Comscore Tracker

Selain Ekspresi Sayang, Pelukan Juga Punya 5 Manfaat Kesehatan Ini 

Bisa bikin hidup lebih lama!

Hidup sering kali berantakan dan sulit. Banyak hal yang bisa membuat stres lebih dari biasanya karena jadwal yang sibuk. Sebagian besar serangan jantung terjadi pada hari-hari yang melelahkan, terutama pada hari Senin yang dianggap sebagai hari terburuk.

Namun, jangan khawatir ada beberapa metode untuk membuat pikiran kita tetap rileks. Salah satunya adalah dengan pelukan. Pelukan memiliki kekuatan lebih besar dari yang dibayangkan.

Pelukan memang bukan satu-satunya cara untuk menunjukkan kasih sayang dan perhatian, tetapi pelukan memiliki banyak manfaat kesehatan lho. Ada beberapa efek memeluk yang luar biasa, berikut di antaranya.

1. Mengurangi kecemasan sosial

Selain Ekspresi Sayang, Pelukan Juga Punya 5 Manfaat Kesehatan Ini unsplash.com/@frankiefoto

Pernah bertanya-tanya mengapa orang lebih suka memeluk saat bertemu? Pelukan memiliki kekuatan untuk menghilangkan kecemasan sosial. Ini mungkin tampak agak aneh untuk didengar, tetapi tubuh melepaskan oksitosin saat orang-orang berpelukan hingga membantu membangun kepercayaan diri yang hilang, juga memberikan kekuatan untuk berinteraksi dengan orang-orang.

Salah satu manfaat penting dari oksitosin adalah kepositifan dalam diri dan memberi kekuatan untuk melihat dunia secara berbeda. Ini adalah alasan utama mengapa banyak orang mencoba memeluk orang tersayang mereka di luar sana saat bertemu.

2. Meredakan kelelahan setelah hari yang padat

Selain Ekspresi Sayang, Pelukan Juga Punya 5 Manfaat Kesehatan Ini unsplash.com/@paige_cody

Bekerja seharian bukan merupakan hal yang mudah dan kadang-kadang sangat melelahkan. Bayangkan jika tempat kerjamu jauh dari tempat tinggal, kamu harus menghadapi lalu lintas yang sangat menyebalkan. Sehingga wajar apabila kamu ingin damai saat sampai di rumah.

Pelukan selama 10 detik dapat menghadirkan lebih banyak kekuatan yang bisa mengurangi kelelahan tubuh. Itulah alasan utama mengapa orang lebih suka memeluk anak-anak mereka atau orang yang dicintai saat mencapai rumah.

Jika kamu adalah orang yang suka menghindari pelukan maka ini adalah waktu yang tepat untuk lebih sering memeluk.

Baca Juga: Berbahagialah Para Otaku, Kini Ada 'Bantal' yang Bisa Kamu Peluk Setiap Malam

3. Membuat bahagia

Selain Ekspresi Sayang, Pelukan Juga Punya 5 Manfaat Kesehatan Ini unsplash.com/@carolinehdz

Kebahagiaan bisa berupa dalam bentuk apapun dan bentuk kebahagiaan yang paling jujur ​​adalah memeluk seseorang yang kamu cintai atau kagumi. Alasannya sama, yaitu karena pelukan melepaskan oksitosin dari tubuh manusia yang merupakan sumber dari semua kepositifan dan kebahagiaan. Jadi tidak heran mengapa kamu bisa merasa seperti di atas awan ketika memeluk seseorang.

FYI, oksitosin cenderung lebih berpengaruh pada wanita dibandingkan dengan pria.

4. Meningkatkan tekanan darah

Selain Ekspresi Sayang, Pelukan Juga Punya 5 Manfaat Kesehatan Ini unsplash.com/@hush52

Pelukan berkontribusi terhadap tekanan darah yang lebih baik. Pelukan memiliki kekuatan untuk mengendalikan stres dan dapat bekerja sebagai obat terbaik sebagai penghilang stres. Itulah manfaat terpenting dari pelukan.

Pelukan juga membantu untuk tetap utuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Itu sebabnya orang sakit membutuhkan lebih banyak perhatian dan kasih sayang dari orang yang mereka cintai.

5. Meningkatkan sistem saraf

Selain Ekspresi Sayang, Pelukan Juga Punya 5 Manfaat Kesehatan Ini unsplash.com/@benwhitephotography

Pelukan dapat merangsang sistem saraf, melawan ketakutan batin, perasaan kesepian, juga membantu untuk mendapatkan kepercayaan diri. Ini adalah alasan utama ketika orang mengalami gangguan mental atau serangan kecemasan umumnya lebih suka dukungan fisik seperti pelukan untuk menenangkan mereka. Hal-hal kecil seperti ini memang sangat berarti bagi seseorang yang sedang menderita.

Lain kali jika kamu melihat seseorang menangis, peluklah mereka.

So guys itulah beberapa manfaat kesehatan dari pelukan. Semoga informasi di atas bermanfaat ya. Yuk mulai lebih sering memeluk orang tersayang.

Baca Juga: Viral Lowongan Kerja Jasa Peluk dan Curhat di Jabodetabek

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya