Comscore Tracker

5 Manfaat Sehat Konsumsi Makanan dengan Kandungan Flavonoid

Sehat dan kaya manfaat

Flavonoid adalah salah satu jenis senyawa yang banyak terkandung di beberapa jenis makanan, mulai dari buah hingga sayur-sayuran. Kandungan flavonoid ini sendiri tergolong tidak merugikan bagi tumbuhan maupun bagi pengonsumsinya. 

Salah satu manfaat yang paling dasar dari flavonoid ini jika terkandung dalam buah maupun sayur yaitu untuk menangkal hingga mengusir radikal bebas dalam tubuh manusia. Radikal bebas ini sendiri sangat merugikan karena akan mengambil sel-sel sehat dalam tubuh dan membuat tubuh menjadi mudah sakit.

Nah lalu selain mengusir radikal bebas dalam tubuh, apa sajakah manfaat kesehatan yang bisa didapatkan  darim makanan yang mengandung senyawa flavonoid ini. Berikut adalah list singkatnya. Yuk simak!

1. Sebagai antioksidan

5 Manfaat Sehat Konsumsi Makanan dengan Kandungan Flavonoidcont.ws

Salah satu manfaat yang membuat flavonoid baik untuk mengusir radikal bebas tubuh yaitu karena flavonoid sangat baik untuk meningkatkan kandungan antioksidan dalam tubuh. Makanan dengan kandungan flavonoid yang baik untuk meningkatkan antioksidan tubuh yaitu seperti wortel dan juga bawang putih. 

2. Mencegah penuaan dini

5 Manfaat Sehat Konsumsi Makanan dengan Kandungan Flavonoidlondonclinic.com.au

Salah satu manfaat dari kandungan flavonoid ini tentunya sangat disukai khususnya oleh kaum wanita. Masalah penuaan dini memang kerap menjadi hambatan yang membuat kita terkadang kurang percaya diri. Nah dengan mengenakan tumbuhan yang mengandung flavonoid seperti lidah buaya maupun mengkonsumsi air kelapa akan sangat membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Flavonoid akan bekerja mengganti kulit yang kendur tersebut dengan kulit yang lebih kencang, sehingga penampilan akan menjadi terlihat lebih muda.

3. Sebagai obat anti diare

5 Manfaat Sehat Konsumsi Makanan dengan Kandungan Flavonoidblesk.cz

Selain membawa manfaat kesehatan bagi kulit, mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid ternyata juga dapat membantu proses penyembuhan hingga pencegahan diare. Salah satu penyebab diare yang memang disebabkan oleh pengonsumsian makanan tak sehat tentunya sangat mengganggu bagi kesehatan pencernaan. Nah untuk mencegah maupun mengobatinya, makanan yang memiliki kandungan flavonoid seperti jambu biji dan delima dapat menjadi solusi pengobatan. 

Baca Juga: 10 Makanan Sehat Ini Bikin Mood Kamu Lebih Baik, Wajib Coba Nih!

4. Mencegah penyakit jantung

5 Manfaat Sehat Konsumsi Makanan dengan Kandungan Flavonoiddiabetesaldia.com

Penyakit jantung juga masih menjadi salah satu penyakit paling mematikan hingga saat ini. Selain karena gejalanya yang sulit terdeteksi, serangan jantung juga kerap terjadi tanpa memperlihatkan gejala-gejala yang menonjol. Salah satu makanan yang mengandung flavonoid dan baik untuk pemeliharaan jantung yaitu ada buah apel. Dalam apel terdapat senyawa flavonoid yang dinamakan dengan quercetin yang memang baik untuk jantung.

5. Menurunkan kadar gula darah

5 Manfaat Sehat Konsumsi Makanan dengan Kandungan Flavonoidm.post.naver.com

Tingginya kadar gula darah dalam tubuh juga sangat berbahaya karena dapat mengundang berbagai penyakit serius lainnya. Kacang kedelai menjadi salah satu makanan yang diketahui memiliki kandungan flavonoid yang tinggi. Nah kandungan flavonoid dalam kacang kedelai ini diketahui sangat baik untuk pemeliharaan kesehatan tubuh, khususnya melindungi tubuh dari beberapa penyakit dan salah satunya yaitu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. 

Nah itulah beberapa ulasan manfaat konsumsi makanan yang mengandung flavonoid dari banyaknya manfaat lainnya juga bisa didapatkan. Flavonoid ini biasanya memang banyak terkandung pada buah-buahan yang banyak mengandung vitamin c seperti jeruk, kacang-kacangan, sayuran seperti bayam, hingga berbagai jenis minuman teh.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Sehat untuk Kesuburan, Bisa Bikin Cepat Hamil

Niswa Aulia Photo Verified Writer Niswa Aulia

Kastil Imaji

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya