Comscore Tracker

Sudah Tahu? Inilah 7 Efek yang Dirasakan Tubuh Kalau Makan Bakaran

Hidup sehat itu memang harus rela gak makan enak

Makanan yang dihidangkan melalui proses pembakaran memang rasanya lebih nikmat dibandingkan dengan yang lain, sehingga meningkatkan nafsu makan yang memakannya. Tentu dalam proses ini ada banyak bahan dasar yang bisa dibakar dan alat yang digunakan juga bermacam-macam.

Tetapi yang perlu diperhatikan adalah bahaya yang ditimbulkan dari membakar makanan. Di bawah ini terdapat sejumlah fakta yang perlu diketahui dari efek negatif dari membakar makanan.

1. Menyebabkan asam lambung naik

Sudah Tahu? Inilah 7 Efek yang Dirasakan Tubuh Kalau Makan Bakaranibsclinics.co.uk

Makanan yang dibuat melalui proses pembakaran akan menyebabkan sulit dicerna saat masuk ke sistem pencernaan, terutama saat di lambung. Lambung akan bekerja ekstra keras untuk menghancurkan makanan.

Kinerja lambung yang menjadi berat menyebabkan asam lambung naik. Maka dari itu, makanan yang dibakar menjadi pantangan bagi orang yang menderita penyakit maag.

2. Menyebabkan penyakit kanker

Sudah Tahu? Inilah 7 Efek yang Dirasakan Tubuh Kalau Makan Bakaranunsplash.com

Senyawa kimia bernama heterocyclic amines atau HCAs akan muncul saat proses pembakaran makanan. Munculnya zat ini terjadi saat pembakaran dengan suhu tinggi. Membakar makanan akan ada bagian yang gosong.

Memakan makanan ini dalam tempo yang terlalu sering akan menyebabkan kanker saluran pencernaan bagian atas. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa makanan yang dibakar berisiko menyebabkan tumbuhnya penyakit kanker lambung.

3. Menghilangkan kandungan gizi dari makanan

Sudah Tahu? Inilah 7 Efek yang Dirasakan Tubuh Kalau Makan Bakaranunsplash.com

Jenis makanan yang biasanya dibakar adalah daging ayam, sapi ataupun kambing. Daging-daging tersebut adalah sumber protein hewani yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Seperti yang telah disebutkan di atas, membakar makanan akan menggunakan suhu yang relatif tinggi. Protein sendiri merupakan salah satu makromolekul yang memiliki tingkat sensitivitas yang perlu diperhatikan terhadap suhu tinggi. Jadi, membakar daging akan merusak komponen yang berguna bagi tubuh, kita seperti memakan ampas tanpa ada kandungan gizinya.   

Baca Juga: 7 Manfaat Bekicot untuk Kesehatan, Kamu Berani Coba atau Sudah Suka?

4. Diduga masih ada cacing yang terkandung di dalam daging

Sudah Tahu? Inilah 7 Efek yang Dirasakan Tubuh Kalau Makan Bakaransouschef.co.uk

Saat memutuskan untuk membakar daging, pilihlah daging yang kondisinya masih merah segar kemudian cuci dengan bersih. Jika hal ini dilewatkan, ditakutkan adanya cacing maupun larva/telur cacing di dalam daging.

Kita tidak mengetahui seberapa besar ukuran cacing yang ada di dalam daging. Ada yang bisa dilihat dengan mata telanjang namun ada juga yang membutuhkan mikroskop untuk bisa melihatnya. Sebab, walaupun membakar makanan menggunakan suhu tinggi, ternyata cacing bisa tetap ada di dalam daging yang akan disantap.

5. Mampu mengubah DNA

Sudah Tahu? Inilah 7 Efek yang Dirasakan Tubuh Kalau Makan Bakaranunsplash.com

Seperti yang disebutkan di atas, proses memanggang atau membakar makanan akan menghasilkan senyawa kimia HCAs. HCAs ternyata mampu mengubah DNA di dalam tubuh setelah dimetabolisme oleh suatu enzim, prosesnya dinamakan dengan bioaktivasi. DNA yang mengalami perubahan secara acak ini bisa menyebabkan penyakit kanker.

6. Bisa memicu penyakit kardiovaskular

Sudah Tahu? Inilah 7 Efek yang Dirasakan Tubuh Kalau Makan Bakaranunsplash.com

Banyak yang tidak mengira bahwa daging memiliki hubungan yang kuat dengan penyakit kardiovaskular. Sebagaimana yang diketahui cacing bisa tumbuh pada daging ayam, sapi maupun kambing. Jika sampai pada proses pengolahan makanan tidak bersih bisa menyumbat aliran darah sampai berisiko menyumbat fungsi kerja kardiovaskular.

7. Mengandung hidrokarbon

Sudah Tahu? Inilah 7 Efek yang Dirasakan Tubuh Kalau Makan Bakaranthisisinsider.com

Pembakaran arang atau kayu jenis apa pun dapat menyebabkan pembentukan hidrokarbon dan partikel jelaga yang dapat membahayakan tubuh. Salah satu bahaya yang ditimbulkan adalah bisa terjangkit penyakit kanker.

Sesuatu yang enak memang sering kali tidak menyehatkan tubuh. Tetapi jika kalian peduli terhadap kesehatan, pasti kalian mampu untuk menghindari atau sekedar membatasi hal-hal yang dapat merusak tubuh.

Baca Juga: Awas, Terlalu Banyak Konsumsi Probiotik Ternyata Punya 5 Dampak Ini!

Topic:

  • Nisa Widya Amanda
  • Bayu D. Wicaksono

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You