Comscore Tracker

7 Bahaya Tersembunyi Menggunakan High Heels Setiap Hari Bagi Perempuan

Tampil cantik tapi jangan sampai menyiksa diri, girls...

High heels atau sepatu dengan hak tinggi merupakan salah satu hal penting yang sulit dipisahkan dari perempuan. Hal ini karena dengan menggunakan sepatu hak tinggi dapat memberikan kesan kaki yang lebih jenjang dan cantik.

Sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang biasa menggunakan high heels mengeluh nyeri dan pegal setelah berjam-jam memakai sepatu hak tinggi. Lalu, apa saja dampak lain yang berbahaya dari memakai high heels? Simak informasinya berikut ini.

1. Hammer toe

7 Bahaya Tersembunyi Menggunakan High Heels Setiap Hari Bagi Perempuanhealth.clevelandclinic.org

Hammer toe merupakan kondisi di mana ujung jari kaki mengalami deformitas karena dipaksa turun oleh sepatu yang dikenakan. Hal ini dapat terjadi pada kedua ujung jari. Meski demikian, kondisi tersebut dapat ditangani dengan bantuan peralatan medis tertentu atau operasi.

2. Pump bump

7 Bahaya Tersembunyi Menggunakan High Heels Setiap Hari Bagi Perempuanrfainstitute.com

Pump bump atau yang disebut juga haglund's deformity merupakan pertumbuhan tulang pada area tumit akibat adanya tekanan konstan serta gesekan punggung kaku dan tali dari sepatu hak tinggi. Untuk mengatasi kondisi ini kamu harus melakukan operasi untuk menghilangkan tulang yang berlebih.

3. Bunions

7 Bahaya Tersembunyi Menggunakan High Heels Setiap Hari Bagi Perempuanmorecrofts.com.au

Bunions merupakan kondisi di mana munculnya benjolan abnormal berupa tulang di pangkal jempol kaki. Kondisi ini akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa dan biasanya hanya dapat diobati melalui operasi. Berdasarkan American Academy of Orthopaedic Surgeons, penyakit ini biasanya terjadi pada wanita akibat mengenakan sepatu yang sempit dan berhak tinggi.

Baca Juga: 7 Risiko Kesehatan Menikah dengan Sepupu Sendiri, Jangan Menyesalinya

4. Osteoarthritis

7 Bahaya Tersembunyi Menggunakan High Heels Setiap Hari Bagi Perempuanpainhealth.csse.uwa.edu.au

Berjalan menggunakan sepatu dengan hak tinggi tentu akan membuat lutut bekerja lebih keras. Akibatnya, perempuan yang memiliki berat badan berlebih dan menggunakan high heels dapat berisiko terkena osteoarthritis, yaitu munculnya tulang muda baru atau pengapuran. Hal ini disebabkan tulang rawan pada persendian lutut rusak akibat terlalu sering bergesekan dan menopang beban yang berat.

5. Corns

7 Bahaya Tersembunyi Menggunakan High Heels Setiap Hari Bagi Perempuanmamaunion.co.uk

Corns merupakan kondisi di mana terjadi penebalan kulit pada tumit yang biasanya disebabkan oleh gesekan yang berulang. Jika tidak ditangani secara medis, corns dapat menyebabkan rasa sakit yang cukup hebat. Selain itu, kondisi ini juga sering terjadi secara bersamaan dengan munculnya bunions

6. Metatarsalgia

7 Bahaya Tersembunyi Menggunakan High Heels Setiap Hari Bagi Perempuanhellosehat.com

Menggunakan high heels ternyata juga dapat menyebabkan tekanan pada tulang metatarsal, yakni tulang yang terletak di antara jari-jari kaki dan lengkungan kaki. Akibatnya, tulang akan mengalami peradangan dan muncul rasa nyeri dan sakit yang hebat di area bola mata kaki.

7. Morton's neuroma

7 Bahaya Tersembunyi Menggunakan High Heels Setiap Hari Bagi Perempuanfootprints.aetrex.com

Sepertinya kamu harus waspada jika mengalami cedera saat menggunakan high heels. Sebab, cedera yang terjadi pada saraf di pertengahan kaki dapat menyebabkan jaringan di sekitar daerah tersebut menebal dan menimbulkan rasa sakit serta mati rasa. Sayangnya, salah satu cara untuk mengatasi kondisi ini hanya melalui operasi atau pembedahan.

Nah, itu dia beberapa kondisi berbahaya yang dapat terjadi akibat menggunakan high heels bagi perempuan. Meski ingin tampil cantik, akan tetapi kesan 'beauty is pain' seharusnya sudah mulai tidak diterapkan lagi. Sebab, tidak ada manfaat yang diterima oleh tubuh dari penderitaan yang dilakukan untuk mewujudkan kecantikan.

Baca Juga: 7 Tips Kesehatan untuk Pendonor Darah Rutin, Wajib Diperhatikan ya!

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You