Comscore Tracker

6 Bahan Tambahan yang Bikin Kopi Buatanmu Lebih Sehat dan Enak

Dengan bahan ini, kopi buatanmu pun lebih sehat

Jika kamu pencinta kopi, pasti kamu sepakat bahwa kopi bisa memberikan efek "melek" setelah diminum. Sehingga rasanya kamu tidak bisa memulai hari tanpa meminum secangkir kopi di pagi hari. 

Akan tetapi, kamu juga pasti tahu bahwa mengonsumsi kopi berlebihan tidak baik untuk kesehatan, apalagi jika terlalu banyak bahan pemanis yang digunakan. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba beberapa bahan tambahan alami berikut yang bikin kopi buatanmu lebih sehat dan pastinya enak.

1. Kayu manis (cinnamon)

6 Bahan Tambahan yang Bikin Kopi Buatanmu Lebih Sehat dan Enakilustrasi kayu manis (pexels.com/Mareefe)

Bubuk kayu manis (cinnamon) ini terbilang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Sepertinya namanya, rempah satu ini memberikan rasa manis saat digunakan. Tentu saja ini sangat cocok untuk menjadi bahan tambahan pelengkap kopi dan yang terpenting kandungan antioksidan yang tinggi dalam kayu manis tentu sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Kayu manis dapat menambah perlindungan pada jantung dan otak manusia. Dalam sebuah penelitian, kayu manis juga dapat menurunkan risiko kanker serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cukup tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam secangkir kopi, lalu kopi siap dinikmati. 

 

2. Santan (coconut milk)

6 Bahan Tambahan yang Bikin Kopi Buatanmu Lebih Sehat dan Enakilustrasi santan (pexels.com/George Desipris)

Meskipun sering dikonotasikan negatif, sebenarnya banyak manfaat yang bisa dirasakan dari santan. Satu cangkir (240g) santan mengandung 11% vitamin C, 22% zat besi, 22% magnesium, 18% potasium, serta 5 gram protein. Bahan-bahan tersebut sangat baik untuk tulang, gigi, dan otak.

Tambahkan satu atau dua sendok teh santan murni ke dalam kopi hitam. Rasa gurih yang dihasilkan oleh santan ini akan memberikan perpaduan rasa yang unik saat dicampur dengan rasa pahit dari kopi.

Jika kamu ingin lebih manis, kamu bisa menambahkan sedikit bubuk kayu manis juga. 

 

3. Jamur

6 Bahan Tambahan yang Bikin Kopi Buatanmu Lebih Sehat dan Enakilustrasi jamur reishi (unsplash.com/purebonebroth)

Beberapa tahun belakangan kopi jamur menjadi salah satu opsi minuman yang sehat yang banyak dicari oleh orang-orang. Jika baru mengetahuinya sekarang, maka jangan khawatir karena ternyata banyak manfaat yang bisa kamu rasakan. Jamur memiliki anti inflamatori, anti virus, dan dapat meningkatkan imun.

Namun tidak semua jenis jamur bisa digunakan. Jika kamu ingin mencoba kopi jamur, kamu dapat mencari kopi jamur kemasan dari beberapa merek tertentu.

Namun, jika kamu ingin membuat sendiri, kamu bisa mencoba jamur cordyceps yang bagus untuk menambah energi atau jamur reishi untuk masalah tidur dan stres. Tentu saja ini akan memakan waktu lebih lama karena kamu perlu menjadikannya ekstrak atau bubuk terlebih dahulu. 

 

Baca Juga: 10 Variasi Sajian Kopi dari Berbagai Penjuru Dunia, Ada Kopi Tubruk

4. Kunyit

6 Bahan Tambahan yang Bikin Kopi Buatanmu Lebih Sehat dan Enakilustrasi kunyit bubuk (pexels.com/Karolina Grabowska)

Bahan keempat adalah kunyit. Cukup aneh jika dibayangkan? Tenang saja, kamu tetap bisa meramunya sehingga tetap terasa enak di mulut.

Sebagai orang Indonesia, tentu kamu sudah tahu khasiat dari kunyit ini. Kandungan curcumin-nya yang tinggi sangat baik untuk pencernaan sehingga bisa memberikan efek detoksifikasi, antioksidan dan antiinflamatori.

Begini cara membuatnya. Campurkan 113 gram kopi espresso yang sudah diseduh, dengan 113 gram santan murni, 1 sendok teh kunyit bubuk, 1 sendok teh minyak kelapa cair, dan tambahan pemanis stevia (pengganti gula) jika kamu suka rasa yang lebih manis. Kamu akan merasa hangat dan segar jika meminum kopi ini di pagi hari.

 

5. Ginseng india (ashwagandha)

6 Bahan Tambahan yang Bikin Kopi Buatanmu Lebih Sehat dan Enakilustrasi daun ashwagandha atau winter cherry (unsplash.com/rochangrapics)

Bubuk ginseng india atau yang dikenal dengan ashwagandha merupakan salah satu jenis ginseng yang cukup terkenal berasal dari India. Sama seperti kebanyakan jenis ginseng lainnya, ashwagandha ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Manfaat dari ginseng ashwagandha ini d iantaranya adalah dapat meningkatkan kualitas tidur sehingga dapat mencegah insomnia dan dapat menurunkan tingkat stres.

Untuk membuat kopi ini, kamu dapat mencampur 1- 2 sendok teh bubuk ginseng india dengan tambahan kayu manis dan susu almond pada segelas kopi yang sudah diseduh agar rasanya jadi lebih manis dan enak. 

 

6. Cokelat (cacao)

6 Bahan Tambahan yang Bikin Kopi Buatanmu Lebih Sehat dan Enakilustrasi biji kakao atau cokelat (unsplash.com/fideletty)

Terakhir, kamu dapat mengganti gula ataupun krimer yang biasa kamu gunakan dengan cokelat. Tentu saja kamu tetap harus memilih cokelat bubuk yang akan kamu campurkan. Pilihlah cokelat bubuk murni yang tidak ada campuran gula di dalamnya. 

Kadar antioksidan yang tinggi serta sumber zat besi dalam cacao sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, cokelat juga memiliki zat antidepresif yang bisa meningkatkan mood dan kinerja otak. Dengan rasanya yang enak, tentu saja akan menambah kenikmatan kopi yang akan kamu minum setiap harinya.

Keenam bahan tambahan di atas memang akan memberikan tambahan manfaat bagi kesehatan tubuh, namun kamu juga perlu memperhatikan cara membuat, bahan pelengkap lain, serta takarannya. Tentu saja jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan atau cara membuatnya tidak tepat, maka dampak buruk juga sangat mungkin akan kamu rasakan. Stay healthy!

Baca Juga: 5 Resep Minuman Kopi Kekinian, Rasanya Senikmat Kedai Kopi

Shera Suprapto Photo Verified Writer Shera Suprapto

Informasi positif sekecil apapun layak untuk dibagikan ^-^

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya