atasnya membuat makanan ini terasa nikmat di mulut, tapi tidak di dalam tubuh.

Kebanyakan mengonsumsi makanan asin ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. Yuk, simak beberapa dampaknya di bawah ini!

1. Sering merasa haus

5 Dampak Kebanyakan Konsumsi Makanan Asin, Bisa Ganggu Kesehatan!unsplash.com/Atikh Bana

Konsumsi zat yodium yang berlebihan dapat mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh, lho! Akibatnya, tubuh sering mengalami dehidrasi atau haus. Jadi, gak heran kalau kamu kepingin minum air putih terus setelah mengonsumsi makanan asin.

2. Stroke dan kardiovaskular

5 Dampak Kebanyakan Konsumsi Makanan Asin, Bisa Ganggu Kesehatan!unsplash.com/Ali Yahya

Kebanyakan mengonsumsi akan berdampak pada jantung dan pembuluh darah. Jika konsumsinya tidak segera dikurangi, muncullah penyakit stroke dan kardiovaskular. Mulai dari sekarang, kamu harus bisa mengurangi konsumsi makanan asin, ya! Sayangi jantung dan pembuluh darahmu!

Baca Juga: Badanmu Sering Merasa Lelah? Ini 5 Cara Jitu Mengatasinya

3. Gejala hipertensi

5 Dampak Kebanyakan Konsumsi Makanan Asin, Bisa Ganggu Kesehatan!aafp.org

Apabila porsi natrium dalam tubuh berlebih, maka volume darah pun ikut berlebih. Kondisi seperti inilah yang menjadi asal-muasal timbulnya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dalam jangka panjang, hipertensi ini dapat memicu penyakit kronis. Kudu hati-hati ya!

4. Terjadi pembengkakan

5 Dampak Kebanyakan Konsumsi Makanan Asin, Bisa Ganggu Kesehatan!myweightwatchersrecipes.club

Garam yang berlebih dapat memicu terjadinya edema, yaitu pembengkakan pada bagian tubuh tertentu. Misalnya saja tangan dan kaki. Pembengkakan ini biasanya terjadi di pagi hari, saat kamu bangun tidur. Buat kamu yang gak mau tubuhnya membengkak, lebih baik hindari makanan asin mulai dari sekarang.

5. Makanan terasa hambar

5 Dampak Kebanyakan Konsumsi Makanan Asin, Bisa Ganggu Kesehatan!unsplash.com/Emmy Smith

Ketika kamu sering mengonsumsi garam dan makanan asin lainnya, mulutmu akan terbiasa dengan cita rasa asin tersebut. Jadi semua makanan yang tidak mengandung garam akan terasa hambar di mulutmu. Bahaya, kan?

Mulai dari sekarang, coba kurangi konsumsi makanan asin. Demi kesehatanmu juga, lho!

Baca Juga: Bukan Cuma Makanan Manis, 5 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Gigi Rapuh

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You