Comscore Tracker

Gak Harus Pakai Salep, Ini 7 Bahan Alami yang Efektif Atasi Kutu Air

Jangan bingung lagi mengatasinya ya!

Kutu air yang dikenal juga dengan nama tinea pedis dan athlete's foot merupakan jenis infeksi jamur menular yang biasanya muncul pada kulit kaki, terutama sela-sela jari kaki. Kondisi ini akan muncul pada jenis kaki yang mudah berkeringat atau dalam kondisi kaki yang lembap.

Jika tidak segera diobati, maka infeksi jamur tersebut akan terasa semakin gatal hingga muncul rasa tidak nyaman. Untuk itu, coba beberapa cara berikut ini untuk mengobatinya.

1. Bawang putih

Gak Harus Pakai Salep, Ini 7 Bahan Alami yang Efektif Atasi Kutu Airsteelehousekitchen.com

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan ajoene dalam bawang putih diduga mampu mengobati kutu air. Oleh karena itu, bawang putih dipercaya menjadi antiseptik alami yang dapat mengobati kutu air yang menyerang kulit.

2. Larutan cuka

Gak Harus Pakai Salep, Ini 7 Bahan Alami yang Efektif Atasi Kutu Airpakaroti.com

Kandungan asam asetat dalam cuka diyakini memiliki sifat antijamur. Sehingga, larutan cuka dapat mengatasi kutu air yang disebabkan oleh infeksi jamur. Caranya, rendam kaki ke dalam satu cangkir cuka yang telah dilarutkan dengan dua gelas air.

3. Lidah buaya

Gak Harus Pakai Salep, Ini 7 Bahan Alami yang Efektif Atasi Kutu Airflipboard.com

Lidah buaya memiliki sifat antiseptik dan anti inflamasi yang baik untuk membantu perbaikan kulit yang terluka. Oleh karena itu, salah satu cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk mengobati kutu air adalah dengan menggunakan lidah buaya ataupun gel lidah buaya. Oleskan secara rutin di daerah kulit yang terkena penyakit kutu air hingga dirasa sudah mengempis.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Bisa Dicoba di Rumah!

4. Lemon

Gak Harus Pakai Salep, Ini 7 Bahan Alami yang Efektif Atasi Kutu Airsnaped.fns.usda.gov

Lemon dipercaya dapat membunuh bakteri dan jamur yang menyerang kulit. Oleh karena itu, lemon merupakan salah satu obat alami yang efektif mengatasi kutu air. Selain itu, perasan lemon juga dapat membuat kulit memiliki aroma yang harum dan segar.

5. Kayu manis

Gak Harus Pakai Salep, Ini 7 Bahan Alami yang Efektif Atasi Kutu Airgymbuddynow.com

Cara mengobati kutu air secara alami lainnya adalah dengan menggunakan kayu manis. Rendam empat hingga lima batang kayu manis ke dalam 3,5 liter air panas. Kemudian, rendam bagian tubuh yang terkena kutu air selama beberapa menit. Lakukan hal tersebut secara rutin agar kutu air hilang secara sempurna.

6. Garam

Gak Harus Pakai Salep, Ini 7 Bahan Alami yang Efektif Atasi Kutu Airvitaportal.ru

Garam memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang sangat kuat. Sehingga, kamu dapat menggunakannya untuk mengatasi kutu air, sekaligus menghambat penyebarannya. Caranya, larutkan satu cangkir garam ke dalam air hangat. Kemudian, rendam kaki selama 20 menit lalu keringkan.

7. Larutan teh

Gak Harus Pakai Salep, Ini 7 Bahan Alami yang Efektif Atasi Kutu Airdrugtargetreview.com

Terdapat dua jenis teh yang dapat membantu mengatasi serangan kutu air pada kulit, yakni teh hitam dan teh hijau. Kedua teh tersebut sama-sama memiliki kandungan senyawa yang ampuh melawan jamur dan bakteri. Larutkan jenis teh yang kamu inginkan ke dalam satu liter air hangat. Kemudian rendam bagian tubuh yang terserang kutu air. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian keringkan.

Jika dibiarkan terlalu lama, kutu air akan sangat mengganggu dan memunculkan perasaan ingin menggaruk. Sayangnya, ketika kamu menggaruknya maka kutu air kemungkinan akan menyebar. Oleh karena itu, segera obati kutu air dengan bahan alami yang berada di sekitar kamu tanpa harus menunggu lama hingga menyebar ke bagian tubuh lain.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Rambut Bercabang yang Sederhana dan Alami

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya