Comscore Tracker

6 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Mabuk Ketika Bepergian Naik Kendaraan Darat!

Perjalanan jadi super gak nyaman!

Mabuk perjalanan itu adalah hal yang biasa terjadi dan dialami oleh semua orang. Kondisi ini disebut dengan motion sickness. Mabuk selama perjalanan ketika naik kendaraan disebabkan karena ketidaksinkronan sinyal yang dikirimkan oleh mata dan telinga kepada otak.

Penglihatan dan pendengaranmu bergerak, tetapi tubuhmu hanya diam di tempat. Ini menyebabkan otak kembali mengirim sinyal ke tubuh, dan bagian thalamus akan mengeluarkan reaksi tubuh seperti orang yang sedang keracunan. Muncullah rasa mual dan hasrat ingin muntah. Akan tetapi ada hal lain yang bisa bikin kamu mabuk kendaraan, selain diakibatkan karena kondisi fisik tersebut. Apa aja ya?

1. Baca buku atau main gadget terlalu lama di mobil yang sedang berjalan

6 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Mabuk Ketika Bepergian Naik Kendaraan Darat!shutterstock.com

Masih berhubungan dengan kondisi fisik, mual karena membaca buku dan bermain gadget bisa bikin mabuk perjalanan. Adanya ketidaksinkronan sinyal yang diterima otak, membuat reaksi tubuh menjadi seperti orang yang keracunan. Mata mengirimkan sinyal bahwa kita sedang fokus dan tidak bergerak, sedangkan telinga dan badan kita mengirimkan sinyal bahwa kita sedang bergerak.

Buat yang gak terbiasa dengan kondisi ini, segeralah untuk menghentikan aktivitas tersebut. Cobalah untuk melihat ke arah jendela untuk memberikan sinyal yang sesuai kepada otak, bahwa kita sedang 'berpindah'.

2. Udara yang panas atau ventilasi yang buruk, bikin pusing

6 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Mabuk Ketika Bepergian Naik Kendaraan Darat!unsplash.com

Meskipun kamu sudah enggak melakukan hal-hal yang bikin mabuk, tapi kalau suasananya tidak nyaman akan tetap bikin mabuk. Contohnya adalah cuaca yang panas ditambah dengan mobil yang AC nya enggak menyala dan jendela yang tidak dibuka.

Bayangkan betapa panas dan berkeringatnya di dalam mobil. Belum lagi kalau satu mobil berisi banyak orang dan melebihi kapasitas. Kekurangan udara segar di kala panas terik bisa bikin kamu pusing.

3. Duduknya membelakangi arah melajunya kendaraan

6 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Mabuk Ketika Bepergian Naik Kendaraan Darat!unsplash.com

Kalau kamu tipe orang yang gampang mabuk ketika naik mobil, biasanya akan duduk di depan. Duduk di depan akan mengurangi rasa ketika bergeronjal. Kalau di belakang, akan sangat terasa guncangannya.

Belum lagi jika kamu duduk di belakang dan menghadap arah yang membelakangi laju kendaraan. Buat yang gak terbiasa, ini bisa bikin mual. Hindari, ya.

Baca Juga: 7 Penyebab Mual di Pagi Hari selain Hamil, Kamu Sering Mengalaminya?

4. Jalanan yang gak rapi alias geronjalan

6 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Mabuk Ketika Bepergian Naik Kendaraan Darat!picswe.com

Jalanan yang bergeronjal juga bisa bikin kamu mabuk selama perjalanan. Perut berasa kayak diaduk-aduk karena jalanan yang penuh kerikil ataupun berlubang. Ini akan kamu alami kalau kamu naik ke pegunungan, atau melewati pedesaan dengan kondisi jalanan yang kurang baik. Mangkannya kalau ada jalanan yang rusak harus segera di perbaiki, karena bisa mengganggu kenyamanan saat berkendara.

5. Bau bauan yang tajam, udaranya jadi gak enak!

6 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Mabuk Ketika Bepergian Naik Kendaraan Darat!carfromjapan.com

Menghirup udara yang terlalu menyengat dalam waktu yang cukup lama adalah sebuah siksaan selama perjalanan. Apalagi kalau bau-bauannya gak kita sukai. Bau-bauan tajam seperti keringat, durian, pengharum mobil, bisa bikin kita mual gak karuan.

Udara yang kita hirup menjadi kurang nikmat. Solusinya, bungkus makanan yang punya aroma menyengat dengan wadah anti bau, membawa minyak kayu putih dan memilih pengharum mobil dengan wangi yang tidak terlalu tajam.

6. Makan berlebihan sebelum berangkat. Big no!

6 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Mabuk Ketika Bepergian Naik Kendaraan Darat!unsplash.com

Makanlah secukupnya ketika akan bepergian. Jangan terlalu kenyang karema bisa bikin kamu mual selama perjalanan. Jalanan yang bergeronjal, bisa bikin perutmu jadi kesusahan mencerna makanan dengan tenang.

Akibatnya malah bikin perutmu bisa mengembalikan makanan itu dan akhirnya muntah. Kalaupun terlalu kenyang, tunggulah hingga satu jam, barulah berangkat.

Buat kamu yang selalu mabuk tiap perjalanan, jangan lupa untuk membawa kresek dan minyak kayu putih. Bisa juga dengan meminum obat anti mual sebelum berangkat. Jaga kondisi tubuhmu juga, ya!

Baca Juga: Dapat Mengatasi Mual, Inilah 5 Khasiat Teh Jahe untuk Kesehatan 

Putri Aisya Pahlawani Photo Verified Writer Putri Aisya Pahlawani

"Your life is like a blank page. You write on it" - Donald Miller-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 26 Apr 2019 16:30:05

Progress: 310.542 dari 813.350 TPS (38.18061%)

Just For You