Comscore Tracker

7 Dampak Buruk Mandi Malam Terlalu Sering, Hindari jika Tak Terpaksa

Memang jadi bersih dan segar sih, tapi ...

Mandi di malam hari tentu selalu menjadi dilema bagi kamu yang beraktivitas di luar hingga larut malam. Maksud hati ingin membersihkan badan agar dapat tidur dengan nyenyak, tapi ancaman kesehatan yang dikatakan orang tua selalu menghantui. Ternyata, mandi malam memang memiliki manfaat baik, tapi akan berubah menjadi bahaya jika kamu mengabaikan beberapa faktor penting.

Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi tubuh (apakah kamu sedang sehat atau sakit), suhu udara saat itu (sedang sangat dingin atau tidak), dan keadaan/suhu air saat itu (sedang sangat dingin atau tidak).

Kondisi-kondisi tersebut sebenarnya yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatanmu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 7 dampak buruknya!

1. Memicu demam

7 Dampak Buruk Mandi Malam Terlalu Sering, Hindari jika Tak Terpaksabesthomeremedies.com

Suhu tubuh mengalami peningkatan pada malam hari dan menyebabkan pori-pori kulit terbuka. Air yang dingin akan meresap masuk dan bercampur dengan suhu panas tubuh. Ini membuat sistem kekebalan tubuh menurun dan tubuh lebih rentan terkena demam.

2. Menyebabkan asam urat

7 Dampak Buruk Mandi Malam Terlalu Sering, Hindari jika Tak Terpaksaltmcdn.com

Sering mandi air dingin di malam hari dapat menyebabkan asam urat. Meskipun menyegarkan tubuh, air dingin akan membuat sendi-sendi terasa nyeri. Karena seiring bertambahnya usia, cairan sendi mengalami perubahan komposisi.

3. Menambah risiko masuk angin

7 Dampak Buruk Mandi Malam Terlalu Sering, Hindari jika Tak Terpaksashopify.com

Jika kamu mandi dengan suhu tubuh yang masih tinggi, kamu bisa mengalami masuk angin. Sebaiknya mandi dengan air hangat atau tidak usah mandi sekalian, cukup basuh wajahmu saja.

Baca Juga: 8 Bagian Tubuh yang Sering Lupa Dibersihkan Saat Mandi

4. Mengganggu metabolisme tubuh

7 Dampak Buruk Mandi Malam Terlalu Sering, Hindari jika Tak Terpaksamedimanage.com

Di malam hari, suhu tubuh melemah dan perlu untuk beristirahat. Mandi air dingin pada malam hari dapat menyebabkan gangguan metabolisme tubuh.

5. Memicu penuaan dini

7 Dampak Buruk Mandi Malam Terlalu Sering, Hindari jika Tak Terpaksacdn.newsapi.com.au

Metabolisme tubuh yang terganggu akibat mandi air dingin pada malam hari akan berimbas pada metabolisme lemak juga. Proses metabolisme lemak yang tidak lancar akan menyebabkan kulit keriput.

6. Memicu paru-paru basah

7 Dampak Buruk Mandi Malam Terlalu Sering, Hindari jika Tak Terpaksamevis-research.de

Banyak orang sudah mengetahui hal ini. Benar, sering mandi malam dengan air dingin akan memicu paru-paru basah. Kamu pasti merasakan masalah pernapasan seperti batuk dan masalah pernapasan lainnya.

7. Menyebabkan nyeri otot

7 Dampak Buruk Mandi Malam Terlalu Sering, Hindari jika Tak Terpaksamerdeka.com

Pori-pori kulit yang terbuka pada malam hari menyebabkan bercampurnya suhu tubuh yang tinggi dengan air dingin yang digunakan untuk mandi. Hal ini akan menyebabkan nyeri-nyeri pada otot.

Jadi, perhatikan baik-baik dahulu kondisi tubuhmu ketika ingin mandi malam. Mandi malam tidak akan menjadi hal yang serius, kok, jika menggunakan air hangat. Itu akan membuatmu segar, tekanan darah turun dan tidurmu lebih nyenyak.

Baca Juga: Berapa Lama Kamu Aman Gak Mandi? Berikut Penjelasan dari Para Ahli!

Topic:

  • Patricia Firscha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya