Comscore Tracker

Ingin Punya Tato? Kenali Dulu Dampak Tato Pada Kesehatanmu

Tato memiliki berbagai dampak pada kesehatan, tahukah kamu?

Tato merupakan salah satu seni menggambar pada tubuh atau disebut dengan body art. Pemakaian tato banyak diminati oleh masyarakat sekarang seiring meningkatnya kebebasan berekspresi. Dengan perpaduan berbagai macam gambar, pemakaian tato bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang, akan tetapi bukan tanpa risiko. Pemakaian tato bisa berdampak pada kehidupan sosial, budaya, hingga kesehatan.

Sebelum membuatnya, kenali dulu dampak tato pada kesehatanmu!

1. Bagaimana proses pembuatan tato?

Ingin Punya Tato? Kenali Dulu Dampak Tato Pada KesehatanmuUnsplash.com/Andrej Lišakov

Tato dibuat menggunakan jarum yang menyuntikan zat pewarna ke bagian bawah kulit. Jarum yang dipakai menembus kulit berulang kali sampai tato selesai digambar. Seniman tato tidak menggunakan obat untuk mengurangi rasa nyeri, jadi jika kamu ingin memiliki tato, haruslah kuat menahan nyeri tusukan jarum tato. Zat pewarna yang dipakai oleh seniman tato tidak diatur oleh pemerintah. Zat-zat ini dapat mengandung garam, metal, dan banyak zat kimia yang berbeda. Kadang beberapa orang memiliki reaksi yang kurang baik terhadap zat pewarna ini.

2. Apakah tato dapat menyebabkan masalah kesehatan?

Ingin Punya Tato? Kenali Dulu Dampak Tato Pada KesehatanmuUnsplash.com/Jake Davies

Ya. Orang yang memiliki tato dapat terinfeksi, termasuk beberapa infeksi yang serius seperti hepatitis B atau hepatitis C (yang menyebabkan penyakit hati). Selain itu, bisa juga terjangkit HIV (yang menyebabkan AIDS), tetapi kejadian tersebut sedikit diketahui. Infeksi bisa terjadi jika seniman tato tidak memakai jarum habis sekali pakai, atau tidak membersihkan secara keseluruhan dan sterilisasi jarum yang digunakan kembali. Jika kamu mendapat tato dan jarumnya belum dibersihkan dengan baik, darah dari orang yang di tato sebelumnya dapat dimasukkan langsung ke bawah kulitmu. Tentu saja, hal ini berisiko untukmu menderita infeksi, khususnya penyakit yang menyebar lewat darah.

Kamu juga bisa mendapat reaksi alergi terhadap zat pewarna tato. Zat tato juga bisa mengandung metal, hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri atau terbakar pada kulit bila kamu sedang menjalani pemeriksaan kesehatan menggunakan alat MRI di rumah sakit, karena MRI mengandung medan magnet yang dapat menyebabkan metal pada kulitmu menjadi panas dan bahkan berpindah tempat.

3. Adakah cara menurunkan risiko kesehatan oleh tato?

Ingin Punya Tato? Kenali Dulu Dampak Tato Pada KesehatanmuPexels.com/Dan Prado

Ya. Jika kamu yakin ingin mempunyai tato, ada beberapa hal yang bisa kamu ingat dan lakukan untuk mengurangi risiko kesehatan oleh karena tato.

  • Kunjungi beberapa tempat pembuatan tato dan perhatikan bagaimana seniman tato bekerja, dengan cara ini kamu dapat melihat apa saja prosesnya dan apakah seniman mencuci tangan dan melakukan langkah-langkah lain untuk pencegahan infeksi.
  • Beberapa tips yaitu perhatikan apakah seniman tersebut mencuci tangan memakai sabun dan air lalu memakai sarung tangan. Seniman tersebut menggunakan air steril dan bukan air keran untuk mencuci alat atau area yang akan di tato. Menggosok area tato dengan alkohol atau betadine. Menggunakan wadah sekali pakai untuk menampung tinta tato dan memakai jarum yang steril, biasanya dibungkus plastik dan baru dibuka ketika akan dipakai.
  • Perhatikan untuk batasan usia pemakaian tato. Biasanya anak, remaja bahkan dewasa muda harus memiliki izin oleh orang tua. Beberapa tempat tato tidak menanyakan bukti persetujuan oleh orang tua tetapi harus datang dengan orang tua. Salah satu keuntungan membawa orang tua yaitu mereka juga dapat membantu memastikan proses pembuatan tato aman.
  • Bicaralah pada orang sudah memiliki atau pernah memiliki tato. Tanyakan seperti apa memiliki tato dan juga apakah mereka memiliki penyesalan memiliki tato. Tidak perlu terburu-buru, tato merupakan hal yang akan tetap ada sepanjang hidupmu. Ambil waktumu untuk memutuskan apa yang akan kamu lakukan. Akan tetapi jangan lakukan proses tato ketika kamu sedang mabuk atau hamil. Karena dapat menyebabkan berbagai macam masalah yang tidak diinginkan nantinya.
  • Pastikan kamu sudah memikirkan baik-baik pilihan untuk melakukan tato dan lokasinya. Kamu mungkin ingin menyembunyikan lokasi tato pada kondisi tertentu.
  • Ingatlah bahwa proses tato dapat menyebabkan nyeri yang serius. Kamu tidak akan mendapat obat untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul.

4. Apa yang harus dilakukan setelah mendapat tato?

Ingin Punya Tato? Kenali Dulu Dampak Tato Pada KesehatanmuPixabay.com/ilovetattoos

Hal yang paling penting untuk diingat adalah harus tetap menjaga area yang sudah ditato bersih. Gunakan sabun dan air untuk mencuci area tersebut setiap hari, dan jangan coba sentuh sampai sembuh.

5. Kapan harus ke pelayanan kesehatan?

Ingin Punya Tato? Kenali Dulu Dampak Tato Pada KesehatanmuPexels/Adrian Boustead

Jika pada tempat tato timbul bengkak, kemerahan, terasa panas, atau muncul nanah atau bau busuk. Segera ke pelayan kesehatan terdekat.

6. Bagaimana jika ingin menghilangkan tato?

Ingin Punya Tato? Kenali Dulu Dampak Tato Pada KesehatanmuPixabay.com/Herco

Jika kamu ingin menghapus tato yang ada, hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat laser khusus. Tapi prosesnya memerlukan beberapa kali pertemuan dan juga masalah lain seperti perubahan warna kulit atau iritasi atau bengkak. Ditambah tindakan ini juga cukup mahal daripada proses pembuatan tato sendiri

Itulah beberapa hal yang setidaknya harus kamu ketahui sebelum mempunyai tatomu sendiri. Sebelum membuat tato, kenali dulu dampak tato pada kesehatanmu ya!

Baca Juga: Walau Ilegal di Korea, 10 Idola KPop Ini Punya Tato yang Impresif

Marco Roberth Aponno Photo Writer Marco Roberth Aponno

Seorang mahasiswa di bidang kesehatan yang gemar menulis, khususnya edukasi masyarakat mengenai masalah kesehatan yang sering dialami dalam kehidupan sehari-hari.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Novaya
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya