Comscore Tracker

6 Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan, Yuk Rutin Konsumsi Mulai Sekarang!

Manfaatnya luar biasa lho, guys...

Buah bit atau beetroot merupakan tanaman yang berbentuk seperti umbi-umbian dan masih satu family dengan lobak. Buah yang satu ini memang masih jarang yang dijual di pasar-pasar tradisional, namun bisa kamu temukan di supermarket. Berwarna merah keunguan, buah bit ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

Tidak hanya dimakan langsung, buah bit bisa diolah menjadi berbagai macam menu mulai dari jus hingga dibuat salad. Nah mau tahu apa saja manfaat buah yang tergolong super food ini? Yuk, simak!

1. Membantu mengatasi masalah pencernaan

6 Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan, Yuk Rutin Konsumsi Mulai Sekarang!unsplash.com/FOODISM360

Buah bit memiliki kandungan serat yang tinggi. Seperti diketahui, serat berfungsi mengikat air yang dapat memperlancar proses pencernaan dalam tubuh. Serat sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu serat yang larut air dan serat yang tidak larut dalam air.

Serat yang larut air berfungsi menghambat peningkatan kadar gula darah, membantu meningkatan pergerakan usus besar dan mengikat lemak serta kolestrol. Sementara, serat yang tidak larut dalam air berfungsi membantu mencegah penyakit wasir, memperlancar proses buang air besar, dan memperlancar proses pencernaan dengan masa feses. Selain itu, serat yang tidak larut dalam air ini juga dapat membantu mengatasi sembelit.

2. Mengurangi gangguan inflamasi

6 Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan, Yuk Rutin Konsumsi Mulai Sekarang!unsplash.com/K15 Photos

Inflamasi atau peradangan adalah kondisi di mana tubuh berusaha untuk melindungi diri dari infeksi mikroorganisme seperti virus, bakteri ataupun jamur. Inflamasi ditandai ketika sistem kekebalan tubuh menyerang atau tidak sinkron dengan tubuh, seperti halnya pada kondisi auto imun. Nah, buah bit yang banyak mengandung senyawa betalain inilah yang akan membantu mengatasi masalah inflamasi.

3. Merawat kesehatan rambut

6 Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan, Yuk Rutin Konsumsi Mulai Sekarang!scrambledchefs.com/

Buah bit dapat membantu menyuburkan rambut yakni membuat rambut lebih lebat dan mencegah ketombe. Hal ini dikarenakan buah bit mengandung karotenoid. Karetenoid merupakan senyawa organik yang berfungsi memberikan pigmen alami, yaitu pigmen berwarna merah.

Karetenoid yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A. Vitamin A ini sangat bermanfaat dalam perawatan rambut. Selain mencegah ketombe dan membuat lebih lebat, juga mencegah rambut kering dan rontok.

Baca Juga: Murah Meriah, Turunkan Kolesterolmu dengan Mengonsumsi 5 Buah Ini

4. Membantu mengatasi demensia

6 Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan, Yuk Rutin Konsumsi Mulai Sekarang!readthespirit.com

Demensia merupakan penyakit penurunan daya ingat dan penurunan cara berpikir. Dementia yang umumnya ditemukan yaitu alzheimer dan demensia vaskuler. Alzheimer biasanya disebabkan oleh perubahan genetik yang didapatkan dari orang tua atau kelainan protein sel saraf otak. Sedangkan demensia vaskuler umumnya dikarenakan pembuluh darah yang terdapat dalam otak terganggu. Stroke juga menjadi salah satu pemicu demensia vaskuler.

Demensia berbeda dengan pikun. Pasalnya, pikun disebabkan oleh perubahan kemampuan berpikir dan mengingat karena pertambahan usia. Sementara, demensia disebabkan sel-sel saraf penghubung antar otak tersebut telah rusak. Cara mengatasi demensia salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah bit. Hal ini karena buah bit mengandung nitrat yang berfungsi mengalirkan darah ke otak, yang mana akan menguatkan dan memperbaiki sel-sel penghubung dalam otak yang telah rusak.

5. Menurunkan berat badan

6 Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan, Yuk Rutin Konsumsi Mulai Sekarang!draxe.com/

Buah bit dapat membantu menurunkan berat badan, hal ini karena buah bit lebih banyak mengandung serat daripada kalori. Serat yang terdapat dalam buah bit dapat menurunkan lemak jahat (LDL atau Low Density Lipoprotein).

Serat ini juga dapat digunakan untuk menurunkan trigliserida yang bisa menjadi pemicu penyakit jantung dan serat untuk meningkatkan HDL atau Low Density Lipoprotein (kolestrol baik).

6. Membantu mengatasi anemia

6 Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan, Yuk Rutin Konsumsi Mulai Sekarang!thespruceeats.com/

Buah bit mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi dapat mengatasi anemia dan berfungsi untuk memproduksi hemoglobin sel darah merah. Hemoglobin dapat mengikat dan mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh organ tubuh. Hemoglobin juga berfungsi membuang karbondioksida dari sel tubuh ke paru-paru.

Nah ternyata begitu banyak manfaat yang dimiliki oleh buah bit, ya? Makanya, kamu bisa memulai rutin mengonsumsi buah bit mulai sekarang. Yuk, hidup sehat!

Baca Juga: Harus Tahu! 5 Bahaya Bagi Kesehatan Akibat Mengonsumsi Minuman Manis

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya