Comscore Tracker

Selain SPF, 7 Makanan Ini Bisa Dikonsumsi Sebagai Tabir Surya Alami

Perawatan kulit dari dalam itu perlu, lho

Ketika panas menyengat, kamu seringkali membutuhkan tabir surya sebagai pelindung dari sengatan matahari. Produk SPF adalah salah satu hal yang penting untuk digunakan.

Sebenarnya ada beberapa makanan seperti buah, sayuran, dan ikan yang bisa dijadikan sebagai tabir surya alami. Makanan ini melindungimu dari kerusakan akibat sinar UV yang merusak sel-sel kulit. Kandungan antioksidan yang tinggi pada makanan ini memperbaiki sel-sel kulitmu agar tetap sehat.

Berikut beberapa makanan yang baik digunakan sebagai tabir surya alami.

1. Semangka

Selain SPF, 7 Makanan Ini Bisa Dikonsumsi Sebagai Tabir Surya AlamiPixabay.com/Melissa Leigh Stanley

Semangka memiliki kadar air yang baik untuk menghidrasi kulit. Ini adalah salah satu makanan yang harus kamu konsumsi untuk menjaga kulit lebih baik. Kandungan likopen pada semangka memainkan peran dalam mencegah perkembangan kulit yang terbakar oleh sinar matahari.  

2. Wortel

Selain SPF, 7 Makanan Ini Bisa Dikonsumsi Sebagai Tabir Surya AlamiPixabay.com/RitaE

Makanan selanjutnya yang bisa kamu jadikan tabir surya adalah wortel. Wortel kaya akan vitamin A yang menawarkan beta karoten yang dibutuhkan kulit. Zat ini adalah antioksidan tinggi dari karotenoid dan bermanfaat untuk melindungi kulit secara spesifik.

Sinar matahari yang memiliki panjang gelombang UV akan merusak sel-sel kulit sehingga dibutuhkan makanan kaya akan beta karoten untuk memperbaiki sel kulit yang rusak. 

3. Brokoli

Selain SPF, 7 Makanan Ini Bisa Dikonsumsi Sebagai Tabir Surya AlamiPixabay.com/Silviarita

Brokoli mengandung vitamin C yang baik untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Radikal bebas menyebarkan molekul yang sangat reaktif dan merusak sel. Dengan kandungan vitamin C, molekul reaktif itu bisa dinetralkan. Vitamin C juga baik untuk menjaga keelastisan kulit karena berperan sebagai kolagen.

Selain brokoli, vitamin C bisa ditemukan dalam paprika hijau, kacang polong, blueberry dan jeruk mandarin.  

Baca Juga: 10 Jenis Teh Terbaik untuk Membuat Kulitmu Sehat Bercahaya

4. Tomat

Selain SPF, 7 Makanan Ini Bisa Dikonsumsi Sebagai Tabir Surya AlamiPixabay.com/Congerdesign

Tomat mengandung Vitamin A dan Vitamin C yang baik untuk kulit. Likopen pada tomat membantu dalam melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh sinar matahari. Selain itu, kandungan vitamin C yang kuat pada tomat dapat digunakan sebagai antioksidan yang menjaga kulitmu dari kerusakan sel.

Kamu perlu mengonsumsi tomat sebagai makanan penting dalam menu makan sehatmu. 

5. Alpukat

Selain SPF, 7 Makanan Ini Bisa Dikonsumsi Sebagai Tabir Surya AlamiPixabay.com/Stevepb

Alpukat terkenal baik untuk perawatan kulit. Selain dijadikan masker, alpukat bisa kamu konsumsi untuk menutrisi kulit dari dalam. Kandungan Omega 3, vitamin E, lutein dan fitokimia pada buah ini dapat dijadikan tabir surya alami.

Omega 3 membantu kulitmu untuk mencegah peradangan akibat sengatan sinar matahari yang merusak sel kulit. 

6. Beri

Selain SPF, 7 Makanan Ini Bisa Dikonsumsi Sebagai Tabir Surya AlamiPixabay.com/silviarita

Beberapa jenis beri seperti rasberi dan stroberi memiliki kandungan zat yang baik untuk kulit. Antioksidan kuat dan polifenol pada buah ini membantu memperlambat penuaan dini akibat paparan sinar matahari yang merusak kulit.

Risiko kanker kulit yang mungkin terjadi bisa kamu hindari dengan mengonsumsi berbagai jenis beri.

7. Ikan salmon

Selain SPF, 7 Makanan Ini Bisa Dikonsumsi Sebagai Tabir Surya AlamiPixabay.com/Tsarlee

Salmon kaya akan asam lemak Omega 3 yang dibutuhkan tubuh. Selain meningkatkan kecerdasan otak, asam lemak omega 3 membantu mengurangi peradangan akibat paparan sinar matahari yang merusak sel kulit.

Ikan ini pun menjadi sumber protein, vitamin E dan seng yang baik untuk kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi salmon, kamu menjaga kulit tetap lembap dan ternutrisi dengan kandungan vitamin E yang baik.  

Nah, beberapa makanan ini baiknya kamu konsumsi untuk menjaga kulitmu dari paparan sinar matahari. Tak perlu produk SPF mahal jika kamu bisa merawat kulitmu dari dalam. 

Baca Juga: 7 Makanan yang Gak Bikin Gemuk Meski Makan Banyak, Enak Lagi!

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You