Comscore Tracker

7 Manfaat Mandi Air Dingin di Saat Hujan dan Musimnya, Jangan Takut!

Selain segar, mandi air dingin saat hujan juga bermanfaat

Saat musim hujan tiba, suhu di udara akan menurun dan menyebabkan air di kamar berubah menjadi dingin. Namun, tahukah kamu jika ternyata mandi air dingin saat hujan menyimpan beragam manfaat? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ulasan selengkapnya!

1. Menurunkan berat Badan

7 Manfaat Mandi Air Dingin di Saat Hujan dan Musimnya, Jangan Takut!luxopunctureparis.com

Tubuh manusia pada dasarnya mengandung dua jenis lemak, yakni lemak putih dan lemak cokelat. Sebuah studi yang pernah dilakukan pada tahun 2009 menemukan fakta bahwa paparan suhu ekstrim dapat meningkatkan pembakaran lemak cokelat pada tubuh hingga 15 kali lipat.

Dengan begitu, kamu bahkan bisa kehilangan berat badan hingga 5 kg lho. Berani mencoba?

2. Memberikan energi

7 Manfaat Mandi Air Dingin di Saat Hujan dan Musimnya, Jangan Takut!Pixabay/Jerrykimbrell10

Sama halnya dengan efek menyegarkan tubuh, mandi dengan air yang dingin akan menimbulkan efek kejut pada tubuh sehingga oksigen akan terhirup lebih banyak. Oleh karena itu, sehabis mandi air dingin biasanya tubuh akan kembali dalam kondisi bugar.

3. Meningkatkan imunitas

7 Manfaat Mandi Air Dingin di Saat Hujan dan Musimnya, Jangan Takut!nutritiontattva.com

Suhu air yang sangat dingin ternyata juga mampu membantu melancarkan sirkulasi aliran darah. Sehingga, tubuh akan lebih mudah memproduksi sistem imun.

Baca Juga: Meningkat di Musim Penghujan, Kenali Siklus Wabah Demam Berdarah Ini

4. Meningkatkan kewaspadaan

7 Manfaat Mandi Air Dingin di Saat Hujan dan Musimnya, Jangan Takut!unsplash.com/christian ferrer

Mandi air dingin nyatanya mampu memicu otak untuk memproduksi hormon norepinefrin, yang dapat membantu pikiran untuk waspada secara alami. Dengan meningkatnya kewaspadaan, kamu dapat melakukan berbagai kegiatan dengan lebih fokus.

5. Meringankan stres

7 Manfaat Mandi Air Dingin di Saat Hujan dan Musimnya, Jangan Takut!femalehairlosshelp.com

Ketika diguyur air dingin, kandungan gluthathione dan antioksidan dalam tubuh akan meningkat. Hal ini akan memicu tubuh untuk lebih menyesuaikan diri terhadap stres secara fisik dan mental yang dialami.

6. Memulihkan rasa pegal dan nyeri otot

7 Manfaat Mandi Air Dingin di Saat Hujan dan Musimnya, Jangan Takut!medium.com

Sifat air dingin yang regeneratif ternyata mampu membatu meringankan nyeri otot yang dialami setelah melakukan segudang aktivitas. Akan tetapi, hal ini akan lebih efektif jika nyeri otot belum dalam kondisi yang terlalu parah.

7. Menyehatkan kulit

7 Manfaat Mandi Air Dingin di Saat Hujan dan Musimnya, Jangan Takut!jurnas.com

Mandi air hangat ketika musim hujan ternyata justru akan memperburuk kondisi kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering. Namun tenang saja, kamu masih bisa tetap menjaga kesehatan kulit dengan mandi menggunakan air dingin. Pori-pori kulit yang terkena tetesan air dingin akan menutup sempurna dan kulit akan terasa lebih kencang.

Itulah tadi beberapa manfaat mandi air dingin saat musim hujan. Karena sekarang kamu sudah tahu, saatnya mulai membiasakannya ya! Yuk, jaga kesehatan dengan prima di musim hujan!

Baca Juga: Benarkah Hujan Bawa Penyakit? Awas Tersugesti, Ini 5 Fakta Sebenarnya!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya