Comscore Tracker

Ini 5 Dampak Buruk Minum Terlalu Banyak Bubble Tea bagi Tubuh

Jangan terlalu sering ya!

Bubble tea adalah minuman hits yang banyak dikonsumsi oleh anak-anak muda masa kini. Terkenal manis dan menyegarkan, bubble tea sering menjadi pilihan anak muda dalam urusan melepas dahaga.

Tapi, meski nikmat dan menyegarkan, ada banyak dampak buruk yang mengintai kita jika terlalu banyak mengonsumsi bubble tea. Dampak buruk apa saja sih yang mengintai kita jika terlalu sering minum bubble tea?

Penasaran? Berikut 5 dampak buruk mengonsumsi terlalu banyak bubble tea bagi kesehatan tubuh!

1. Kelebihan kalori

Ini 5 Dampak Buruk Minum Terlalu Banyak Bubble Tea bagi TubuhChicagoparent.com

Bubble tea memiliki ciri khas pada bola-bola gelembung yang terdapat pada minuman tersebut. Bola-bola tersebut terbuat dari olahan tepung tapioka, dan mengandung tinggi karbohidrat. Gelembung itu rata-rata memiliki 160 kalori per gelasnya dan dapat bertambah tiga kali lipat setelah dicampur dengan teh dan bahan lainnya.

Jika terlalu banyak mengonsumsi bubble tea, maka tubuh akan kelebihan kalori yang berdampak pada kegemukan.

2. Kelebihan lemak trans

Ini 5 Dampak Buruk Minum Terlalu Banyak Bubble Tea bagi TubuhTimeout.com

Bubble tea mengandung banyak lemak trans di setiap takaran penyajiannya. Lemak trans sendiri ialah lemak yang terkandung dalam suatu hidangan yang telah melewati proses industri dan bertujuan untuk meningkatkan rasa serta tekstur pada makanan.

Terlalu banyak lemak trans pada tubuh dapat mengakibatkan kolestrol, penurunan daya ingat, dan juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Bahaya ya!

Baca Juga: 5 Jenis Teh Afrika yang Cocok untuk Temani Mengawali Hari 

3. Sulit buang air besar

Ini 5 Dampak Buruk Minum Terlalu Banyak Bubble Tea bagi TubuhEpicurious.com

Bubble tea dapat menyebabkan sembelit atau sulit buang air besar. Sebab, bubble tea yang terbuat dari tepung tapioka atau tepung kanji biasanya sulit dicerna oleh tubuh sehingga mengakibatkan penumpukan. Jadi harus berhati-hati ya dalam mengonsumsi bubble tea ini!

4. Kelebihan kadar gula

Ini 5 Dampak Buruk Minum Terlalu Banyak Bubble Tea bagi TubuhNetplus.agency

Kadar gula dalam minuman bubble tea terbilang sangat tinggi untuk seukuran segelas minuman teh. Sebab, dalam segelas bubble tea biasanya mengandung 34 gram gula. Sedangkan badan Organisasi Kesehatan Dunia(WHO) menganjurkan semua orang mengonsumsi 50 gram gula setiap harinya. Itu artinya dengan segelas bubble tea sudah mencukupi lebih dari setengah kebutuhan gula per harinya.

Dan bahayanya, jika terlalu banyak gula dalam tubuh dapat memicu penyakit diabetes.

5. Dapat memicu kanker

Ini 5 Dampak Buruk Minum Terlalu Banyak Bubble Tea bagi TubuhUnsplash.com/Charles

Satu lagi bahaya yang paling mengerikan, yaitu kanker. Tahun 2012 lalu, para peneliti Jerman di University Hospital Aachen menemukan jejak bifenil aspoliklorinasi atau PCB dalam sampel gelembung tapioka. Zat berbahaya tersebut dapat memicu kanker serta efek lain seperti penurunan sistem kekebalan tubuh, reproduksi, dan saraf.

Itulah dampak buruk dari bubble tea jika terlalu sering dikonsumsi. Kamu tetap boleh kok mengonsumsi bubble tea, asalkan jangan terlalu sering dan diimbangi dengan olahraga dan makanan yang dapat menetralisir racun seperti buah dan sayur ya!

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Pecandu Gula, Peringatan Bagi Penyuka Makanan Manis

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You