Comscore Tracker

Mengenal Ochlophobia, Takut Berlebihan Akan Tempat yang Ramai

Suka keringat dingin saat di tempat umum?

Pernah merasa pusing, lemas, dan berkeringat saat berada di keramaian? Kemungkinan kamu mengidap Ochlophobia. Phobia ini jenis phobia yang takut pada keramaian. Tak banyak yang tahu, Ochlophobia erat kaitannya dengan Agoraphobia yaitu perasaaan ingin melarikan diri saat berada di kerumunan atau tempat-tempat umum. Benarkan jika penderita Ochlophia pasti mengalami Agoraphobia? Yuk simak dulu pembahasan kita disini.

1. Tempat-tempat umum rentan membuat penderita Ochlophobia dan Agoraphobia jadi keringat dingin

Mengenal Ochlophobia, Takut Berlebihan Akan Tempat yang RamaiUnsplash.com/ Chang Hsien

Situasi-situasi saat menggunakan transportasi massa, dalam keramaian pasar, atau sedang antre loket tertentu. Tempat terbuka seperti jembatan dan tempat parkir, serta ruang tertutup seperti toko dan bioskop yang dipenuhi orang banyak juga membuat penderita agoraphobia merasa khawatir. Mereka akan merasa cemas yang berlebih ketika akan berinteraksi dengan seseorang yang jarang atau tak pernah mereka temui. Perasaan gugup, cemas, takut dan tak berdaya akan mengintai saat itu juga.

2. Gejala yang ditunjukan seorang Ochlophobia mengarah pada diagnosis seorang Agoraphobia

Mengenal Ochlophobia, Takut Berlebihan Akan Tempat yang RamaiUnsplash.com/ Jack Sharp

Seorang Ochlophobia bisa mengalami efek gemetar, berkeringat, jantung berdebar, sesak nafas, mual, muntah, pusing, lemah, menangis, dada tidak nyaman, takut kehilangan kendali, pingsan, merasa sakit, dan tanda - tanda gejala kecemasan lainnya saat berada di kerumunan orang banyak. Gejala ini sama halnya dengan definisi Agoraphobia yang selalu merasa cemas dan ingin melarikan diri saat berada di tempat umum atau kerumunan orang banyak. Gejala Agoraphobia timbul ketika orang itu merasa gak nyaman, takut, cemas atau merasa malu dengan dirinya alias gak PD (percaya diri). 

3. Tersesat jadi salah satu faktor penyebab Ochlophobia dan Agoraphobia

Mengenal Ochlophobia, Takut Berlebihan Akan Tempat yang RamaiUnsplash.com/ Kevin Grieve

Memiliki trauma di masa lalu yang melibatkan banyak orang, jadi pemicu seseorang mengalami Ochlophobia, pernah tersesat, hilang dalam keramaian, terinjak-injak saat berdesak-desakan hingga terluka dan berbagai accident lainnya. Ochlophobia berkembang sebagai respons terhadap trauma yang dialami seseorang. Selain faktor-faktor eksternal di atas, Ochlophobia juga dapat disebabkan faktor biologis, dimana history keluarga yang pernah mengidap Ochlophobia atau Agoraphobia juga berpengaruh.

Baca Juga: Kamu yang Arachnofobia Pasti Merinding Berat Lihat 10 Foto Ini

4. CBT merupakan pengobatan paling akurat bagi Ochlophobia dan Agoraphobia

Mengenal Ochlophobia, Takut Berlebihan Akan Tempat yang RamaiUnsplash.com/ Zach Vessels

Cognitive behavioral therapy, salah satu terapi paling diandalkan dalam dunia kedokteran. Dimana pasien belajar mengubah pikiran juga mengubah perasaan yang dihasilkan. Mereka akan belajar untuk tidak memperkirakan secara berlebihan risiko dirugikan oleh
orang banyak dengan memahami bahwa tidak semua situasi ramai berbahaya atau akan mengarah pada hasil negatif.

5. Metode desensitisasi ampuh namun sedikit menyiksa perasaan seorang Ochlophobia.

Mengenal Ochlophobia, Takut Berlebihan Akan Tempat yang RamaiUnsplash.com/ Timon Studler

Pada metode ini seorang Ochlophobia diajari untuk dapat tenang menghadapi beberapa rangsangan dari rasa takutnya. Misalkan rangsangan berada di kerumunan sebanyak 5, 10, atau 15 orang. Orang tersebut terpapar pada bentuk yang lebih intens dari stimulus saat mereka menguasai rasa takut pada tingkat yang kurang intens.

Terkadang mereka menerima rangsangan yang lebih intens dalam durasi tertentu, misalkan 1 menit, 2 menit atau lebih. Mereka akan belajar mengendalikan rasa takutnya berada dalam kerumunan untuk jangka waktu yang lama. Biasanya CBT dikombinasikan dengan metode desensitisasi dan dilakukan dalam beberapa bulan.

Dalam masa pengobatan peran keluarga sangatlah penting, dukungan, kasih sayang dan perhatian yang lebih akan cepat  membantu. Demi keselamatan pengidap Ochlopobia dan Agoraphobia perlu ditemani saat keluar rumah dan berada di keramaian.

Baca Juga: Koulrofobia: Ketakutan yang Sangat Terhadap Badut dan Penjelasan Ahli

Marlina syaikhu Photo Verified Writer Marlina syaikhu

Make It, Do It and Enjoy what you Think. Just to be creative

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya