Comscore Tracker

Siapa Sangka, Ini 7 Manfaat Mengajarkan Bayi Berenang!

Pelajaran berenang memang harus dimulai sejak dini

Kita semua sepakat bahwa renang merupakan basic life skill yang harus dimiliki oleh setiap orang. Kemampuan berenang pasti akan berguna di masa depan, baik untuk menyelamatkan diri sendiri atau orang lain. Oleh karena itu, kita perlu belajar renang sejak usia dini. Bahkan, sejak kita masih bayi jika perlu!

Lantas, apa keuntungan mengajarkan bayi berenang? Apakah ada manfaat kesehatan yang bisa diperoleh? Ketahui lebih dalam lewat artikel berikut ini!

1. Membentuk otot pada bayi

Siapa Sangka, Ini 7 Manfaat Mengajarkan Bayi Berenang!freepik.com

Manfaat yang bisa diperoleh dari berenang adalah membentuk otot pada bayi. Bayi perlu mengembangkan otot yang diperlukan untuk menggerakkan tangan dan kaki, mengangkat kepala serta melakukan koordinasi otot di seluruh tubuh, ungkap laman Healthline.

Selain itu, berenang tidak hanya meningkatkan kemampuan otot dan kekuatan, tetapi membuat sendi-sendi di tubuh bergerak. Manfaat lainnya ialah untuk memperkuat jantung, otak, paru-paru dan pembuluh darah. Amazing, right?

2. Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh

Siapa Sangka, Ini 7 Manfaat Mengajarkan Bayi Berenang!swimbabeslessons.co.uk

Setelah otot terbentuk dan menguat, bayi akan belajar koordinasi dan keseimbangan dari berenang. Bagi bayi, tidak mudah untuk menggerakkan lengan dan kaki bersama-sama. Dengan mengajarkan bayi berenang, akan membuat mereka belajar koordinasi tubuh.

Berenang akan membantu koordinasi mata, tangan dan kaki secara bersamaan. Menurut laman North Shore Pediatric Therapy, ketika bayi belajar berenang, ia akan belajar mengoordinasi gerakan dari berbagai bagian tubuh.

3. Meningkatkan selera makan

Siapa Sangka, Ini 7 Manfaat Mengajarkan Bayi Berenang!istockphoto.com

Seperti yang kita ketahui, berenang membakar banyak energi. Sehingga, setelah berenang kita akan merasa lapar. Hal ini juga dialami oleh bayi yang belajar berenang. Bayi akan mengeluarkan energi yang banyak untuk menjaga suhu tubuh mereka tetap hangat.

Selain itu, suhu air yang dingin akan membuat bayi cepat lapar. Oleh karena itu, jangan heran apabila terjadi peningkatan selera makan yang drastis setelah sesi berenang berakhir, ungkap laman Healthline. Tentu, para orang tua akan merasa senang ketika melihat bayi mereka makan dengan lahap!

4. Pola tidur akan membaik

Siapa Sangka, Ini 7 Manfaat Mengajarkan Bayi Berenang!nurtureparenting.com.au

Seperti yang dikatakan sebelumnya, berenang adalah aktivitas fisik yang cukup membakar energi. Di dalam kolam yang dingin, bayi akan berusaha keras untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap hangat, jelas laman Healthline.

Semua aktivitas ini menghabiskan banyak energi dan membuat bayi kelelahan. Ketika bayi lelah, mereka akan tertidur lebih pulas dari biasanya. Jadi, setelah berenang, para orang tua bisa memberi makan bayi, lalu menidurkannya agar bayi beristirahat.

Baca Juga: Mengapa Kamu Merasa Kelaparan Setelah Berenang? Ketahui Penjelasannya

5. Mengurangi risiko tenggelam

Siapa Sangka, Ini 7 Manfaat Mengajarkan Bayi Berenang!healthline.com

Berdasarkan data dari Consumer Product Safety Commission dan dipublikasikan di laman Moms Team, ada 350 anak-anak di bawah usia 5 tahun yang tenggelam di kolam renang setiap tahunnya. Mengajarkan berenang pada bayi akan mengurangi risiko tenggelam dan menghindarkan dari risiko kematian.

Menurut American Academy of Pediatrics, penyebab kematian utama pada bayi dan balita adalah tenggelam di air. Sementara itu, ada sekitar 2.600 anak-anak yang dibawa ke UGD akibat hampir tenggelam, namun masih bisa diselamatkan. Selalu awasi bayi ketika diajari berenang dan jangan sampai lengah, ya!

6. Meningkatkan rasa percaya diri

Siapa Sangka, Ini 7 Manfaat Mengajarkan Bayi Berenang!canva.com

Studi menunjukkan bahwa berenang dapat meningkatkan kepercayaan diri. Secara spesifik, anak-anak usia pra-sekolah yang diajarkan berenang sejak bayi akan memiliki kontrol diri yang lebih besar, harga diri lebih baik serta lebih nyaman pada situasi sosial.

Penelitian di tahun 2010 yang dikutip oleh laman Healthline, menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar berenang di antara usia 2 bulan hingga 4 tahun lebih mudah beradaptasi, lebih mandiri dan memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi.

7. Meningkatkan kemampuan kognitif

Siapa Sangka, Ini 7 Manfaat Mengajarkan Bayi Berenang!hiveminer.com

Percayakah kamu kalau berenang bisa meningkatkan kemampuan kognitif bayi? Menurut studi oleh Griffith University Australia yang melibatkan lebih dari 7.000 anak-anak, mengatakan bahwa anak-anak yang berenang mengalami kemajuan pada fisik dan mental daripada teman-temannya yang tidak belajar berenang, jelas laman Healthline.

Secara spesifik, berenang dapat meningkatkan pembelajaran akademik, kesadaran spasial, kemampuan membaca dan perkembangan bahasa. Berenang adalah pengalaman sosial yang unik dan menyenangkan serta bisa meningkatkan kekuatan otak.

Nah, itulah 7 manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari mengajari bayi berenang. Semoga informasi singkat ini bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Akibat Suka Berenang pada Malam Hari, Sudah Tahu?

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You