Comscore Tracker

5 Kebiasaan Sederhana untuk Cegah Gigi Berlubang, Yuk Terapkan! 

Plak dan gigi berlubang tidak boleh diabaikan, ya. 

Mencegah gigi berlubang merupakan hal yang perlu diperhatikan. Kamu perlu melakukan perawatan yang tepat agar terhindar dari masalah ini. Jika gigimu rusak dan berlubang, maka bukan hanya sulit menikmati makanan, namun penampilanmu pun akan ikut terganggu.

Apalagi biaya pemeriksaan ke dokter gigi itu terbilang mahal. Ada cara-cara sederhana yang bisa membantumu mencegah kerusakan gigi. Berikut beberapa cara yang perlu kamu coba agar gigi tetap sehat dan kuat. 

1. Menjaga pola makan sehat

5 Kebiasaan Sederhana untuk Cegah Gigi Berlubang, Yuk Terapkan! insider.com

Makanan merupakan faktor utama yang mempengaruhi kesehatan gigimu. Menurut sebuah penelitian yang dijelaskan dalam The British Medical Journal, mengubah pola makan yang tidak sehat akan membantumu mencegah kerusakan gigi. Produk gula dan asam kuat tidak boleh sering dikonsumsi.

Hal ini dikarenakan kedua zat tersebut dapat menghambat kalsium yang dibutuhkan gigi. Sebaiknya, mulailah perhatikan makanan yang mengandung banyak kalsium untuk mencegah gigimu berlubang dan cepat keropos. Hindari minuman seperti soda dan minuman yang terlalu manis. 

2. Bersihkan gigi dengan sikat yang tepat

5 Kebiasaan Sederhana untuk Cegah Gigi Berlubang, Yuk Terapkan! uppergrandfht.org

Memilih sikat gigi tidak boleh asal-asalan. Kamu perlu mempertimbangkan bahan agar tidak merusak gigi. Bentuk sikat gigi pun perlu diperhatikan. Kamu membutuhkan produk sikat gigi yang bisa menjangkau seluruh bagian mulut. Plak atau karies yang merusak gigimu disebabkan oleh kesalahan dalam menyikat gigi.

Perhatikan pula kebersihan sikat gigi, apalagi jika kamu sering menaruhnya ditempat sembarangan. Ganti sikat gigi secara rutin jika bulu sudah mulai rontok dan bentuk tidak teratur. Kamu juga tidak boleh mengabaikan pelindung sikat gigi untuk menjaga mikroorganisme yang masuk. 

3. Memahami perawatan gigi dasar

5 Kebiasaan Sederhana untuk Cegah Gigi Berlubang, Yuk Terapkan! southeastfamilydental.com

Menurut Asosiasi Kesehatan Gigi International, 42 persen orang dewasa hanya memanfaatkan sikat gigi untuk perawatan. Ini sangatlah tidak efektif, gigimu perlu perawatan khusus agar tetap sehat. Perawatan gigi dasar seperti sikat gigi dua kali sehari dan memeriksakan kesehatan gigi harus lebih dipahami.

Jangan pernah mengeluarkan sisa makanan yang menempel di gigi dengan benda-benda tajam yang merusak gigi. Kamu bisa menggunakan obat kumur yang aman untuk membersihkan sisa kotoran tersembunyi yang mungkin tidak bisa dibersihkan oleh sikat gigi. 

Baca Juga: Cara Ampuh Ini Bisa Lenyapkan Karang Gigi Tanpa ke Dokter Lho!

4. Memperhatikan nutrisi pada makanan

5 Kebiasaan Sederhana untuk Cegah Gigi Berlubang, Yuk Terapkan! popsugar.com.au

Hal lain yang dapat kamu lakukan adalah memperhatikan asupan nutrisi yang kamu makan. Makanan yang mengandung banyak vitamin baik untuk kamu konsumsi sebagai perawatan dari dalam.

Buah-buahan, sayur-sayuran hingga kacang-kacangan membantumu dalam menghasilkan produksi air liur dalam mulut. Makanan ini pun mengandung banyak mineral seperti magnesium dan kalsium. Kamu juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D yang tinggi. 

5. Rajin membersihkan karang gigi secara rutin

5 Kebiasaan Sederhana untuk Cegah Gigi Berlubang, Yuk Terapkan! Pixabay.com/Dr shoh Melian

Masalah plak yang membandel merupakan masalah utama yang merusak gigi. Gigi berlubang dipicu oleh plak yang menutupi gigi sehingga gigimu tidak sehat. Kamu perlu memeriksakan secara rutin untuk masalah karang gigi agar gigimu tidak cepat keropos.

Pemeriksaan rutin selama enam bulan sekali tidak boleh diabaikan. Kamu perlu melakukan prosedur scaling untuk menghancurkan karang gigi yang menumpuk. Rata-rata dari orang yang sudah melakukan scaling, sebagian besar dari mereka merasa puas dengan gigi yang lebih bersih. 

Nah, mulai sekarang lakukan cara-cara sederhana ini untuk menjaga kesehatan gigi. Masalah gigi berlubang hingga plak yang menggangu tidak boleh kamu abaikan, ya. 

Baca Juga: 5 Arti Mimpi Gigi Copot, Punya Makna Baik atau Buruk bagi Nasibmu?

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya