Benarkah Makan Sambil Berdiri Buruk Bagi Kesehatan? Ini Faktanya

Memang apa sih efeknya?

Kamu mungkin sering mendengar saran bahwa makan sebaiknya dilakukan sambil duduk. Makan sambil berdiri tidak dianjurkan karena konon memiliki banyak akibat negatif bagi kesehatan. Tapi benarkah demikian? Untuk mencari tahu jawabannya, ini dia ulasan tentang efek makan sambil berdiri bagi kesehatan. Apakah seburuk itu?

1. Bisa menyebabkan obesitas

Benarkah Makan Sambil Berdiri Buruk Bagi Kesehatan? Ini Faktanyamedicalnewstoday.com

Kamu mungkin tahu bahwa berdiri bisa membakar kalori lebih banyak daripada duduk. Tapi apakah itu berarti makan sambil berdiri bisa membuat kita lebih mudah diet daripada duduk? Ternyata tidak juga.

Hal itu karena umumnya kita tidak menghabiskan waktu terlalu lama saat makan, sehingga perbedaan jumlah kalori yang dibakar saat berdiri maupun duduk tidak signifikan. Justru sebaliknya, makan sambil berdiri cenderung membuat kita makan berlebihan, yang bisa berujung pada obesitas.

Sebabnya adalah makan sambil duduk membuat kita lebih santai sehingga makan lebih perlahan. Makan dengan perlahan membuat kita lebih cepat merasa kenyang, sehingga kita pun makan lebih sedikit. Sedangkan makan sambil berdiri cenderung membuat kita makan terburu-buru hingga bisa jadi makan berlebihan.

Tapi itu bukan sesuatu yang mutlak. Asalkan kita mengambil porsi makanan secukupnya, serta makan dengan perlahan dan tidak terburu-buru, maka makan sambil berdiri pun tidak akan membuat kita makan berlebihan.

2. Bisa membuat kita lebih cepat lapar

Benarkah Makan Sambil Berdiri Buruk Bagi Kesehatan? Ini Faktanyacare2.com

Beberapa saat setelah makan, tentu kita akan merasa lapar lagi. Seberapa cepat kita merasa lapar lagi tidak hanya ditentukan oleh berapa banyak makanan yang kita makan, tapi juga seberapa cepat tubuh kita mencerna makanan. Semakin cepat tubuh mencerna makanan, semakin cepat pula kita merasa lapar lagi.

Bagaimana caranya supaya pencernaan kita tidak berlangsung terlalu cepat sehingga kita tidak terlalu cepat pula merasa lapar? Makanlah sambil duduk, karena rupanya pencernaan cenderung berlangsung lebih cepat jika tubuh kita aktif.

Tapi tentu ada faktor lain yang mempengaruhi misalnya jenis makanan yang kita makan. Makanan yang mudah dicerna seperti bubur atau makanan dari tepung putih akan cepat dicerna tubuh sehingga menyebabkan kita cepat lapar jika mengonsumsinya.

Maka sebenarnya meskipun kita makan sambil berdiri, perasaan cepat lapar tidak akan kita alami jika kita memilih makanan yang dicerna tubuh dalam waktu lama, misalnya makanan yang mengandung banyak serat.

Baca Juga: Jangan Coba-coba! 8 Jenis Makanan Ini Tidak Bisa Dimakan Mentah

3. Bisa menyebabkan begah

Benarkah Makan Sambil Berdiri Buruk Bagi Kesehatan? Ini Faktanyadrkellyann.com

Begah atau kembung bisa terjadi akibat produksi gas yang berlebihan di sistem pencernaan kita. Makan makanan yang menghasilkan gas bisa menyebabkan hal ini. Tapi posisi makan ternyata juga berpengaruh lho.

Seperti disebutkan tadi, makan sambil berdiri cenderung membuat kita makan dengan terburu-buru. Itu bisa menyebabkan kita tanpa sadar menelan banyak udara bersama makanan. Selain itu, pencernaan berlangsung lebih cepat sehingga kurang sempurna, dan itu juga bisa menyebabkan timbulnya gas, terutama dari karbohidrat yang tidak dicerna dengan baik.

4. Baik bagi penderita GERD

Benarkah Makan Sambil Berdiri Buruk Bagi Kesehatan? Ini Faktanyachriskresser.com

GERD alias Gastroesophaegal Reflux Disease adalah penyakit yang disebabkan oleh naiknya asam lambung ke esofagus alias kerongkongan. Sebenarnya naiknya asam lambung adalah hal yang normal dan tidak berbahaya. Tapi pada penderita GERD, asam lambung terlalu sering naik sehingga membakar dan melukai esofagus.

Naiknya asam lambung mudah terjadi jika lambung kita penuh dengan makanan. Untuk mengurangi kemungkinan tersebut, kita perlu makan dengan posisi tubuh tegak supaya makanan cepat turun dari lambung ke usus.

Maka penderita GERD biasanya dianjurkan makan sambil duduk tegak, atau bahkan lebih baik lagi sambil berdiri! Ya, karena makan sambil berdiri bisa mempercepat pencernaan dan pengosongan usus, itu bisa sangat membantu penderita GERD untuk mencegah naiknya asam lambung sehingga mengurangi rasa sakit yang mereka derita.

5. Apa kesimpulannya?

Benarkah Makan Sambil Berdiri Buruk Bagi Kesehatan? Ini Faktanyapexels/Nathan Cowley

Dari 4 ulasan di atas, apa kesimpulan kita? Efek buruk dari makan sambil berdiri ternyata bisa disiasati dengan makan secara perlahan dan makan makanan yang lebih lama dicerna. Tapi efek lain berupa perut begah tetap bisa muncul, maka demi kenyamanan, umumnya lebih baik untuk makan sambil duduk.

Namun kini kita juga tahu bahwa ternyata makan sambil berdiri juga punya manfaat, yaitu untuk mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan, terutama untuk penderita GERD. Maka kesimpulannya, makan sambil duduk atau berdiri punya sisi positif dan negatifnya sendiri. Yang paling penting adalah memilih makanan yang sehat dan tidak makan terburu-buru. Setuju?

Baca Juga: 10 Makanan Unik yang Bisa Glow in the Dark, Keren Banget Deh!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You