Comscore Tracker

5 Cara Atur Pola Makan Agar Terhindar dari Batu Ginjal

Minum air yang cukup, ya

Kesehatan pada ginjal harus dijaga dengan baik. Jangan sampai penyakit berbahaya seperti batu ginjal membuat tubuhmu lemah. Selain mengonsumsi air yang cukup, mengatur pola makan sangat diperlukan agar terhindar dari penyakit batu ginjal. Air seni yang menjadi asam akan menyebabkan pembentukan batu ginjal. Obat-obatan tertentu pun dapat memicu pembentukan batu ginjal jika terlalu sering mengonsumsinya. Untuk itu, berikut cara mengatur pola makan sehat agar terhindar dari penyakit ini.

1. Mengurangi makanan yang mengandung oksalat

5 Cara Atur Pola Makan Agar Terhindar dari Batu Ginjalsimplylivingwellness.com

Oksalat merupakan senyawa yang dapat ditemukan dalam makanan. Zat ini mengikat kalsium dalam ginjal, sehingga jika terlalu banyak akan membentuk batu ginjal. Kamu harus membatasi makanan yang mengandung oksalat agar ginjalmu tetap sehat. Oksalat terdapat pada cokelat, bayam, kopi, bit, kacang tanah, dan kentang manis. Semua makanan ini tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi jika kamu bermasalah dengan kesehatan ginjalmu. Sebaiknya, batasi jumlahnya dan atur pola makan sehat sesuai kondisi tubuhmu. 

2. Membatasi konsumsi daging yang berlebihan

5 Cara Atur Pola Makan Agar Terhindar dari Batu Ginjalgoodnet.org

Makanan yang kaya protein hewani dapat memicu sifat asam dalam ginjal. Untuk itu, penting untuk mengonsumsinya dalam porsi cukup dan tidak terlalu berlebihan. Mengonsumsi daging setiap hari dalam jumlah tinggi akan memicu pengembangan asam urat dan pembentukan batu ginjal. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter jumlah dan jenis daging yang dibutuhkan untuk tubuhmu. Mengatur pola makan daging ini sangat penting karena kekurangan mengonsumsi daging dapat menyebabkan tubuhmu menjadi lemah. 

3. Menghindari konsumsi natrium yang berlebihan

5 Cara Atur Pola Makan Agar Terhindar dari Batu Ginjaltellwut.com

Natrium memang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika kadarnya terlalu berlebihan akan memicu pembentukan batu ginjal. Mengonsumsi terlalu banyak garam akan memicu masalah kesehatan termasuk batu ginjal. Kadar garam yang tinggi dapat mencegah penyerapan kalsium dari urin ke darah. Sehingga akumulasi kalsium dalam urin mengendap membentuk batu ginjal. Hindari pula makanan olahan yang mengandung sodium seperti biskuit, keripik, dan sup kalengan. 

Baca Juga: Ini 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Stop Hitung Kalori Makananmu

4. Tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan kaya vitamin C

5 Cara Atur Pola Makan Agar Terhindar dari Batu Ginjalthetakeout.com

Makanan kaya vitamin C memang baik untuk tubuh, namun perhatikan kadarnya agar tidak terlalu banyak. Ginjal yang bersifat asam akan memicu pembentukan batu ginjal. Makanan yang memiliki vitamin C tinggi seperti lemon dan jeruk bali harus dikonsumsi secara cukup. Sebaiknya, atur pola makanan dengan baik untuk menghindari penumpukan zat-zat yang memicu batu ginjal. Jangan sampai penyakit ini melemahkan tubuhmu. 

5. Konsumsi cairan yang cukup

5 Cara Atur Pola Makan Agar Terhindar dari Batu GinjalPexels.com/Mauricio

Mengonsumsi cairan yang cukup merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan ginjalmu. Asupan air yang rendah dapat membuat urin kekurangan cairan sehingga urin dapat terkonsentrasi. Akibatnya garam dalam ginjal larut dan membentuk batu ginjal. Selalu diperhatikan untuk minum air 2 liter sehari untuk menjaga tubuhmu tetap sehat. Jangan sampai kamu kekurangan cairan agar risiko penyakit ini dapat terhindari. 

Mengatur pola makan sehat mulai sekarang harus diperhatikan agar tubuhmu terhindar dari penyakit berbahaya seperti batu ginjal. Jangan lupa untuk minum air yang cukup, ya. 

Baca Juga: 7 Tips Membuat Makanan Bayi yang Harus Kamu Tahu, Lebih Enak dan Sehat

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You