Comscore Tracker

Punya Kulit Kering dan Kusam? Atasi dengan 7 Makanan Ini, yuk!

Remember, beauty come from the inside

Kamu merasa risi akibat kulit yang kering, mengelupas dan kurang lembap? Sudah memakai moisturizer tapi hasilnya belum maksimal? Tenang, jangan lekas marah dan panik. Kamu bisa mengatasi kulit kering dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Makanan apa saja yang disarankan untuk mengatasi kulit kering? Dan apakah hasilnya akan sesuai ekspektasi? Temukan jawabannya di bawah ini!

1. Kacang-kacangan

Punya Kulit Kering dan Kusam? Atasi dengan 7 Makanan Ini, yuk!studyfinds.org

Pernah mendengar larangan untuk memakan kacang karena akan menyebabkan kulit berjerawat? Faktanya, justru kacang-kacangan mengandung vitamin E tinggi yang baik untuk sistem kekebalan tubuh, mengandung sifat antioksidan dan anti inflamasi serta membantu sel untuk beregenerasi, ungkap laman Healthline.

Selain itu, kacang-kacangan bisa melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dan bisa menyebabkan kulit menjadi kering, jelas laman Be Beautiful.In. Contohnya, kacang mete mengandung selenium yang bisa menghidrasi kulit serta kacang almond yang berfungsi mengatasi bintik-bintik pada kulit dan eksim.

2. Alpukat

Punya Kulit Kering dan Kusam? Atasi dengan 7 Makanan Ini, yuk!medicalxpress.com

Siapa sih yang gak suka alpukat? Buah berwarna hijau ini merupakan sumber antioksidan, vitamin E dan C yang baik. Mengonsumsi alpukat secara rutin akan membantu memperbaiki kulit dari dalam ke luar. Vitamin C pada alpukat akan memproduksi elastin dan sintesis kolagen, yang berfungsi untuk memperkuat kulit.

Sementara, vitamin E di dalamnya akan memblokir radikal bebas dari tubuh kita. Padahal, radikal bebas akan mempercepat proses penuaan. Vitamin E juga akan mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari berlebih, ujar laman Be Beautiful.In. Jika lidahmu tidak doyan alpukat, kamu bisa membuatnya menjadi masker untuk wajah!

3. Susu

Punya Kulit Kering dan Kusam? Atasi dengan 7 Makanan Ini, yuk!kxrb.com

Susu bukan hanya kaya kalsium yang bagus untuk tulang, tetapi juga baik bagi kesehatan kulit! Vitamin A di dalamnya akan membantu merawat kulit kering dan bersisik. Selain itu, vitamin D dalam susu akan meningkatkan produksi kolagen. Kolagen berfungsi untuk memperlambat garis-garis halus dan kerutan serta meningkatkan elastisitas kulit.

Dengan meminum susu secara rutin, kita akan terhindar dari kulit kering dan mencegah penuaan dini. Asam laktat dalam susu akan melembapkan dan memberi nutrisi pada kulit. Sama seperti alpukat, kamu juga bisa menggunakan susu untuk menjadi masker wajah. Kamu bisa mencampur susu, tepung beras dan madu sebagai masker.

4. Putih telur

Punya Kulit Kering dan Kusam? Atasi dengan 7 Makanan Ini, yuk!bbcgoodfood.com

Ada khasiat tersembunyi pada putih telur yang bagus untuk kesehatan kulit. Putih telur mengandung asam amino yang membantu proses pembentukan sel kulit baru. Selain itu, putih telur membantu mengembalikan elastisitas kulit, menghidrasi, melembutkan dan membuat kulit menjadi sehat, tutur laman Be Beautiful.In.

Kamu bisa memakai putih telur sebagai masker wajah. Caranya adalah dengan mencampur 2 sendok makan minyak zaitun, yogurt dan kuning telur, lalu aduk campuran ini hingga rata. Setelahnya, oleskan ke wajah dan tunggu selama 20 menit. Bilas dengan air hangat dan pastikan wajah bersih dari sisa-sisa masker tersebut.

Baca Juga: Cegah Kulit Kering, Ini 5 Rekomendasi Body Lotion dengan Shea Butter

5. Ikan yang mengandung omega 3

Punya Kulit Kering dan Kusam? Atasi dengan 7 Makanan Ini, yuk!healthline.com

Omega 3 tidak hanya meningkatkan kecerdasan, tetapi menutrisi dan mengatasi kulit kering. Contoh ikan yang kaya dengan asam lemak omega 3 adalah salmon, trout, sarden, mackarel dan tuna. Fungsi omega 3 adalah mempertahankan kelembapan, melindungi kulit dan menghidrasi kulit supaya tidak kering.

On the other side, kulit kering adalah pertanda bahwa kita mengalami defisiensi omega 3. Selain itu, kekurangan omega 3 bisa menyebabkan kulit kusam, keriput dan penuaan dini, jelas laman Express. Kamu bisa mengonsumsi ikan-ikan ini dengan cara dipanggang, dikukus atau bahkan dimakan langsung khusus untuk salmon.

6. Minyak zaitun

Punya Kulit Kering dan Kusam? Atasi dengan 7 Makanan Ini, yuk!healthline.com

Beberapa pihak mengklaim bahwa minyak zaitun merupakan minyak tersehat di bumi. Ini karena minyak zaitun kaya dengan vitamin E, lemak tak jenuh tunggal, omega 3 dan asam lemak. Nutrisi dalam minyak zaitun akan membantu memperbaiki dan memulihkan kulit yang kering dan kusam, ungkap laman Be Beautiful.In.

Manfaat lainnya adalah bisa melembapkan kulit, membuat kulit bercahaya, melindungi kulit dari sinar UV, mengatasi kulit kering dan gatal. Selain digunakan untuk memasak, minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai pelembap. Campur minyak zaitun dengan susu dan kunyit dengan rata, lalu oleskan ke kulit selama 15 menit.

7. Mentimun

Punya Kulit Kering dan Kusam? Atasi dengan 7 Makanan Ini, yuk!indiatimes.com

Pernah melihat orang memakai masker dari potongan mentimun? Yep, mentimun sedari lama dikenal bisa menghidrasi kulit dan melembapkannya.

Bukan hanya itu, mentimun juga bisa dipakai untuk mengurangi dark circle di mata. Akan lebih baik jika memakai masker timun yang dimasukkan ke kulkas dulu. Sensasinya dingin dan menyegarkan!

Lantas, apakah mentimun efektif dalam memerangi kulit kering? Jawabannya, tentu saja! Vitamin C dalam mentimun akan membantu merawat kulit yang meradang, menghidrasi dan mengencangkan kulit, ujar John Diaz MD pakar kesehatan kulit dari Beverly Hills di California dalam laman The Healthy.

Nah, itulah 7 makanan yang bisa dikonsumsi atau dibuat jadi masker untuk mengatasi kulit kering. Tertarik mencoba yang mana, nih?

Baca Juga: Penyebab Kulit Kering, 7 Hal Ini Ternyata Bisa Pengaruhi Kelembapannya

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You