Comscore Tracker

Apakah Boleh Olahraga setelah Cabut Gigi? Begini Penjelasannya!

Berisiko memicu komplikasi

Fakta bahwa olahraga membawa banyak manfaat bagi kesehatan telah diketahui secara luas. Namun, pada kondisi tertentu, olahraga justru tidak disarankan. Salah satunya ketika baru melalui prosedur cabut gigi, baik karena kerusakan gigi, trauma kecelakaan, atau atas alasan estetika.

Walau merupakan prosedur minor, tindakan cabut gigi memerlukan waktu untuk pulih sepenuhnya. Kegiatan berat, seperti berolahraga, dikhawatirkan dapat mengganggu proses penyembuhan, bahkan berisiko menyebabkan komplikasi yang berat.

1. Apa yang terjadi jika langsung berolahraga usai mencabut gigi?

Apakah Boleh Olahraga setelah Cabut Gigi? Begini Penjelasannya!ilustrasi sakit gigi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Olahraga mengaktifkan sistem saraf simpatik yang salah satu manifestasinya ialah peningkatan tekanan darah di dalam tubuh. Namun, meski bersifat sementara, laman Mayoclinic menjelaskan bahwa ini berisiko memicu perdarahan di area ekstraksi gigi. 

Lebih lanjut, perdarahan yang terjadi secara terus menerus dapat mengganggu proses pembekuan darah, sehingga pemulihan luka di area ekstraksi gigi menjadi lebih sulit. Kondisi ini dapat berkembang menjadi dry socket, komplikasi yang menimbulkan nyeri hebat usai cabut gigi.

2. Kapan waktu yang tepat untuk kembali berolahraga usai cabut gigi?

Apakah Boleh Olahraga setelah Cabut Gigi? Begini Penjelasannya!ilustrasi merawat kesehatan gigi (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Guna menghindari komplikasi, kita dianjurkan untuk beristirahat sebanyak mungkin dan menghindari aktivitas berat setidaknya 24 jam usai tindakan cabut gigi dilakukan. Lantas, kapan kita bisa memulai rutinitas olahraga secara efektif?

Dilansir Oral Surgery of Utah, akan lebih baik jika menunggu setidaknya seminggu sebelum kembali berolahraga. Namun, ini juga bergantung pada kondisi dan kompleksitas prosedur cabut gigi yang dialami setiap orang. Karenanya, diskusikan dengan dokter dan perawat gigi untuk mengetahui kapan kamu bisa kembali berolahraga.

3. Jenis olahraga yang sebaiknya dihindari dan dilakukan

Apakah Boleh Olahraga setelah Cabut Gigi? Begini Penjelasannya!ilustrasi orang berenang (pexels.com/Guduru Ajay Bhargav)

Selain memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk kembali berolahraga, kita juga perlu mengetahui jenis olahraga yang sebaiknya dihindari. Beberapa jenis olahraga baru bisa kembali dilakukan setelah beberapa minggu setelah melalui tindakan cabut gigi. 

Sebut saja olahraga dengan intensitas berat, seperti angkat beban. Bahkan, berlari dapat menyebabkan rasa sakit di area ekstraksi gigi lantaran meningkatkan aliran darah ke area tersebut. Sebagai gantinya, coba aktivitas fisik dengan intensitas rendah, seperti yoga dan berenang, selama beberapa saat hingga luka pulih sepenuhnya.

Baca Juga: 5 Makanan yang Dapat Mengganggu Kesehatan Gigi, Hindari Konsumsinya!

4. Kapan harus berhenti berolahraga?

Apakah Boleh Olahraga setelah Cabut Gigi? Begini Penjelasannya!ilustrasi orang beristirahat setelah berolahraga (pexels.co/Ketut Subiyanto)

Dilansir Livestrong, jika saat berolahraga atau setelahnya kamu menemukan tanda-tanda berikut ini, sebaiknya segera berhenti dan periksakan kondisi gigi dan mulut ke dokter. 

  • Area ekstraksi gigi mengalami perdarahan,
  • pembengkakan di area ekstraksi gigi meningkat,
  • mengalami demam setelah berolahraga,
  • jahitan di area ekstrasi gigi terlepas,
  • kesulitan berbicara dan mengunyah, dan
  • mengalami pusing kepala.

5. Perhatikan pola makan 

Apakah Boleh Olahraga setelah Cabut Gigi? Begini Penjelasannya!ilustrasi orang makan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Usai melalui prosedur cabut gigi, kita tentu kesulitan memakan makanan yang biasa dikonsumsi, setidaknya selama beberapa hari. Sebagai gantinya, makanan dengan tekstur lunak dipilih karena lebih mudah dicerna. Tak hanya itu, frekuensi dan jumlah makanan yang dikonsumsi cenderung lebih kecil dibandingkan biasanya.

Oleh karena itu, berolahraga dengan intensitas berat tak disarankan lantaran memerlukan energi cukup besar. Padahal, tubuh juga memerlukan energi untuk memulihkan luka dan peradangan di area ekstraksi gigi. Jika terjadi kompetisi perebutan energi seperti ini, maka proses pemulihan luka dikhawatirkan tidak berlangsung secara optimal.

Guna menghindari komplikasi usai mencabut gigi, hindari aktivitas fisik berat setidaknya selama seminggu. Namun seberapa cepat seseorang dapat kembali berolahraga juga bergantung pada kondisi dan kompleksitas prosedur cabut gigi yang dilalui. Karenanya, konsultasikan dengan dokter gigi untuk mengetahui kapan bisa kembali berolahraga.

Baca Juga: 5 Olahraga yang Aman untuk Usia 45 Tahun ke Atas

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya