Comscore Tracker

Lakukan 5 Cara Mudah Ini Biar Matamu Tetap Sehat

#ANGPOIN Mencegah lebih baik daripada mengobati

Mata adalah salah satu organ tubuh sekaligus indera yang penting bagi manusia. Dewasa ini, banyak perilaku yang ada akhirnya memaksa mata terbiasa pada pola yang tidak sehat. Sebut saja pemakaian gadget yang berlebihan, terlalu lama berhadapan dengan layar monitor tanpa jeda, sampai dengan kurangnya konsumsi makanan sehat.

Butuh kesadaran diri yang tinggi untuk menjaga kesehatan dan fungsi mata dengan baik. Semakin cepat mulai rutin memelihara fungsi penglihatan, maka akan semakin besar pula manfaat yang dapatkan bagi mata kita.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga mata agar tetap sehat.

1. Kurangi penggunaan gadget terlalu lama

Lakukan 5 Cara Mudah Ini Biar Matamu Tetap Sehatpexels/rawpixel.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini gadget mampu menjadi barang terpenting dalam berbagai kegiatan. Mulai dari beraktifitas di media sosial, bermain games, bahkan sampai pekerjaan pun bisa dilakukan hanya lewat gadget saja. Hal ini membuat kita menjadi terlalu sering menggunakan gadget setiap waktu.

Tak pelak berbagai keluhan mata pun sering terjadi. Entah itu perih, berair, atau malah sampai ada minus yang bertambah. Maka demi kesehatan mata, ada baiknya kita mulai mengurangi penggunaan gadget terlalu lama. Beri batasan waktu agar mata tidak bekerja sangat keras di hadapan gadget.

2. Hindari membaca sambil tiduran

Lakukan 5 Cara Mudah Ini Biar Matamu Tetap Sehatpexels/Leah Kelley

Membaca sambil tiduran memang terasa menyenangkan dan santai. Namun dibalik kenyamanan ini, ada pengaruh buruk yang menanti mata kita. Hal ini erat kaitannya dengan jarak ideal antara mata dengan bacaan yang jadi terkesampingkan. Semakin dekat jarak baca, secara tidak langsung mata akan dipaksa untuk bekerja lebih keras melihat tulisan yang ada di buku.

Pada akhirnya mata jadi cepat lelah karna memaksa konsentrasi yang lebih dari biasanya. Ubahlah kebiasaan membaca sambil tiduran yang terlalu sering demi kesehatan matamu. Atau jika memang ingin, tetap jaga jarak ideal baca dan usahakan memberi penerangan yang cukup. 

Baca Juga: 8 Hobi dan Kegiatan Ini Bisa Meningkatkan Kesehatanmu Tanpa Disadari!

3. Istirahatkan mata setelah 20 menit menatap layar monitor

Lakukan 5 Cara Mudah Ini Biar Matamu Tetap Sehatpexels/bruce mars

Ketika pekerjaan membuat kita harus bersentuhan langsung dengan layar monitor dalam waktu yang lama, tak jarang mata menjadi korbannya. Yang sering terjadi adalah mata jadi kering dan merah karena iritasi, terasa tegang, hingga merembet pada sakit di kepala. Hal ini disebabkan karena mata dipaksa untuk fokus terus menerus, bergerak maju-mundur dan kanan-kiri saat membaca teks di layar monitor. 

Maka sayangilah mata dengan mengistirahatkannya dari menatap layar monitor selama beberapa waktu. Setidaknya ada anjuran untuk melepas pandangan dari layar monitor setelah 20 menit.

4. Pakai sunglass ketika beraktivitas di luar ruangan

Lakukan 5 Cara Mudah Ini Biar Matamu Tetap Sehatpexels/bruce mars

Bukan hanya kulit yang perlu dijaga selama berada di ruangan terbuka, mata juga membutuhkan perlindungan. Terutama saat cuaca terik, ada baiknya kita memakai kacamata hitam untuk melindungi mata dari paparan sinar UV. Mungkin kita tidak akan langsung merasakan efeknya, tapi pengaruh jangka panjangnya perlahan akan semakin terasa.

Radiasi berlebih dari sinar matahari dapat mengakibatkan resiko katarak, penebalan jaringan di lapisan luar mata (pinguecula), serta masalah mata lainnya. Oleh sebab itu, lebih baik kita melakukan tindakan perlindungan sebagai bentuk pencegahan dibanding merasakan sakit dan menjalani serangkaian pengobatan.

5. Perbanyak asupan vitamin A untuk melindungi mata dari kerusakan

Lakukan 5 Cara Mudah Ini Biar Matamu Tetap Sehatpixabay/pasja1000

Selain penanganan yang sifatnya penjagaan dari faktor luar, ada baiknya kita juga melakukan penjagaan dari dalam. Rajinlah mengkonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kandungan vitamin A. Di sekitar kita banyak sekali makanan tinggi kandungan vitamin A yang terbagi dalam dua bentuk, dari hewani dan nabati.

Dari hewani, sumber vitamin A dapat kita peroleh dari ikan, udang, telur, keju, dan susu. Sedangkan sumber vitamin A nabati diperoleh dari ubi jalar, wortel, kangkung, brokoli, paprika merah, dan bayam. Dengan rutin mengkonsumsi asupan tinggi vitamin A, setidaknya mata memiliki perlindungan dari dalam tubuh sebagai perlindungan awal.

Nah, itu tadi beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga mata agar tetap sehat. Jangan lupa, mencegah tetap lebih baik daripada mengobati. Tetap jaga mata agar selalu sehat ya!

Baca Juga: Wajib Kamu Tahu! 7 Makanan Ini Bisa Mencegah Mata Minus

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya