Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Mencegah Eksim, Kelainan Kulit Penyebab Iritasi

Menyebabkan kulit berkeropeng dan kasar.

Eksim atau dermatitis merupakan kelainan kulit yang menyebabkan gatal dan iritasi. Penyakit ini dapat menyerang berbagai bagian tubuh. Biasanya sering menyerang tangan dan kaki. Gejala eksim sebenarnya muncul saat umur dua tahun.

Peradangan pada eksim menyebabkan kulit berkeropeng dan kasar. Rasa gatal yang berlebih akan kamu rasakan jika terkena penyakit ini. Hal ini harus diatasi sejak dini. Kamu harus membiasakan pola hidup bersih agar terhindar dari penyakit ini.

Apa saja sih cara yang harus kamu lakukan untuk mencegah eksim. Simak yuk!

1. Menjaga kelembapan kulit

5 Cara Sederhana Mencegah Eksim, Kelainan Kulit Penyebab IritasiPixabay.com/Kjerstin_Michaela

Kulit harus dijaga agar tidak lembap. Kulit yang berkeringat akan membuat bakteri penyebab gatal menjadi lebih banyak. Biasakan untuk menjaga suhu tubuh agar tetap stabil. Perubahan suhu yang mendadak akan menyebabkan kelembapan pada tubuh dan memicu eksim. Jika kulit gatal, jangan menggaruk terlalu berlebihan karena akan menyebabkan iritasi dan kemerahan.

2. Mengurangi stres pada pikiran

5 Cara Sederhana Mencegah Eksim, Kelainan Kulit Penyebab IritasiPixabay.com/Lannyboy89

Stres akan memancing penyakit apapun menyerang tubuh kita. Ini dapat menyebabkan peningkatan hormon kortisol yang menyebabkan kekeringan kulit. Sehingga dapat membuat kulit gatal dan iritasi. Stres juga dapat menyebabkan penderita eksim makin parah. Hindari pikiran negatif yang memicu penyebab stres. Efeknya akan menyebabkan suhu tubuh tidak teratur. Pikiran yang stres menyebabkan pola hidup berubah.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Agar Kulit Terasa Nyaman Meski Cuaca Tengah Panas!

3. Hindari deterjen dan larutan lain yang merusak kulit.

5 Cara Sederhana Mencegah Eksim, Kelainan Kulit Penyebab IritasiPixabay.com/Hans

Deterjen dan larutan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit jika terbuat dari bahan-bahan yang berbahaya. Rasa panas karena zat kimia pada kulit akan menyebabkan iritasi dan gatal. Akibatnya eksim kering dapat mudah menyerang. Hindari deterjen dan larutan yang membuat kulit kering dan mudah rusak.

4. Memilih makanan yang tidak menyebabkan alergi

5 Cara Sederhana Mencegah Eksim, Kelainan Kulit Penyebab IritasiPixabay.com/rawpixel

Alergi makanan akan membuat kulit merah dan gatal-gatal.Hal ini dapat memicu eksim pada kulitmu. Pada penderita eksim, makanan yang mengandung alergi akan membuat eksim kumat. Jika kamu memiliki alergi terhadap makanan tertentu, seperti seafood baiknya dijauhi. Ini mencegah agar kita tidak terkena eksim yang dipicu karena kulit iritasi dan gatal.

5. Menjauhi menggunakan pakaian yang tebal saat cuaca panas dan berbahan kasar.

5 Cara Sederhana Mencegah Eksim, Kelainan Kulit Penyebab IritasiPixabay.com/stockSnap

Memakai bahan pakaian harus dapat membuat tubuhmu nyaman. Pemakaian bahan yang terlalu tebal saat cuaca panas akan membuat keringat menguap. Apabila dibiarkan maka akan memunculkan bakteri penyebab eksim. Pemilihan bahan yang sesuai juga harus kamu perhatikan. Hindari bahan yang kasar dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Wajib sekali untuk kamu menjaga kebersihan kulit dengan baik. Jangan sampai menderita eksim yang menyebabkan kulitmu rusak.Tetap jaga pola makan dan pola hidup sehat ya.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Masalah Kulit Biar Pesonamu Paripurna

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You